Translate

Rabu, 24 November 2021

Jenis-jenis magnet

 Bahan- bahan Magnet

Ada 3 jenis bahan magnet di alam dunia ini, antara lain :
  1. Ferromagnetik : Benda ferromagnetik adalah zat-zat yang kuat sekali menarik garis-garis gaya magnet.
    Contohnya : baja dan besi
    Cirinya adalah permeabilitas zat itu jauh lebih besar daripada permeabilitas di ruang hampa.
  2. Paramagnetik : ini merupakan zat-zat yang kurang kuat menarik garis-garis gaya magnet. Contohnya : nikel, platina, cobalt.    Ciri utamanya : permeabilitas zat lebih besar dari permeabilitas diruang hampa 
  3. Diamagnetik : adalah zat-zat yang sedikit menolak garis-garis gaya magnet. 
    Contohnya : bismuth,tembaga,timah,seng,emas.                          Cirinya : permeabilitas zat lebih kecil dari permeabilitas di ruang hampa.


Medan magnet akibat arus listrik

  • Disekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnet (Percobaan HC Oersted). Dari percobaan Ampere arus listrik juga menimbulkan medan magnet.
  • Arah arus listrik dan induksi magnet ditentukan oleh kaidah tangan kanan,dimana ibu jari menunjukkan arah arus listrik dan lipatan keempat jari menyatakan arah induksi magnet.










Boleh juga sesuai dengan kaidah Maxwell(kaidah pencabut gabus).











Hukum Biot - Savart :

Besar induksi magnet pada satu titik dalam medan magnet akan :
  • berbanding lurus dengan arus listrik (i)
  • berbanding lurus dengan panjang elemen kawat (dl)
  • berbanding lurus dengan sinus sudut antara arah arus dan garis penghubung  titik tsb ke elemen kawat
  • berbanding terbalik dengan kwadrat jarak antara titik tsb ke elemen kawat (r)
Dirumuskan :













SELAMAT HARI GURU NASIONAL.

 SELAMAT HARI GURU NASIONAL.

Barang siapa mau menjadi guru
Biarlah dia memulai mengajar dirinya sendiri
Sebelum mengajar orang lain
Dan biarkan pula dia mengajar dengan teladan
Sebelum mengajar dengan kata-kata
Sebab, mereka yang mengajar dirinya sendiri
Dengan membenarkan perbuatan-perbuatan sendiri
Lebih berhak atas penghormatan dan kemuliaan
Daripada mereka yang hanya mengajar orang lain
Dan membenarkan perbuatan-perbuatan orang lain
                                                                        

                                                                        Kahlil Gibran

Mobil Penggerak Roda Depan

 

Konstruksi Mobil Penggerak Roda Depan







Di sistem ini, mesin diletakkan di depan guys. Coba perhatikan detailnya pada gambar.

Kelebihan Sistem Mobil Penggerak Roda Depan

Mobil Penggerak Roda Depan

Ada beberapa kelebihan dari sistem mobil penggerak roda depan, dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang.

1. Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah,kalau  dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang ,terhadap mobil yang sama ya guys.. Kenapa lebih murah? Hal ini sebabkan oleh spare part pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit. Selain itu, pemasangan drivertrain pada mobil yang menggunakan penggerak roda depan, lebih mudah.

Drivertrain adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke roda, sehingga mobil dapat bergerak. Dengan biaya produksi yang lebih sedikit, membuat mobil penggerak roda depan, harga jual barunya lebih murah dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang, tentunya di kategori mobil yang sama.

2. Berat mobil jadi berkurang, karena tidak adanya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. Dengan mobil yang lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FWD) lebih banyak ditemukan pada mobil city car dan low MPV keluarga. Bahkan sekarang banyak mobil-mobil merk lama beralih ke sistem ini seperti new all toyota avanza.Sensasi perpindahan gigi juga berubah total dengan transmisi D-CVT 7-percepatan yang membuat tarikannya makin smooth. Toyota mengklaim transmisinya dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi lebih lebar agar memberikan akselerasi yang lebih bertenaga.

3. Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil penggerak roda depan lebih bagus pada jalan licin. Karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FWD saat hujan.Ini juga bisa mengurangi gejala aquaplaning pas hujan sedang gede-gedenya, yang sering menimbulkan kecelakaan tragis.


Kekurangan Sistem Penggerak Roda Depan Mobil

Sistem Penggerak Roda Depan Pada Mobil

1. Nah ini dia...kalau mobil berisi penuh penumpang,kan berat kendaraan ada di bagian depan mobil, ini menyebabkan sulitnya mengendalikan mobil ketika mobil bergerak dengan kecepatan tinggi, saya ngga tau, apakah ini ada kaitannya dengan kecelakaan mobil artis Vanessa Angel.

2. Karena kemudi dan penggerak tenaga ada di roda depan, jika anda berakselerasi dengan cepat, maka mobil akan cendrung untuk bergerak kekiri atau kekanan dan ini adalah kelemahan mobil sistem penggerak roda depan. Oleh karena itu, sangat jarang mobil balap mengunakan sistem penggerak roda depan. Walapun ada beberapa mobil balap yang mengunakan FWD, tapi harus di bantu dengan sistem komputer yang namanya kontrol traksi.

3. Mobil penggerak roda depan, lebih rawan mengalami kerusakan pada area penggerak roda bagian depan, jika terjadi benturan di jalanan yang rusak. Karena kemudi dan tenaga pendorong ada di roda yang sama. Sedangkan penggerak roda belakang lebih tahan terhadap benturan di jalanan yang rusak.

Sebetulnya sih tergantung pada supir juga, kalau mengemudi dengan kecepatan tinggi ya hati-hati saja, lebih amannya jangan berkendaraan dengan ugal-ugalan, slow aja men... dan banyak berdo'a supaya selamat di jalan✌

iklan


Mobil Penggerak Roda Belakang

Mobil penggerak roda belakang

Sistem penggerak roda mobil ada 3 jenis ,guys. Saya sebutkan satu persatu ya. Pertama mobil penggerak roda belakang (RWD), yang kedua mobil penggerak roda depan (FWD) dan yang ketiga adalah mobil penggerak semua roda atau lebih di kenal dengan nama 4WD. Contoh mobil dengan sistem penggerak roda belakang terlaris di Indonesia adalah Toyota Avanza.Namun dengan munculnya pandemi, Avanza mulai menurun nih pasarannya, maka perusahaan ini mulai membuat mobil penggerak roda depan dengan impresi mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 106 Ps atau setera 104,5 tk dan torsi 14 kgm, terasa lebih maksimal lantaran arus pengiriman daya ke penggerak depan yang cukup responsif.

    Sekitar akhir tahun 2013, muncul mobil Honda Mobilio yang menggunakan penggerak roda depan, eh ternyata mobil ini  laku di pasaran, sehingga toyota mendapat pesaing berat, karena waktu itu toyota masih mengandalkan penggerak roda belakang. Nah ,sekarang toyota mulai memodivikasi ke penggerak roda depan juga melalui produknya all new toyota avanza. Sebetulnya kedua sistem ini oke-oke saja diaplikasikan di konsumen, asal kita tahu bagaimana menyikapi cara menyupir kita terhadap sebuah mobil. Ya kita harus jeli dengan cara kita mengemudi, kondisi jalan yang sering kita lewati, banyaknya penumpang yang kita bawa, serta keinginan anda terhadap mobil yang akan kita kemudikan.

Mobil Penggerak Roda Belakang

Keunggulan Mobil Penggerak Roda Belakang

Mari kita simak, kelebihan dan kelemahan mobil penggerak roda belakang. Terdapat 2 kelebihan utama dari mobil penggerak roda belakang yaitu:

1. Desain penggerak mobil dengan penggerak roda belakang sangat sederhana. Terutama desain pada as roda, sangat kokoh dan kuat. Walaupun sering di gunakan di jalanan yang rusak, biaya perbaikan tidak akan sebesar dari mobil penggerak roda depan.

Sebagai contoh, jika anda tanpa sengaja melewati jalanan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi, pada mobil penggerak roda belakang lebih sering tidak akan terjadi kerusakan. Andai kata terjadi kerusakan pada as roda, biaya perbaikan jauh lebih murah di bandingkan dengan mobil penggerak roda depan.

Mobil penggerak roda depan, sangat rawan akan kerusakan as roda jika anda melewati jalanan rusak tanpa sengaja dengan kecepatan lumayan tinggi. Selain itu, ongkos perbaikan as roda juga lebih mahal di mobil penggerak roda depan.

2. Keunggulan penggerak roda belakang juga terdapat pada kesimbangan kendaraan yang lebih bagus. Terutama keseimbangan mobil saat anda berakselerasi dan pada saat mobil di kemudikan di kecepatan tinggi. Penyebabnya adalah berat kendaraan yang seimbang dari depan sampai ke belakang, karena terdapat as panjang ke roda belakang.

Maka dari itu, sebagian besar mobil balap memakai sistem penggerak roda belakang. Selain itu, mobil dengan sistem penggerak roda belakang, di saat mengangkut beban berat lebih mudah di kendalikan.

desain sistem penggerak roda belakang pada mobil

Kelemahan Mobil Penggerak Roda Belakang

Nah sekarang kelemahan sistem ini guys..

1. Sistem penggerak roda belakang, kurang mendapat traksi di saat kondisi jalan licin karena hujan atau berpasir. Ini efek dari daya dorong mobil berada di roda belakang. Jadi mobil akan susah di kendalikan saat kecepatan tinggi di jalanan yang licin. Pada mobil mewah dan mobil balap, yang menggunakan  penggerak roda belakang, sekarang telah di lengkapi dengan sistem kontrol traksi roda atau lebih dikenal dengan nama traction control system. Tentu saja ini akan membantu pengendalian mobil saat di kemudikan di jalanan licin dengan kecepatan tinggi.

Lain lagi  pada sistem penggerak roda depan, traksi ban di jalanan licin lebih bagus walaupun tanpa kontrol traksi roda. Hal ini di sebabkan karena daya dorong mobil berada di roda depan. Selain itu, berat mobil lebih banyak berada di depan, karena tidak terdapatnya as pajang di bagian belakang mobil.

2. Karena ada penambahan as/sumbu panjang pada mobil untuk menggerakkan roda belakang,sudah tentu berat mobil akan bertambah. Sehingga mengakibatkan lebih borosnya konsumsi bahan bakar. Disamping itu biaya produksi dari perakitan kendaraan dengan sistem penggerak roda belakang lebih mahal, efeknya harga jual cenderung jatuh.

Untuk anda yang punya kebiasaan berikut, penggerak roda belakang sangat oke untuk jadi pilihan guys..

  • Sering melewati jalanan dengan kondisi tidak bagus.
  • Jalur sehari-hari yang di lewati banyak tanjakan.
  • Jumlah penumpang dalam mobil sering penuh.

Ada catatan tambahan, di sistem ini banyak banget komponennya dibanding dengan penggerak roda depan, pastilah ada energi yang terbuang, jadi agak kurang efisien. Juga as penghubung akan memakan ruang, maka mobil ini agak lebih sempit ruang belakangnya. 

iklan




Rabu, 17 November 2021

Magnet

 Apa itu magnet

  • Magnet mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.
  • Kutub-kutub yang senama akan tolak-menolak, sedangkan yang tidak senama akan tarik-menarik.
  • Medan magnet adalah daerah dimana gaya magnet masih ada pengaruhnya.
  • Medan magnet terjadi karena adanya magnet permanen (magnet bumi) dan muatan yang bergerak (arus listrik)
  • Medan magnet digambar sebagai garis khayal, garis ini disebut garis induksi (satuannya weber)
  • Diluar magnet garis induksi keluar dari kutub utara  lalu masuk ke kutub selatan, kalau di dalam magnet garis induksi dari kutub selatan magnet ke kutub utara magnet.
 Berikut merupakan gambar medan magnet pada sebuah magnet : 















Hukum Coulomb :

Gaya magnet antara dua kutub berbanding lurus dengan masing-masing kuat kutub magnet dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antar kutub.












Kuat Medan Magnet

  • Kuat medan magnet di suatu titik adalah gaya magnet yang dialami tiap satu satuan kuat kutub magnet utara di titik yang berada di dalam medan magnet lain.
  • Kuat medan magnet menyatakan induksi magnetik yaitu rapat garis induksi / rapat fluks magnetik)
  • Kalau fluks magnetik menembus suatu bidang luas (A), maka induksi magnetiknya sama dengan : 


Kuat medan magnet dinyatakan dengan :
 


Maka semakin besar induksi magnetik di suatu titik,semakin besar pula kuat medan magnet di  titik yang sama 

iklan

Jumat, 12 November 2021

Aquaplaning

Apa itu Aquaplaning guys...?

Aquaplaning adalah suatu keadaan ketika  kendaraan seperti mobil yang anda setir kehilangan daya cengkeram sehingga kehilangan kendali. Istilah ini sering disebut juga dengan hydroplaning, penyebabnya yaitu genangan air, seperti pas hujan atau banjir. Genangan air yang terlalu banyak akan membuat mobil tidak stabil ketika melaju atau bahkan tergelincir. Tidak hanya genangan air, aquaplaning juga bisa terjadi karena keadaan kendaraan yang ngga fit serta bobot kendaraan yang ringan banget, jadi kayak kehilangan gaya gesek di ban mobil anda. 

iklan





 Aquaplaning sangat berbahaya

Sebetulnya biangnya aquaplaning bukan hanya genangan air hujan aja, tapi juga bisa disebabkan oleh air dari mobil lain yang berpapasan dengan mobil anda. Kita harus waspada ketika melewati jalan yang berair, bisa jadi ban mobil anda akan sulit dikendalikan karena daya cengkramnya jauh menurun, ini efek dari berkurangnya gaya gesekan yang menurun jauh. Yang lebih gawat jika ban mobil anda mulai menipis atau mulai gundul,maka resiko mengalami hydroplaning ketika musim hujan begini akan semakin tinggi. Ban yang tipis apalagi ditambah laju mobil yang tinggi akan sulit memecahkan genangan air, mobil anda bisa melayang diatas air atau diatas jalan😱

Penyebab lain bisa muncul dari berat mobil, bila gaya berat semakin kecil, mobil mudah terangkat bila melewati genangan air, efeknya kemudi sulit dikendalikan


.

Gejala mobil yang aquaplaning

  • suara mesin mobil mendadak ngegerung keras, karena mesin menjadi panas
  • perasaan kita mengubah kopling di persneling, padahal ngga gitu
  • mobil berasa ringan, karena mobil terangkat ke atas
  • mobil dalam kondisi fishtailing, bagian belakang mobil berasa terangkat
Kalau gejala di atas benar-benar terasa, segera saja Anda melambatkan mobil, kalau perlu istirahat aja dulu.



Cara Mengatasi Aquaplaning

  • Pegang Setir Lurus
  • Lakukan Pengereman Halus
  • Turunkan Pedal Gas Dengan Lembut
  •  Matikan Mode Cruise Control
  •  Pastikan Wiper Mobil Bekerja Dengan Baik
  • Periksa Kondisi Ban

Penting juga dilakukan, jangan menyupir sambil ngantuk dan badan sedang ngedrop. Jangan lupa selalu berdo'a sebelum melakukan perjalanan anda.
Kalau jalanan sedang banjir, sebaiknya ngga usah pergi-pergi deh..✌



 

Kamis, 11 November 2021

Hukum Kirchhoff

Hukum Kirchhoff  

Hukum Kirchhoff  I

Jumlah arus listrik yang menuju suatu titik percabangan sama dengan jumlah arus listrik yang meninggalkannya.



Hukum Kirchhoff  II

Di dalam sebuah rangkaian tertutup, jumlah aljabar gaya gerak listrik (E) sama dengan jumlah aljabar penurunan potensialnya ( i.R )




Di dalam rangkaian tertutup, yang disambungkan  dengan sumber gaya gerak listrik (E) dengan hambatan dalam r, maka berlaku :


 






Contoh Soal :
1. Berapa besar hambatan pengganti antara a dan b , jika R1  = R2 = 1 ohm, R3 = R4 = 2 ohm, R5 = R6 = 4 ohm, R7 = 1,3 ohm
A. 0,87 ohm
B. 1,15 ohm
C. 8,7 ohm
D. 11,5 ohm






Solusinya guys...

























iklan

2. Perhatikan rangkaian listrik berikut, maka coba kalian hitung I dan VAB






    Jawabnya : 

























Untuk referensi ngga ada salahnya nonton ini guys...



3. Perhatikan guys gambar rangkaian berikut :














Hitung ya olehmu,
  • nilai Rx
  • tegangan jepitnya.
Jawabnya :























4. Lihat lagi guys, dari rangkaian berikut tentukan kuat arus listrik pada masing-masing cabang.

















Jawabnya :

























yang sering mampir disini

Gerak Peluru rudal balistik

Gerak Peluru rudal balistik   Efek Rudal Balistik **Rudal balistik** adalah senjata roket yang dirancang untuk meluncurkan hulu ledak...

paling populer