Translate

Sabtu, 07 Agustus 2021

getaran & gelombang

 




Sebelum membahas tentang gelombang, kamu tentu pernah  mengenal tentang getaran atau osilasi.Yang dimaksud dengan getaran disini adalah gerak bolak balik diantara suatu kedudukan, yang kemudian kita sebut kedudukan seimbang. Lalu bagaimana kaitannya dengan gelombang ?  Gelombang boleh kamu sebut sebagai perambatan getaran. Sehingga kamu akan menemukan kaitan antara getaran dan gelombang.

Getaran dan gelombang adalah suatu jenis gerak yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Gerak ini bisa timbul akibat gerak yang alamiah, bahkan kamupun bisa membuatnya. Sebagai contoh, perhatikan bandul jam dinding di rumah kakekmu, bandul tersebut melakukan gerak osilasi. Atau cobalah kamu petik senar gitarmu seperti sang maestro Alibata, maka senar akan bergetar. Coba kamu nikmati dahulu getaran senar Alibata diyoutube , perpaduan dan resonansi yang tergabung dalam interferensi bunyi senar gitar membuat suara menjadi mantap dan keren begitu yah.   Bahkan jembatan di jalan tol Cipularang Bandung – Jakartapun akan berosilasi jika mobilmu melewatinya. Sementara itu radio dan TV yang ada di rumahmu dipancarkan melalui gelombang , yang dikenal dengan gelombang elektromagnetik.

Di alam ini, terdapat dua jenis gelombang, umumnya dikenal sebagai gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Untuk gelombang mekanik ,kita mengenalnya sebagai perambatan getaran yang terjadi pada zat, dan perambatan ini hanya akan terjadi jika ada zat atau medium yang menjadi tempat untuk merambat. Contoh gelombang mekanik yang sering kita jumpai misalkan gelombang bunyi , gelombang permukaan air, atau gelombang pada tali yang diayunkan.

     Sementara itu, gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan zat untuk merambat. Sehingga gelombang elektromagnetik dapat merambat melalui ruang hampa. Contoh gelombang elektromagnetik ini misalkan, gelombang radio, cahaya matahari, sinar x , atau  gelombang RADAR.

     Sebetulnya gelombang mekanik dan elektromagnetik kebanyakan  mempunyai sifat yang sama. Karena gelombang mekanik mudah diamati secara kasat mata, maka banyak orang membahas gelombang ini menyangkutkannya dengan gelombang mekanik, sehingga konsep-konsep dan azas yang dibahas pada gelombang mekanik berlaku pula untuk gelombang elektromagnetik.

Sifat-sifat Gelombang.

Untuk memahami sifat-sifat dasar  gelombang , sebaiknya kamu melakukan uji kegiatan dengan menggunakan sebuah slinki.

Kegiatan Penyelidikan

 

Ambillah  sebuah slinki dari lab fisikamu, lalu buatlah beberapa tanda pada slinki dengan mengikatkan benang warna-warni pada slinki, kamu boleh meletakkannya sesukamu. Lalu lakukan kegiatan berikut ini :

a. Bentangkan slinki di atas lantai keramik sampai panjangnya menjadi 4 – 5 meter. Ujung slingki ditahan oleh temanmu atau dipancang seperti

    gambar,sedangkan ujung lainnya kamu gerakan setengah getaran ke arah samping dan tegak lurus panjang slinki. Amati ujung slinki yang ditahan temanmu, dan gerakan lembaran kertas, gambarkan dan jelaskan bagaimana pendapatmu tentang kedua posisi tersebut !



b. Lakukan kegiatan a kembali, namun kamu menggerakkan ujung slinki setengah getaran ke arah yang berlawanan dengan arah getaran di a. Catat kembali pengamatanmu seperti di a.

c. Sama seperti a , namun kamu memberikan getaran sebanyak satu getaran. Catat kembali pengamatanmu.

d. Slinki dipanjangkan hanya sekitar 1 – 1,5 m. Ujung slinki kamu beri gerakan setengah getaran ke arah panjang slinki, mendekati ujung yang ditahan temanmu. Catat kembali pengamatanmu !

e. Lakukan sama seperti d, namun ujung slinki diberi setengah getaran ke arah menjauhi ujung yang ditahan. Catat kembali pengamatanmu !

f. Dan akhirnya lakukan seperti kegiatan di atas, namun slinki diberi satu getaran. Catat kembali pengamatanmu !

g. Kumpulkan informasi yang kamu peroleh dalam map fortofoliomu, presentasikan hasilnya menggunakan video, ingat masih pandemi ya.


Bagaimanakah kamu menyimpulkan kegiatan yang telah kamu amati ? Ternyata kegiatan itu menunjukkan bahwa ,getaran yang kamu lakukan pada ujung slinki akan merambat ke bagian lain, yang berarti getaran tersebut merambat melalui medium slinki. Setiap bagian slinki mengikuti getaran yang dilakukan ujung yang kamu getarkan. Keadaan tersebut terlihat dari gerakan benang warna yang kamu ikatkan pada slinki. Kalau kamu menggetarkannya dengan arah getaran yang tegak lurus panjang slinki, maka setiap bagian slinki bergetar dengan arah getaran tegak lurus panjang slinki. Namun ,bila ujung slinki kamu getarkan dengan arah sejajar panjang slinki , maka tiap bagian slinki bergetar searah panjang slinki.

Perambatan getaran seperti yang telah kamu lakukan disebut gelombang. Gelombang ini terjadi karena getaran tadi memiliki energi, maka perambatan getaran merupakan perambatan energi. Sehingga dapat dikatakan, gelombang sebagai perambatan energi. Energi tersebut dapat berpindah dari satu posisi ke posisi lain melalui gelombang.

     Zat atau benda tempat gelombang merambat disebut medium gelombang. Apakah medium gelombang dari kegiatanmu tadi ?

     Jika temanmu memegang ujung slinki dengan stabil, gelombang pada slinki akan mengalami pemantulan pada ujung yang dipegang temanmu. Untuk ujung pemantulan gelombang ini, bisa terjadi dua kemungkinan keadaan yang dapat kamu amati. Yang pertama ujung slinki ditahan sehinggga kedudukannya tidak berubah, ujung yang demikian disebut ujung tetap. Kemungkinan kedua ujung slinki dikondisikan bebas bergerak, ujung yang demikian disebut ujung bebas.

Kegiatan Penyelidikan lagi ya...

Sediakan kembali sebuah slinki dari lab fisikamu (pinjam dulu deh..), lalu lakukan kegiatan berikut dalam kelompok kerjamu. Kalau berkumpul, pakai masker ya.

a. Amati pemantulan yang terjadi pada ujung tetap, amati dengan seksama pemantulan yang terjadi pada bukit dan pemantulan yang terjadi pada lembah gelombang.

b. Ikatkan seutas benang warna pada ujung slingki yang bebas. Ikatkan tali tersebut kira-kira 1,5 m – 2 m. Lalu pelajari pemantulan bukit dan pemantulan lembah gelombang pada ujung bebas tersebut.

c. Presentasikan hasil pengamatanmu, lalu simpanlah hasil kegiatan ini pada kumpulan forto foliomu.

Perhatikan gambar di sebelah kiri, gambar memperlihatkan pemantulan pada ujung bebas. Pada pemantulan di ujung bebas, bukit terpantul sebagai bukit, dan lembah terpantul sebagai lembah. Sedangkan pemantulan pada ujung tetap (perhatikan gambar kanan), bukit terpantul sebagai lembah, dan lembah terpantul sebagai bukit.

Lembah dan bukit merupakan dua keadaan yang berlawanan pada gelombang transversal. Sehingga orang mengatakan bahwa fase bukit berlawanan dengan fase lembah. Atau boleh dikatakan bukit dan lembah memiliki fase yang berlawanan. Konsep fase ini sudah kamu pelajari pada pembahasan getaran, konsep ini sama dengan fase pada gelombang. Dari sini kamu akan memperoleh kesimpulan, bahwa pada ujung tetap gelombang dipantulkan dengan fase yang berlawanan, sedangkan pada ujung bebas gelombang dipantulkan dengan fase yang sama.

lihat link berikut

PPKM Pemberlakuan Pengembangan Kegiatan..




 Pemerintah sudah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menyusul meningkatnya kasus Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia.  Bersiap kembali kita menyusuri ruang di rumah, ayo lah gerakkan tubuhmu mulai dari kamar, ruang tamu, ruang tv, ruang kerja( eh..ngga punya)...toilet, lantas coba simak gang kecil di samping rumah sampai halaman rumah kita yang ngga karuan berantakannya karena kita sibuk seharian kerja dan kerja melulu di luar rumah. Coba dèh, geser pot bunga ke kiri dan ke kanan, kalau bingung ambillah gunting lalu ceklèk!...ceklèk!...potong aja batang-batang pohon yang ingin kita potong. Sirami tanaman dengan air dan pupuk..byurr...byurr..seger deh langsung otak kita.    Kalau ngga percaya coba sekarang juga.

 Ppkm apa tuh..jangan terlalu dipikir. Ubah saja mindset kita.. istilah itu menjadi pemberlakuan  pengembangan kegiatan masyarakat..tapi ya dirumah masing-masing. 

Selamat ngulik.

Kamis, 05 Agustus 2021

Gaya & Gelombang 1



Apa yang dimaksud dengan Gaya ?

Perhatikan gambar disamping. Apakah kamu berpikir perahu akan bergerak ? ya tergantung...Jika anak tersebut cukup kuat, perahu akan bergerak. Jika tidak, perahu hanya akan bergerak, artinya tetap diam. Sehingga kita mendefinisikan sebuah gaya : Sebuah gaya adalah dorongan atau tarikan dimana sebuah benda mempengaruhi benda lain. Gaya akan menghasilkan atau cenderung menghasilkan gerakan, dan dapat memberhentikan atau cenderung menghentikan gerakan.


Ada berapa jenis gaya ?


Ternyata ada banyak gaya dalam kehidupan kita sehari-hari. Tabel berikut memperlihatkan jenis-jenis gaya. Dapatkah kamu menjelaskan jenis gaya pada gambar di atas ?





Bagaimana Cara Menambahkan Vektor ?

Penjumlahan skalar dilakukan dengan penambahan atau pengurangan nilai besarannya. Contohnya, massa 100 gram ditambahkan dengan massa 200 gram, maka total massanya 300 gram.

Tapi, ketika kita ingin menambahkan 2 vektor, kita harus memikirkan besar dan arah vektor tsb.

Bila dua atau lebih gaya yang bekerja pada benda, gaya-gaya ini diwakili oleh sebuah resultan gaya. Untuk dua gaya yang sejajar, besar resultan gaya dapat dihitung dengan penambahan atau pengurangan sederhana.















Contoh :




Perhatikanlah tiga gaya yang segaris kerja di atas. Berapakah resultan gayanya?

Jawab :  FR  =  F2 + F3  - F1  =  5 N + 15 N  - 10 N   = 10 N       ke kanan.


Selanjutnya lihat link ini ,ya

Selasa, 03 Agustus 2021

Gunung Fuji, Shinkansen, dan bunga Sakura (bagian 4)

Short Course yang sesungguhnya (1)

Hari ke tujuh, hari Senin 17 April 2017,      saya dengan rombongan bersiap menuju Universitas Chiba.          Rombongan berangkat dari hotel  di Minami – Chuo Dori (Ascent Plaza Hotel Shizuoka)sesudah makan pagi di Ramen Restaurant , menuju Chiba University selama 2 jam 50 menit.        Sarapannya terlihat enak-enak, seperti makanan Jepang pada umumnya.      Tapi, tahu ngga...kelihatannya lebih enak seblak buatan di kantin sekolah.   Sudah seminggu saya tidak ketemu seblak makanan favorit se Cimahi...heh.      Padahal gizi makanan di Jepang sudah pasti memenuhi standar internasional,    berbeda   jauh dengan   seblak ceker ayam    dengan aroma sambal cengeknya.    Begitulah seseorang biasanya lebih menyukai makanan yang sehari-hari dia makan, kebetulan saya adalah seorang seblakmania .                              

Selesai sarapan, rombongan langsung berangkat menggunakan minibus yang supirnya orang Indonesia tapi sudah hafal jalanan di Jepang kayaknya.




 Chiba University atau biasa juga disingkat sebagai Chibadai adalah sebuah universitas nasional di kota Chiba, Jepang. Universitas ini dibentuk pada tahun 1949 dari lembaga pendidikan yang ada di Prefektur Chiba. Chiba University berada di peringkat ke-75 dalam 100 universitas terbaik se-Asia pada tahun 2013. Saat ini, Chiba University terdiri dari sembilan fakultas, dengan 11.179 siswa di program sarjana dan telah lama menjadi salah satu universitas terbesar di Jepang. Adapun lulusan sekolah, ada sekitar 2.354 mahasiswa dalam sepuluh program master dan 1.220 dalam sembilan program doktor. Suasana kampusnya mirip kampus IKIP Bandung jaman tahun 80 an, dimana kendaraan yang paling mendominasi yang digunakan mahasiswa adalah sepeda.Kalau dosen kebanyakan naik mobil, mobilnya juga tidak banyak yang mewah, kebanyakan menggunakan mobil mirip Agya,ada juga yang mirip Daihatsu Luxio.

            Hari ini rombongan memperhatikan perkuliahan untuk mahasiswa pendidikan yang akan menjadi guru (calon guru) dari Prof.Nishimura. Profesor ini profilnya sangat aktif, banyak bercanda, dan banyak tertawa, kalau di Indonesia bisa jadi dia profesor yang keren.

            Tema perkuliahan yang diberikan oleh Prof Nishimura adalah “Awal Permulaan Menjadi Guru”, isi perkuliahan mendiskusikan hal-hal yang diperlukan bila mahasiswa menjadi guru. Kuliah ini berpusat pada mahasiswa dimana mahasiswa harus aktif dan turut berdiskusi antar mahasiswa di dalam kelas.  Saya dan teman-teman hanya menjadi pengamat, mengamati yang sedang kuliah, karena saya tidak mengerti bahasa mereka, saya lebih fokus mengamati tingkah polah mahasiswanya , mereka cenderung banyak bertanya,ceria, sopan dan rata-rata berkostum sederhana banget, beda dengan mahasiswa Indonesia yang rata-rata berpenampilan glamour, masa iya sih ?

Namun ditengah sesi kami mendapatkan penjelasan materi sang profesor dari penerjemah cantik Bu Dianni,seorang dosen bahasa Jepang dari UPI Bandung, bahkan bila ada pertanyaan dari peserta short course, Bu Dianni akan menyampaikannya dengan terjemahan yang pas, Bu Dianni memang seorang saintis yang cerdas dan ramah banget.   Saya teringat dengan kutipan hadis   " Barang siapa keluar dalam rangka menuntut ilmu, maka dia berada di jalan Allah sampai ia kembali"   yang diucapkan oleh Anas bin Malik. Maksudnya, semoga saja Bu Dianni selalu berada di jalan tersebut. 



Bu Dianni paling kanan

Proses pembelajaran berlangsung amat terunut, yah namanya juga profesor, dia sangat ahli menempatkan prioritas pembelajaran , kira-kira urutannya seperti ini....


-          Dosen menuliskan garis besar materi di papan tulis

-          Dosen melakukan pembukaan dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan para mahasiswa.

-          Dosen memberikan lembar kerja kepada mahasiswa yang sudah dibentuk dalam kelompok-kelompok kerja.

-          Hal-hal yang akan didiskusikan adalah unsur-unsur penting yang harus diperhatikan bila seseorang akan menjadi guru. Sub bagian yang dipelajari meliputi :

a. Standar Kurikulum Nasional

b. Perkembangan Kurikulum Nasional

c. Perubahan Kurikulum

d. Sosok guru yang diperlukan di lapangan.Semua proses pembelajaran tersebut melibatkan juga para alumni yang sudah pernah menjadi guru Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama.

-          Para mahasiswa kemudian berdiskusi dalam kelompoknya masing-masing, dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil diskusinya, lalu Dosen memberikan refleksinya.

-          Sesi diskusi dan presentasi dilakukan berulang-ulang hingga 3 x. Terakhir dosen memberikan kesimpulan dan mahasiswa diminta memberikan saran dan pertanyaan.

-          Kuliah berakhir jam 17.15

Keutamaan ilmu dengan prosesnya disini sangatlah dihargai oleh 
kalangan pendidik di Jepang, jadi teringat kaisar mereka yang
mengais-ngais sisa keberadaan  para guru yang masih hidup 
disaat Jepang dibombardir (tentunya dengan bom atom)oleh Sekutu, sedangkan dibelahan      dunia timur yang lampau  ada
mimpi Rasulullah  Saw tentang cerita  ilmu , beliau pernah 
bercerita "Di dalam tidurku, aku melihat mangkuk penuh susu
diberikan kepadaku dan aku meminumnya hingga membasahi
sebagian jemariku.  Kemudian aku memberikan sisanya kepada
'Umar bin Khaththab'           (Para sahabat Nabi Saw) bertanya,
"Apa tafsir Anda (terhadap mimpi itu) ya Rasullulah Saw ?"
Nabi Saw menjawab, "Itulah ilmu (agama) " dari Shahih Al
Bukhari. Pantaslah keutamaan   ilmu dalam perkuliahan di negri
matahari ini terlihat sebagai kontribusi warganya di dunia
pendidikan serta bentuk pengabdian kepada negaranya.


Prof Nishimura dihadapan para mahasiswa







 

 

 

 

Sebagai bahan rekomendasi, perkuliahan ini menggunakan metode active learning, dimana mahasiswa belajar secara aktif, mandiri,berdiskusi, lalu menyimpulkan sendiri hasil perkuliahan. Proses pembelajarannya juga melibatkan interaksi antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen. Dosen hanya berfungsi sebagai fasilitator. Cara ini sudah diterapkan pula di Indonesia, tinggal mengembangkan materi perkuliahannya. Peserta SC (mempersingkat Short Course) saat itu sebagai pengamat saja ya, tidak sekedar tahu,tapi memenuhi relung setiap jiwa..sukses dalam pembelajaran cara jepang semoga menular di Indonesia. Mudah-mudahan.

 

 

 

Minggu, 01 Agustus 2021

Gunung Fuji, Shinkansen, dan bunga Sakura (bagian 3)

 

Kastil Otaki


            Hari Minggu, 16 April 2017,saya dan rombongan masih berada di kota Shizuoka.  Kota ini merupakan sebuah kota yang menjadi ibukota  prefektur Shizuoka. Posisinya berada di tengah-tengah antara Tokyo dan Nagoya, sehingga kota Shizuoka ini menarik untuk dikunjungi  yang menjadikan Tokyo maupun Nagoya sebagai destinasi wisatatawan. Jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Jepang yang sudah dikenal sebagai primadona pariwisata seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, maupun Nagoya dan Sapporo, nama Shizuoka memang masih kalah pamor dibanding kota-kota tersebut. Faktanya, kota Shizuoka memang bukan kota besar. Walaupun secara keseluruhan wilayah Shizuoka termasuk salah satu kota dengan luas wilayah terbesar di Jepang, kota Shizuoka ini termasuk kota berukuran sedang yang lebih dikenal sebagai kota penghasil teh maupun kota pelabuhan dibanding sebagai kota tujuan wisata.

Shizuoka menyimpan beberapa tempat pariwisata tersembunyi yang cukup adem dan ngangenin untuk dikunjungi. Terlebih karena kota ini dulu pernah dijadikan markas  Tokugawa Ieyasu (sekaligus menjadi tempat peristirahatannya saat pensiun), pendiri keshogunan Tokugawa yang menguasai Jepang selama lebih dari 2 abad (1603-1868), sehingga kota ini cukup menarik dari sisi sejarah. Kota Shizuoka juga punya lanskap yang beragam, mulai dari laut, area perbukitan, hingga pegunungan; dan itu berarti ada banyak yang bisa kita lihat di kota ini. Satu lagi, kota Shizuoka ini menjadi salah satu kota strategis untuk menikmati keindahan Gunung Fuji dari kejauhan. Gunung Fuji gitu lho, gunung yang saya hafalkan lagunya sejak saya masih sekolah di SD, nama lagunya kalau tidak salah Mashiroki Fuji no Ne...


 

            Shizuoka terletak di prefektur Shizuoka yang berada di wilayah Chubu, pulau Honshu. Dilihat dari posisinya, kota Shizuoka ini berada di tengah-tengah Tokyo dan Nagoya, dan berada dalam lintasan jalur Tokaido Shinkansen. Sedangkan jika dilihat dalam peta Jepang, posisinya seperti pada gambar peta.

            Kota Shizuoka terkenal dengan lanskapnya yang bervariasi, sehingga kita dapat menemukan berbagai spot pemandangan indah di Shizuoka. Namun ternyata Shizuoka juga menjadi magnet bagi pecinta scale model karena di kota ini terdapat beberapa perusahaan ternama yang telah berusia cukup lama, salah satunya adalah Tamiya. Siapa yang tidak kenal dengan Tamiya, saya sendiri menggandrunginya setelah anak-anak saya senang bermain dengan permainan asyik ini .Tidak  heran jika Shizuoka lantas dikenal juga sebagai World Capital of Scale Models.

Bila anda ketempat ini, coba deh fokus pada keindahan pantainya yang berlatar sakura pink keputih-putihan, berasa Jepang banget.

Lautnya berwarna biru tua, walau dibagian tepi laut, sakuranya terlihat seperti bonsai raksasa. Tetap suasana bersih mendominasi pandangan mata kita. Saya mencari peluang sampah yang berserakan disepanjang kawasan wisata ini, tapi suerrr..ngga ada sama sekali itu yang namanya sampah bekas makanan dan minuman kemasan. 

   Setelah restorasi meiji, jepang menjadi negara yang kuat dan modern. Tentu saja ini memotivasi Jepang bertindak seperti negara-negara besar lainnya seperti (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Jerman, dan Rusia) dan menjadi negara imperialis. Kedudukan Jepang sebagai negara  industri  yang mempunyai kedudukan sama dengan bangsa barat dibuktikan dengan pesatnya pembangunan di Jepang. Namun jepang tetap mempertahankan rasa nasionalisnya yang sangat tinggi,ini dibuktikan dengan melestarikan budaya  jepang yang menunjang nasionalis mereka,seperti pemeliharaan kastil-kastil yang ada di negara mereka.

Salah satu contoh yang dikunjungi rombongan adalah  Kastil Otaki yang merupakan  tempat bersejarah yang terletak di puncak bukit di kota Otaki sebelah tenggara Chiba.

  

Di puncak kastil,anginnya kuat,latarnya kota Shizuoka



Didominasi  dengan warna peralihan musim gugur semi, daerah ini  merupakan tempat dimana orang-orang dapat menikmati sejarah dan keindahan alami dari pedesaan di Jepang. Di dalam kastil, kita disodori  ke periode Edo yang dibangun pada tahun 1590,juga  terdapat toko souvenir dan area dimana kita  dapat mencoba pedang samurai. Sebagai tambahan, terdapat beberapa lantai untuk pameran sejarah. Pemandangan dari jendela kastil menghadap ke kota.

Diluar, kita  dapat mengunjungi taman berbatu yang mengelilingi kastil. Kastil ini merupakan salah satu dari beberapa lokasi wisata yang terletak di Otaki. Selain itu, didekatnya terletak Hutan Otaki. Sekitar 2-3 jam perjalanan dari Tokyo dengan menggunakan kereta, Kastil Otaki merupakan tempat kunjungan yang adem dan menyenangkan. Di sekeliling kastil terdapat hutan bunga sakura yang sangat indah dan menawan. Kalau boleh berkhayal, taman-taman sakuranya mungkin sebagai bagian dari taman-taman surga Adn,  wah masa...taman surga dunia kalee...  

Ketika melihat-lihat benda bersejarah di dalam kastil, teman saya seorang guru dari Jawa sekaligus seorang motoris, Bapak  Tri Agus Cahyono, begitu terkesima dengan pedang Samurai di lantai dua,sangking terpukaunya beliau membeli suvenir pedang samurai yang panjangnya hampir setengah meter, bisa dibayangkan repotnya menyimpan di rumah.. atau mungkin pedang itu bisa dipakai membelah dawegan, ha ha.  Saya coba menebak, beliau membeli pedang Katana,sejenis pedang Samurai yang fungsinya untuk menaklukkan lawan dengan satu kali tebas. Wiiih, serem..tapi mantap!

 


(bersambung)

yang sering mampir disini

Gerak Peluru rudal balistik

Gerak Peluru rudal balistik   Efek Rudal Balistik **Rudal balistik** adalah senjata roket yang dirancang untuk meluncurkan hulu ledak...

paling populer