Translate

Sabtu, 11 September 2021

Contoh Pendidikan Karakter

 











Oke, kali ini ceritanya yang singkat-singkat aja ya...

Aktivitas

-  Rombongan berangkat dari Comfort Hotel Tokyo menuju SD Tsukuba Elementary School, 517 Ozonecho, Ashikaga, Tochigi Prefecture 326-0326. Rombongan berangkat lebih awal,karena ingin melihat siswa datang ke sekolah dengan berjalan kaki dari rumah mereka, tidak ada siswa yang diantar oleh orangtua mereka ke sekolah. Siswa berjalan bersama-sama kesekolah beriringan.

 -  Selesai mengikuti kegiatan di SD Tsukuba, rombongan laki-laki shalat jum’at di Mesjid Assalam Tokyo,dilanjut shalat qoshor Dhuhur dan Ashar oleh ibu-ibu.

-    Perjalanan dilanjutkan ke Kantor Kementrian Pendidikan,Budaya,Olah Raga ,Sains dan Teknologi.


Rangkuman Materi

- Kunjungan ke SD Labschool Tsukuba University.

 Sekolah ini merupakan SD pertama di Jepang dengan usia sudah mencapai 150 tahun. Sepuluh tahun yang lalu sekolah ini milik Negara ,namun sekarang dikelola oleh Universitas Tsukuba, jadi sudah menjadi sekolah swasta. Universitas Tsukuba ini menjadi cikal bakal Universitas Pendidikan Tokyo. SD Tsukuba memiliki hutan dengan luas lahan sekitar 0,5 hektar,disamping pekarangan yang sangat luas, tidak berbeda jauh dengan sekolah-sekolah lainnya.

   Kepala Sekolah SD , Mr. Tanaka menjelaskan bahwa ia bekerja sebagai PNS 10 tahun ,  namun sekarang ia  bekerja penuh  di SD Tsukuba atas nama yayasan Tsukuba. Sedangkan guru-guru yang bekerja di SD ini kebanyakan guru tetap yang diterima dengan cara seleksi, begitu pula dengan siswa-siswa yang ingin masuk ke SD Tsukuba harus menjalani seleksi berupa aktivitas yang nanti akan diukur kemampuan siswa untuk menyelesaikan test aktivitasnya, bahkan mereka mengalami tes berenang di laut sejauh 2 km, aktivitas ini dijalankan karena ...









kurilulumTsukuba mengutamakan fisik dan akademik. Kurikulum seperti inilah yang
dijadikan contoh oleh Universitas untuk dikembangkan menjadi bahan rujukan kurikulum
nasional Jepang. Karena menjadi SD percontohan maka bangunan-bangunan di SD ini
memiliki ruang-ruang dua kali lipat dibandingkan ruang di sekolah lainnya.Kegiatan pembelajaran di SD ini berfokus pada siswa, guru hanya sebagai fasilitator.

Sedangkan konten pembelajaran disini tidak seberat konten di sekolah-sekolah Indonesia, -  namun materi pelajaran tetap pada substansi yang sesuai dengan umur siswa,sehingga nalar berpikir siswa jauh lebih berkembang dibandingkan dengan siswa-siswa di Indonesia.









Siswa melakukan langsung bereksperimen dalam sains terapan. Mereka mengamati pertumbuhan umbi pada kentang sampai menjadikan kura-kura sebagai filosofi berjalan di tangga. Jadi terdapat kaitan materi yang diajarkan dengan karakter yang ingin diperoleh.










Dengan leluasa siswa melakukan aktivitas karena lapangan olahraga benar-benar memenuhi standar internasional, maka sekolah di Tsukuba ini menjadi rujukan universitas untuk membuat kurikulum baru, melakukan perubahan kurikulum sesuai perubahan jaman. Kegiatan-kegiatan semacam inilah yang dijadikan bahan penilaian dalam rapor berupa deskripsi sikap anak terhadap kegiatan yang harus dilakukan. Walaupun anak belum mampu melakukan aktivitas yang harus dia lakukan, tetapi ini tidak menjadi persoalan khusus karena rentang penilaian adalah penjabaran kemampuan anak yang sudah dicapainya, pemberian motivasi adalah hal utama dalam pelaporan kepada orangtua, demotivasi harus dihindari.











Sarana prasarana di SD Tsukuba cenderung lebih luas dan bervariasi,sebagai contoh
,perhatikan gambar berikut :
 1. Keset dari sikat berwarna hijau diletakkan di depan lapangan olahraga, sehingga begitu selesai beraktivitas sepatu dibersihkan dengan keset ini, sangat praktis terlihatnya,sehingga area dekat lapangan selalu bersih.
2. Wadah tempat peralatan praktikum siswa, sangat sederhana hanya terbuat dari plastic
3. Suasana kelas ketika pelajaran belum dimulai, harus selalu bersih dan rapih
4. WC atau toilet siswa putri,terlihat bersih, harum dan tertib.
5 dan 6 adalah peralatan praktikum


Lapangan olahraga di SD Shukuba juga terbagi menjadi 2 bagian, bagian pertama khusus lapangan olahraga untuk kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Sementara dibagian lain ada juga lapangan olahraga khusus untuk kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Sehingga kapanpun pelajaran olahraga bisa diselenggarakan secara bersama-sama. Sungguh fenomena yang menakjubkan dimana sebuah sekolah dasar hampir ditiap tingkat berolahraga pada pagi hari,disaat bersamaan, jangan ditanyakan lagi dengan kemampuan teknis anak-anak jepang untuk mengolah tubuh mereka,pantas saja mereka adalah juara-juara umum dunia di olimpiade olahraga dunia.













 Belajar Seni suara dan seni peran di SD Tsukuba adalah sebuah kegiatan yang sangat menarik minat siswa terhadap seni, bahkan rombongan guru yang berkunjungpun begitu antusias untuk turut bergabung dengan kegiatan mereka. Anak-anak sudah terlatih dengan kode nada dari guru disaat mereka harus diam, bernyanyi, bahkan menari. Ekspresi gembira dimana siswa bernyanyi dan menari adalah termasuk seni jepang yang disebut Noh.  Noh adalah bentuk teater musikal yang tertua di Jepang. Penceritaan tidak hanya dilakukan dengan dialog tapi juga dengan utai (nyanyian), hayashi (iringan musik), dan tari-tarian. Sejak awal anak-anak dilatih untuk berkesenian Noh ataupun Kyogen.

















   Seni musik juga diajarkan dengan intens di SD ini. Sehingga disudut-sudut ruang seni selalu tersedia piano besar untuk mengiringi kegiatan seni para siswa. Seni suara dan seni peran dijadikan bahan ajar dalam satu tema. Sehingga siswa menjadi terampil bernyanyi, dan menari.


Kegiatan di Kementrian Pendidikan, Pendidikan,Budaya,Sport,Sains dan Teknologi

 

Rombongan diterima oleh jubir Kemetrian,pada siang hari setelah shalat dhuhur, diruang pertemuan lantai 2 gedung Kementrian. Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (文部科学省 Monbukagakushō), disingkat Monkashō atau MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology), serta populer sebagai Monbushō adalah salah satu kementerian dalam pemerintahan Jepang. Tugas utamanya meningkatkan taraf pendidikan dan membangun sumber daya manusia melalui penyebarluasan pembelajaran seumur hidup. Selain itu, MEXT bertugas mempromosikan kegiatan intelektual, olahraga, budaya, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta melaksanakan pekerjaan administrasi yang berkaitan dengan bidang agama. MEXT adalah salah satu dari tiga kementerian yang mendatangkan penutur asli bahasa Inggris untuk berpartisipasi dalam JET Programme. Selain itu, MEXT menawarkan Beasiswa Monbukagakusho.

          Pada saat ini sekitar 2500 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.

          Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Draft laporan subkomite pelatihan guru dewan pusat untuk pendidikan

  • Menciptakan dan memelihara kerangka kerja untuk membangun sistem karir untuk mendukung guru untuk  terus belajar , antara lain
  • Membangun sebuah sistem (dewan pelatihan guru) untuk mendiskusikan  dan mengakomodasi pelatihan guru dengan dewan pendidikan, universitas dan institusi pendidikan  lainnya.
  • Penciptaan indeks pelatihan dan rencana pelatihan guru nasional disusun berdasarkan kolaborasi antara dewan pendidikan, universitas dan institusi pembelajaran lainnyaPemerintah nasional menyajikan secara garis besar pedoman untuk mengumpulkan kembali indeks pelatihan guru dan membuat kolaborasi dengan peserta lain  tentang kurikulum inti untuk guru dan staf (diciptakan mengingat tantangan dan global educational yang baru) Merevisi dan meningkatkan pelatihan sesuai dengan target dan sasaran :

  Isi Pelatihan :

  •  Pelatihan guru disesuaikan dengan mendukung pembelajaran aktif dan tantangan baru (bahasa Inggris, moralitas, TIK, pendidikan kebutuhan khusus)
  •  Memperkenalkan magang sekolah (termasuk kursus pelatihan guru) ·         Kerangka penjaminan kualitas dan peningkatan kursus pelatihan guru (membangun organisasi untuk menyelenggarakan kursus pelatihan guru, mempromosikan evaluasi guru, dll.). Grand unifikasi kategori subjek. Seperti integrasi kelas subjek dan kelas profesi mengajar.
  • Tahap Perekrutan :
  • Upaya untuk memfasilitasi memasuki profesi (mempopulerkan sekolah pelatihan pelatihan guru)
  • Musyawarah untuk pengembangan rekrutmen bersama
  • Mengamankan beragam personil melalui penggunaan sertifikat khusus
  •  Pelatihan reformasi guru yang sedang aktif :
  • {Promosikan pelatihan berkelanjutan}
  • Gabungkan dan perkuat sistem pelatihan internal sekolah
  • Promosikan pelatihan gaya mentor (pelatihan tim)
  • Bermitra dengan sekolah pascasarjana pelatihan guru, gunakan dewan pelatihan guru
  • Pelatihan yang berkaitan dengan tantangan pendidikan baru dan bangkitnya pembelajaran aktif
  • {Promosi Pelatihan Induksi}
  •          Langkah perbaikan yang disengaja itu mereferensikan upaya perintis
  •          Koneksi dengan tahun kedua dan ketiga pelatihan (Memikirkan kembali kebijakan administratif)
  •    {Promosi Pelatihan yang sudah 10 tahun)
  • Peningkatan fleksibilitas waktu latihan
  • Memperjelas tujuan dan rincian (pelatihan para pemimpin menengah)
  • {Reformasi pelatihan manajer menengah}
  • Memperkuat manajemen kurikulum yang disesuaikan dengan tantangan pendidikan baru
  • Bangun sebuah sistem untuk melatih manajer menengah yang terorganisir dan terencana dengan baik
  • Yayasan untuk mendukung pelatihan guru yang sedang aktif
  • Memperkuat fungsi Pusat Nasional untuk Pengembangan Guru (membangun jaringan pelatihan, membangun dan memelihara pusat nasional untuk menangani studi, analisis, Litbang)
  • Meningkatkan kecanggihan kualifikasi dan kemampuan guru melalui penggunaan verifikasi  kelayakan kursus di perguruan tinggi guru pascasarjana
  • Meningkatkan ukuran fakultas sesuai kebutuhan untuk mengamankan kesempatan pelatihan
  • Mengembangkan pemimpin pelatihan, meningkatkan penempatan guru dalam peran pengawasan dan pendelegasian
  • Di Jepang terdapat pula program peningkatan kualitas guru yang dikenal dengan sebutan goto.
  • Untuk menjadi guru di Jepang sangatlah sulit. Pertama, para calon guru harus menjalani kuliah di
  • universitas keguruan untuk mendapat lisensi guru. Kalau tidak masuk ke dalam universitas
  • keguruan, mereka harus menjalani semacam kursus yang diselenggarakan oleh badan pemerintah
  • Jepang, yang bisa mengeluarkan lisensi untuk menjadi guru.
  • Setelah itu, untuk menjadi guru di daerah tertentu, mereka harus mengikuti tes yang dilaksanakan setiap daerah. Di Jepang standarisasi setiap daerah berbeda, karena itu setiap daerah mengeluarkan ujian sendiri untuk calon guru yang berminat di daerahnya. Misalnya, untuk mengajar di kota Tokyo, mereka harus mengikuti ujian khusus untuk menjadi guru di kota tersebut. Biasanya para calon guru di Jepang melamar di beberapa daerah, sebagai cadangan bila ternyata mereka tidak lulus ujian di daerah pertama.
  • Setelah mendaftar, maka calon guru harus mengikuti dua kali ujian. Yang pertama tes tertulis. Kalau lulus, mereka harus mengikuti ujian wawancara. Bila keduanya lulus, maka calon guru tersebut akan dipilihkan sekolah tempat mereka akan mengajar nantinya, oleh pejabat pendidikan di kota tersebut.

Dari proses ini bisa terbayang, betapa beratnya untuk menjadi guru di Jepang. Persaingan dan proses penyaringannya lumayan sulit. Para calon guru yang berhasil melewati tes adalah guru yang sudah tersaring dengan ketat. Kualitasnya sesuai dengan standar yang berlaku di daerah tersebut.
    Selain itu, setiap sepuluh tahun, para guru harus kembali mengikuti pelatihan dan kembali mengikuti ujian sertifikasi untuk menjadi guru. Hal ini penting agar setiap guru tetap memiliki pengetahuan yang up to date, tetap belajar hal-hal yang baru di dunia pendidikan. Ini murni untuk peningkatan kualitas mengajar para guru, dan kualitas pendidikan secara umum. Jadi tidak ada hubungannya dengan kenaikan gaji.
      Tradisi belajar ditumbuhkan dengan peran aktif sekolah dalam memberikan contoh langsung kepada murid tentang pentingnya belajar. Sekolah-sekolah yang bagus bahkan punya tradisi penelitian tahunan. Biasanya mereka menentukan tema penelitian, yaitu target umum yang akan dicapai oleh sekolah di tahun tersebut. Lalu apa peran setiap mata pelajaran untuk mencapai target tersebut. Umumnya tidak jauh-jauh dari target pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah jepang, yaitu agar setiap murid Memiliki dasar-dasar pengetahuan, Memiliki sikap (positif) dalam belajar, dan Mengembangkan kemampuan berpikir, menganalisa dan berekspresi. Terakhir agar siswa Memiliki minat belajar yang baik.
        Bagai mana teknis untuk mencapai target tersebut, diserahkan kepada setiap guru untuk memikirkannya. Di sini peran guru adalah berusaha mencapai target penelitan sekolah melalui mata pelajaran yang diajarkannya. Misalnya, bagaimana pelajaran IPA bisa meningkatkan kemampuan berpikir, menganalisa dan berekspresi setiap murid di kelasnya. Caranya dengan melakukan proyek penelitian lapangan atau di lab, lalu hasilnya didiskusikan dalam kelompok, setelah itu setiap kelompok melakukan presentasi lisan dan menulis laporan secara individu. Cara ini bisa menjadi metode yang tepat untuk mencapai target tersebut.

        C.Rekomendasi

        1. Seluruh SD dan SMP di Jepang memiliki regulasi yang sama baik dibidang proses pendidikan maupun sisi administrasi dan pengadaan sarana prasarananya, kondisi ini yang membuat Jepang berada pada posisi terbaik di dunia untuk hal pendidikan masyarakatnya. Berbeda dengan di Indonesia,dimana unsur daerah terlalu kuat dalam pengambilan kebijakan-kebijakan pendidikan, sehingga sangat perlu dipertimbangkan bahwa Kebijakan Pendidikan tidak mungkin berasal  dari keputusan yang berbeda-beda. Jepang berhasil mendidik masyarakatnya dengan menghasilkan karakter bangsa yang hampir sama di berbagai daerah, dengan detail yang juga mirip, artinya siswa di Chiba,Shizuoka,Kyoto,Tokyo, Kanagawa menampilkan karakter yang mirip seperti mandiri, santun, tidak emosional, menghargai tamu,…semua yang mereka tampilkan adalah hal-hal positip yang patut diadopsi oleh siswa-siswa kita di Indonesia.Sehingga semua kebijakan pendidikan perlu dari sumber yang sama. Hal ini mungkin sulit diimplementasikan di Indonesia, akibat keberagaman kebijakan pendidikan di tiap daerah di Indonesia. Kecuali bila Pemerintah cukup berani dengan tegas mengambil kebijakan bahwa Negara mengatur seluruh urusan pendidikan di Indonesia, daerah tidak dilibatkan terlalu jauh untuk penyelenggaraan pendidikan,utamanya pendidikan dasar di SD dan SMP.  Jika ingin mengadopsi pendidikan dasar ala Jepang ini, tentu hal-hal teknis yang melibatkan daerah masih bisa dipertahankan,namun seluruh kebijakan tentang konten pembelajaran di tingkat dasar harus bersumber dari satu kebijakan, juga kebijakan yang menyangkut profesi gurunya.

        2. Konten pembelajaran di tingkat sekolah dasar di Jepang terlihat tidak melebihi kapasitas kemampuan siswa, siswa belajar pengetahuan sebatas pengetahuan yang perlu mereka ketahui. Berbeda dengan di Indonesia, siswa diberi pengetahuan sebanyak-banyaknya sambil tidak dibarengi dengan kemampuan ketrampilan yang setara dengan pengetahuan yang mereka miliki. Sekedar contoh, setiap upacara senin ada beberapa sekolah yang mengikrarkan HIDUP BERSIH, namun siswa belum terampil membersihkan kelas, belum terampil membuang sampah pada tempatnya. Contoh lain, siswa di Indonesia kalau mengikuti lomba-lomba seperti olimpiade sains, sangat hebat prestasinya, namun siswa di Indonesia belum terampil menghasilkan produk sains yang setara dengan pengetahuan sains yang ia ketahui. Di Jepang,fenomenanya justru cenderung terbalik dengan di Indonesia, siswa-siswa Jepang sangat terampil berjalan kaki menempuh perjalanan ke sekolah, anak-anak kecil di Jepang sangat terampil mengkoordinir teman untuk bekerja sama, bahkan anak kecil kelas 1 SD di Jepang akan dengan cekatan memberi salam kepada tamu,melepas sepatu – memakai sepatu,berganti kostum tanpa bantuan orang lain, anak-anak yang lebih besar seperti kelas 2 SD di Jepang sangat terampil menyiapkan makan siang teman-temannya….dsb…dsb….ini yang tidak ada di sekolah-sekolah di Indonesia. Artinya kita sudah jauh tertinggal dari bangsa-bangsa maju terhadap konsep pendidikan yang kita jalankan selama ini. Konten pembelajaran yang sebenarnya harus diberikan seharusnya adalah porsi ketrampilan bukan dominasi pengetahuan, juga konten karakter yang harus langsung diterapkan bukan dominasi nasehat dan nasehat saja.

        3. Proses penilaian terhadap siswa di Jepang tidak berfokus pada angka-angka seperti kebanyakan di Indonesia. Namun yang harus diberi penilaian adalah tingkatan keberhasilan siswa tentang semua yang bisa mereka lakukan, siswa sudah membersihkan kelas, siswa sudah menanam tanaman, siswa sudah berbicara di depan kelas,…..semua ini adalah penilaian autentik yang perlu dideskripsikan,karena kemampuan masing-masing siswa bisa berbeda. Bila diberikan persoalan (problem based learning), siswa yang belum mampu memecahkan permasalahannya tidak diberi ultimatum langsung, namun harus dilihat proses pencapaiannya dan logika berpikir siswa, sehingga tidak ada siswa yang bodoh atau tinggal kelas,bahkan akan banyak siswa yang berpikir tingkat tinggi karena guru banyak menggunakan metode inkuiri, guru banyak memancing pertanyaan, guru banyak memberi kesempatan pada siswa untuk memecahkan persoalannya sendiri. Pembelajaran di sekolah-sekolah Jepang adalah pembelajaran kognitif dibarengi langsung dengan psikomotor, belajar teori secukupnya namun bertindak sebanyak mungkin. Jadi tidak mengherankan, bila orang Jepang itu memiliki sifat mandiri, mempunyai dedikasi tinggi, jujur, tidak suka membully, suka membantu orang lain…senang dengan kebersihan dan kerapihan, tidak emosional, dll.


        💪💪💪💪💪💪💪💟💟💟💟💟💟💟💪💪💪💪💪💪💪

        Jumat, 10 September 2021

        Beri vetsin.

        Beri vetsin sedikit aja...mawar langsung berbunga..


        Kesel  karena bunga mawar di rumah tidak muncul juga, coba deh..gunakan cara tradisional yang sering dilakukan oleh para ibu sejak jaman dulu. Apakah itu ? 

        Ya, ini adalah cara yang paling mudah dan jarang gagal. Oke, siapkan saja bahan- bahannya.

        1. Siapkan vetsin atau penyedap rasa, merek apapun bisa digunakan.

        2. Air sekitar 1 liter saja.

        3. Sendok makan.

        4. Wadah ukuran 1 liter, atau gayung plastik dari kamar mandi.

        Caranya :

        Isi air dalam gayung atau wadah 1 liter, beri sepertiga sendok vetsin, aduk-aduk sampai rata. Kalau punya alat penyemprot bisa dimasukkan air vetsin tsb kedalamnya, tapi kalau ngga punya ya ngga apa-apa kita tuangkan saja ke tanamannya. Sesudah rata larutannya, langsung terapkan larutan pada bunga mawar kita.Insya Allah, ngga sampai seminggu bakal bunga akan muncul, daun juga tumbuh lebih segar. Usahakan siram ke bagian media saja ya,jangan ke pohonnya langsung.

        Penjelasannya :

        Vetsin ini mengandung senyawa asam glutamat sekitar 78%, natrium benzoat 12%, dan air 10%, makanya vetsin dikenal rumusan kimianya dengan monosodium glutamate, sodium itu ya natrium juga..Natrium ini berupa unsur yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman,makanya vetsin bisa dipakai untuk menyuburkan tanaman mawar kita, artinya bisa dipakai sebagai pupuk. Tapi hati-hati ya..jangan kebanyakan dan keseringan, berikan saja seminggu sekali. Kalau kebanyakan ntar pohon menjadi kering, lalu mati. Makanya saya tidak merekomendasikan dengan  cara menaburnya secara langsung, mengapa? karena daya serapnya pada tanaman menjadi tidak merata. 

        Dari hasil penelitian ternyata vetsin memiliki beberapa kegunaan yang jarang kita ketahui, antara lain :

        - dapat dijadikan pupuk yang ramah lingkungan, meski bukan sebagai pupuk organik.

        - dapat mencegah penyakit tumbuh pada tanaman, tanaman lebih tahan pada hama, terutama hama kutu putih dan kutu hijau yang sering menyerang pucuk bunga mawar.

        - Merangsang pertumbuhan sel-sel pada tanaman, sehingga tanaman cepat tinggi,dan mudah tumbuh tunas-tunas baru.

        - Merangsang pertumbuhan bunga, sehingga kita tidak terlalu lama untuk memanen bunga mawarnya.

        - Vetsin inipun bisa meningkatkan kadar air pada tanaman, artinya mudah diserap oleh tanaman, sehingga kelembaban tetap terjaga.

        Silahkan dicoba resep vetsin ini, semoga pohon mawar anda segera berbunga seperti bunga mawar yang ada dipinggir jalan di depan rumah kami ini...iklan



        1

        2

        3

        4

        5

         
        6


        7

        8

        9

         

        10







         

        💓💓💓💓💓💓💓😊😊😊😊😊😊😊💓💓💓💓💓💓💓

        Nyelip dikit ya...

        Perhatikan gambar cermin cekung (cermin positif) berikut

        Tinggi bayangan yang terbentuk adalah......
        (A)  2 cm
        (B)  4 cm
        (C)  12 cm
        (D)  16 cm










        Solusinya : 






















        Si = 60 cm, maka m = Si/So = 60cm/20cm = 3

        Jadi tinggi bayangannya :  hi  = 3 ho = 3 . 4 cm = 12 cm, jelas ya..

        Jawabannya C


        Rabu, 08 September 2021

        Kemagnetan 2

         

        Manfaat Magnet dalam kehidupan sehari-hari

        a. Bel listrik

        Cara kerja bel listrik sangat mudah dan sederhana. Mula-mula arus mengalir masuk kekumparan (solenoida),sehingga kedua kumparan menjadi elektromagnet, lalu menarik angker/jangkar besi lunak ,akibatnya pemukul membunyikan bel. Pada saat yang sama,kontak terlepas sehingga elektromagnet menjadi bukan magnet lagi.Lalu pegas kembali membuat kontak,dan terjadi tarikan angker besi lagi. Kondisi ini berulang terus menerus sambil menimbulkan suara berdering yang terus menerus selama tombol ditekan.          



         Telepon

                

            Siapakah penemu telepon ? Penemu telepon adalah Alexander Graham Bell.          Pesawat telepon terdiri dari dua bagian, yaitu alat pengirim yang disebut mikropon dan alat penerima yang disebut telepon. Mikropon terdiri dari membran yang dibuat dari serbuk karbon. Pada saat mikropon dipakai untuk berbicara, membran akan bergetar sesuai dengan frekuensi suara. Karena membran bergetar, maka ketebalan serbuk karbon akan berubah-ubah. Ketebalan tersebut akan menentukan besarnya hambatan pada karbon, sehingga nilai hambatan berubah-ubah.Arus listrik otomatis akan berubah-ubah pula, kondisi ini disebut getaran listrik.Getaran listrik ini dikirim ke pesawat penerima.

                  Pesawat penerima terdiri dari kumparan dan membran. Kumparan diisi dengan inti besi lunak. Pada kumparan mengalir arus yang berubah-ubah ,sehingga besi lunak di dalam kumparan menjadi elektromagnet, kemagnetannya berubah-ubah sesuai dengan kuat arus yang mengalir. Elektromagnet akan menarik membran, karena magnetnya berubah-ubah, maka membran bergetar dan akan terdengar sama dengan suara yang diberikan pada mikropon.

        Telegraf.

        Telegraf adalah alat untuk mengirim berita dengan menggunakan kode morse,telegraf sudah jarang digunakan pada masa sekarang, namun untuk pengiriman berita yang murah antar stasiun kereta api ,telegraf masih efektif untuk digunakan.

                  Telegraf terdiri dari kunci pemancar, elektromagnetik, sumber arus, pegas, pelat logam, roda, pita kertas, dan gulungan kertas.


        Prinsip kerja telegraf adalah sebagai berikut :

                 

        Bila kunci pemancar morse ditekan, terjadilah rangkaian tertutup melalui kunci kontak alat penerima. Selanjutnya elektromagnetik dan sebuah roda kecil yang telah diberi tinta akan mengetuk-ngetuk pita kertas yang bergerak secara beraturan. Bila kunci morse ditekan sebentar, maka pada kertas muncul 1 titik, jika ditekan lama menghasilkan garis pendek pada kertas. Sehingga kalimat-kalimat berita oleh mesin telegraf diubah ke dalam sandi morse yang ditulis dengan garis pendek dan titik.


        Relai

                  Dalam kehidupan sehari-hari kadang-kadang kita memerlukan suatu alat untuk menghidupkan atau mematikan mesin yang menggunakan tenaga listrik dari jarak jauh. Alat tersebut adalah relai. Bagian pokok dari alat ini adalah kumparan berinti besi lunak, pelat besi, dan kontak. Perhatikanlah  gambar berikut.

                  Relai berfungsi sebagai saklar elektromagnet. Jika kumparan K dialiri arus listrik, maka inti besi I akan menjadi magnet. Magnet ini akan menarik pelat besi B,sehingga kontak C akan tertutup. Dengan tertutupnya kontak C ini , arus yang menuju ke mesin akan mengalir,maka mesin akan bekerja. Bila arus pada kumparan K diputus , inti besi I akan kehilangan kemagnetannya ,pelat besi B oleh tarikan pegas P akan lepas.Kontak C menjadi putus. Dengan putusnya kontak C ini mesin akan berhenti bekerja. Arus yang mengalir ke kumparan K disebut arus primer, dan arus yang mengalir ke mesin disebut arus sekunder. Arus primer nilainya relatif kecil, sedangkan arus sekunder nilainya besar. Jadi relai merupakan alat yang menggunakan arus kecil ,namun dapat menghubungkan atau memutuskan arus listrik yang besar.

        Gaya Lorentz

                  Gaya yang terjadi akibat interaksi medan magnetik dengan arus listrik atau muatan yang bergerak disebut gaya Lorentz. Gaya ini terjadi pada penghantar berarus yang terletak di dalam medan magnet, muatan listrik yang bergerak di dalam medan magnet,atau pada dua buah penghantar yang dialiri arus listrik akibat timbulnya induksi magnetik.

        Besar gaya Lorentz yang timbul pada kawat tergantung pada :

        a. Kuat medan magnet

        b. Kuat arus listrik

        c. Panjang kawat yang dipengaruhi









        Untuk mempermudah mengingat arah gaya Lorentz, kamu dapat menggunakan kaidah tangan kiri (lihat Gambar di atas). Ibu jari menunjukkan arah gaya Lorentz F, telunjuk menunjukkan arah induksi magnetik B, dan jari tengah menunjukkan arah arus listrik.

                  Untuk menggambarkan ketiga besaran dalam dua dimensi, kamu dapat menggunakan simbol :

         

        Aturan ini berlaku hanya jika  F tegak lurus B,B tegak lurus I, I tegak lurus F.


        Contoh Soal

        1. Tunjukkan kemana arah gaya Lorentz untuk I dan B yang digambarkan di bawah  ini !





        Solusinya :






        2.   Sepotong kawat beraliran listrik berada di dalam medan magnet yang nilainya sama,yaitu 1 tesla, tegak lurus dengan gaya Lorentz. Hitung kuat arus di dalam kawat tersebut jika gaya yang timbul 2 newton dan panjang kawat 10 cm!

              Solusinya :

              l = 10 cm = 0,1 m

              B = 1 tesla

              F = B . I . l

              2  = 1 x I  x 0,1

              I  =  20 A

        Kegiatan Individu :

        1. Tunjukkan kemana arah gaya Lorentz untuk I dan B yang digambarkan di bawah ini !


             



        2. Sebuah penghantar yang panjangnya 20 cm dialiri arus listrik yang besarnya 5 A. Berapakah besarnya medan magnet homogen yang tegak lurus penghantar tadi ,supaya timbul gaya 5 N ?

        3.   Sebuah kawat listrik yang panjangnya 10 cm diletakkan dalam medan magnet 0,05 tesla. Kawat tersebut dialiri listrik 20 A, berapa gaya yang timbul pada kawat?

         

        a. Gaya Lorentz pada muatan yang bergerak

                    Kamu sudah mengetahui bahwa arus listrik pada dasarnya adalah muatan yang bergerak dengan arah sesuai dengan arah muatan positif. Karena itu, setiap muatan listrik yang bergerak di dalam medan magnetik akan mengalami gaya Lorentz, dengan syarat muatan tersebut bergerak tidak sejajar dengan arah medan magnetik. 




         





        Contoh Soal :

        Sebuah elektron bergerak di dalam suatu medan magnetik serba sama sebesar 0,2 tesla. Arah gerak elektron membentuk sudut 90o terhadap arah medan magnetik. Berapa kecepatan elektron pada saat gaya Lorentz yang terjadi 64.10-14N, jika muatan satu elektron adalah 1,6 x 10-19 C ?

        Solusi : Kecepatan elektron dapat kamu hitung dengan menggunakan persamaan :







        Penerapan Gaya Lorentz (Gaya Magnetik)

        Motor listrik.

        Pemakaian motor listrik misalnya ada pada komputer, kipas angin listrik,mesin cuci,pompa air,dsb.

         Orang membuat motor listrik dengan banyak lilitan kumparan, karena jumlah lilitan yang banyak akan meningkatkan gaya putar motor.


        Alat Ukur Listrik

                    Alat-alat ukur listrik diantaranya voltmeter, amperemeter, dan galvanometer.








        Bagian-bagian utama alat pengukur listrik

        1. Sebuah magnet tetap berbentuk U, dengan ruang diantara kutub-kutubnya berbentuk silinder.

        2. Sebuah inti besi lunak berbentuk silinder, yang diletakkan diantara kutub-kutub magnet tetap. Inti besi ini terpasang pada tempatnya dan tidak dapat bergerak.

        3. Sebuah kumparan yang dapat berputar bersama 2 batang poros ,yang diletakkan diantara inti besi lunak dan kutub-kutub magnet tetap.

        4. Pegas spiral yang dipasang pada tiap poros.

        5. Jarum penunjuk yang diatur oleh pegas spiral agar selalu menunjukkan skala nol, bila tidak ada arus yang masuk melalui kumparan.

        Cara kerja alat pengukur listrik

        1. Bila ada arus listrik melalui kumparan, maka kumparan akan berputar, karena salah satu permukaan kumparan itu bersifat sebagai kutub utara, sedangkan permukaan yang lain bersifat sebagai kutub selatan.

        2. Kutub utara kumparan akan ditarik oleh kutub selatan magnet tetap, dan kutub selatan kumparan akan ditarik oleh kutub utara magnet tetap.

        3. Kumparan tidak dapat berputar terus, karena ditahan oleh pegas spiral.

        4. Besarnya putaran kumparan ini bergantung pada besar kecilnya arus. Semakin besar arus, maka akan semakin besar sudut putarnya dan semakin besar pula angka yang ditunjuk oleh jarum penunjuk.

        Sekarang sudah ada alat ukur yang lebih canggih, seperti osiloskop. 




        EVALUASI GUYS...

         

        A.  coba pilih jawaban yang tepat ya,kalo ngga bisa...silahkan tanya guru di sekolah yea..

         

        1.      Kelompok benda berikut ini yang dapat ditarik oleh medan magnet adalah ………

        a.       besi, karet, dan aluminium

        b.      platina, kobalt, dan tembaga

        c.       besi, baja, dan nikel

        d.      seng, aluminium, dan kuningan

        2.      Jika ada dua benda saling menarik, maka ………..

        a.       kedua benda itu pasti magnet

        b.      salah satu dari benda itu pasti magnet

        c.       salah satu dari kedua benda itu pasti bermuatan listrik

        d.      salah satu dari kedua benda itu mungkin magnet, mungkin benda yang bermuatan listrik

        3.      Benda-benda yang ditarik dengan lemah oleh magnet disebut ………….

        a.       antimagnetik

        b.      paramagnetik

        c.       diamagnetik

        d.      feromagnetik

        4.      Berikut ini adalah cara-cara membuat magnet, kecuali ………….

        a.       menggosok besi secara teratur dengan menggunakan salah satu kutub magnet

        b.      meliliti batang besi dengan kawat berisolasi yang berarus listrik

        c.       memukul-mukul besi dengan salah satu kutub magnet

        d.      mendekatkan besi pada salah satu kutub magnet

        5.      P, Q, dan R adalah sebuah batang yang sama bentuknya. Bila salah satu ujung P didekatkan pada salah satu ujung Q akan ditarik, tetapi tetapi dengan ujung lainnya akan ditolak.

        Kalau hal ini dilakukan pada batang R, maka baik ujung yang satu maupun ujung lainnya akan ditarik.

         

        a.       P, Q, dan R semuanya adalah magnet.

        b.      P adalah magnet, Q dan R bukan magnet.

        c.       P dan Q adalah magnet, R bukan magnet.

        d.      P dan Q bukan magnet, R adalah magnet.

        6.      Bila sebuah magnet batang digantung dalam keadaan bebas, maka ………..

        a.       ujung yang menunjuk arah utara disebut kutub selatan magnet

        b.      ujung yang menunjuk arah selatan disebut kutub utara magnet

        c.       ujung yang menunjuk arah utara disebut kutub utara magnet, dan

              ujung yang menunjuk arah selatan disebut kutub selatan magnet

        d.      ujung yang menunjuk arah selatan disebut kutub utara magnet, dan

              ujung yang menunjuk arah utara disebut kutub selatan magnet

        7.      Magnet jarum kompas jika diletakkan mendatar akan selalu menunjuk arah utara selatan, karena …

        a.       pengaruh gaya berat magnet

        b.      pengaruh massa jenis magnet

        c.       pengaruh gaya tarik bumi

        d.      pengaruh medan magnet bumi

        8.      Dua kutub magnet yang saling didekatkan akan ……..

        a.       menimbulkan gaya tarik-menarik, bila kedua kutub itu senama

        b.      menimbulkan gaya tarik-menarik, bila kedua kutub itu tidak senama

        c.       menimbulkan gaya tolak-menolak, bila kedua kutub itu tidak senama

        d.      menimbulkan gaya tolak-menolak, bila kedua magnet itu bentuknya sama

        9.      Penyimpangan arah jarum kompas dengan arah utara selatan yang sebenarnya dikarenakan …

        a.       adanya kemagnetan bumi

        b.      adanya kutub-kutub magnet bumi

        c.       kutub-kutub magnet bumi tidak tepat pada kutub-kutub bumi

        d.      kutub utara magnet bumi berada di belahan bumi bagian utara

         

         

         

        10.  Sudut penyimpangan sumbu jarum kompas dengan arah utara selatan yang sebenarnya disebut …

        a.       inklinasi

        b.      deklinasi

        c.       induksi

        d.      radiasi

        11.  Jika sebuah magnet jarum kompas diletakkan dalam suatu ruang, ternyata arah magnet jarum kompas itu menyimpang dari kedudukan semula.

        Hal ini menunjukkan bahwa di dalam ruang itu ……………

        a.       pasti ada medan listriknya

        b.      pasti ada medan magnetnya

        c.       pasti ada benda-benda besar yang terbuat dari besi atau baja

        d.      mungkin ada medan magnetnya, mungkin ada tumpukan besi atau baja.

        12.  Jika bumi dianggap sebagai magnet besar, maka ……..

        a.       letak kutub utara magnet bumi di sekitar kutub utara bumi

        b.      letak kutub selatan magnet bumi di sekitar kutub selatan bumi

        c.       letak kutub selatan magnet bumi di sekitar kutub utara bumi, dan

              letak kutub utara magnet bumi di sekitar kutub selatan bumi

        d.      letak kutub utara magnet bumi di sekitar kutub utara bumi

              letak kutub selatan magnet bumi di sekitar katulistiwa

        13.  Serbuk besi yang ditaburkan di atas permukaan kaca yang dibawahnya terdapat sebuah magnet batang, maka setelah serbuk besi itu diketuk-ketuk akan membentuk

        a.       pola kekuatan magnet

        b.      pola medan magnet

        c.       pola kutub-kutub magnet

        d.      pola garis-garis gaya magnet

        14.  Dari gambar di bawah ini, manakah yang benar ?







        15.      Sebuah magnet jarum kompas jika didekati penghantar yang berarus listrik, maka arah jarum kompas tersebut akan berubah dari kedudukan semula.

        Hal ini menunjukkan bahwa …………

        a.       di sekitar arus listrik timbul medan listrik.

        b.      penghantar berarus listrik mempunyai sfat menarik benda-benda.

        c.       di sekitar arus listrik timbul medan magnet

        d.      penghantar berarus listrik menyebabkan kemagnetan jarum kompas berkurang

        16     Pola medan magnet di sekitar penghantar berarus listrik ………..

        a.       berbentuk elips

        b.      berbentuk lingkaran sembarang

        c.       berbentuk lingkaran dengan titik pusatnya berimpit pada penghantarnya

        d.      berbentuk persegi dengan titik pusatnya berimpit pada penghantarnya

        17.     Arah garis gaya magnet pada penghantar berarus listrik dapat ditentukan dengan menggunakan kaidah atau aturan tangan kanan, yaitu ………..

        a.       arah arus ditunjukkan oleh arah ibu jari, arah garis gaya ditunjukkan oleh arah jari telunjuk

        b.      arah arus ditunjukkan oleh arah jari telunjuk, arah garis gaya ditunjukkan oleh tiga jari yang digenggamkan.

        c.       arah arus ditunjukkan oleh arah ibu jari, arah garis gaya ditunjukkan oleh keempat jari yang digenggamkan.

        d.      arah arus ditunjukkan oleh arah keempat jari yang digenggamkan, arah garis gaya ditunjukkan oleh arah ibu jari

        18.


              Arah arus listrik I dan arah medan magnet disekitar penghantar listrik yang benar adalah……….

         

         

         

         

         

        19.      Berikut ini merupakan keuntungan dari penggunaa elektromagnet, kecuali …….

        a.       kemagnetannya dapat diperkuat

        b.      kedua kutubnya dapat ditukar

        c.       kekuatan magnetnya tidak dapat diubah

        d.      sifat kemagnetannya mudah dihilangkan dan mudah ditimbulkan kembali

        20.     Berikut ini merupakan alat-alat yang menggunakan elektromagnet, kecuali ……..

        a.       bel listrik

        b.      sterika listrik

        c.       telepon

        d.      relai

        21.      Interuptor akan bekerja sebagai sakelar otomatis, dapat dijumpai pada ………

        a.       bel listrik

        b.      mikropon

        c.       alat ukur listrik

        d.      motor listrik

         

        22.      Gaya yang diterima penghantar berarus listrik yang berada di dalam medan magnet adalah berikut ini, kecuali ………….

        a.       sebanding dengan kuat medan

        b.      sebanding dengan kuat arus

        c.       sebanding dengan muatan listrik

        d.      sebanding dengan panjang penghantar

        23.      Berikut ini adalah alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip kumparan berputar, kecuali ….

        a.       solder listrik

        b.      motor listrik

        c.       alat ukur listrik

        d.      kipas angin listrik

        24.  Berikut ini adalah alat ukur listrik, kecuali …………

        a.       Galvanometer        c. AVOmeter

        b.      Tensimeter             d. Voltmeter

         

        25.  Kemagnetan sebuah batang magnet akan berkurang bila batang magnet tersebut :

        (1)   dipukul-pukul dengan palu

        (2)   dibakar dengan api

        (3)   dililitkan kawat berarus listrik

        Dari pernyataan di atas yang benar adalah……………..

        a.       (1) dan (2)

        b.      (2) dan (3)

        c.       (3) saja

        d.      semua benar.

        26.  Medan magnet dapat ditimbulkan oleh :

        (1)   batang magnet yang diam

        (2)   kawat yang dialiri arus listrik

        (3)   muatan listrik yang diam

        Dari ketiga pernyataan tersebut yang benar adalah………………

        a. (1) saja             b. (1) dan (2)               c. (1) dan (3)               d. semua benar

        27.  Orang yang berjasa dalam meneliti gaya tarik-menarik dan gaya tolak-menolak diantara kedua ku-

        tub magnet adalah………………

        a. Ohm    b. Lorentz        c. Coulomb      d. Kirchoff

        28.  Bumi bersifat sebagai magnet raksasa,dengan :

        a.kutub selatan magnet berada di kutub utara bumi,tapi tak berimpit.

        b.kutub utara magnet berada di kutub utara bumi, tapi tak berimpit.

        c.kutub selatan bumi berimpit dengan kutub selatan magnet.

        d.kutub utara bumi berimpit dengan kutub selatan magnet.

        29.  Dari gambar di bawah ini ,maka kutub-kutub magnet dan arah medan magnet yang benar adalah

        ……………

        a.Q kutub selatan, medan magnet keluar dari Q

        b.Q kutub utara, medan magnet masuk ke Q

        c.P kutub selatan, medan magnet masuk ke P

        d.P kutub utara, medan magnet keluar dari P

                                                                                                                     

        30.  Alat ukur listrik seperti pada AVO-meter bekerja berdasarkan prinsip………………

        a.       gaya Coulomb

        b.      gaya Oersted

        c.       gaya Faraday

        d.      gaya Lorentz

        31.  Besarnya gaya yang dialami oleh kawat berarus listrik di dalam medan magnet disebut………..

        a.       gaya Coulomb

        b.      gaya Faraday

        c.       gaya Lorentz

        d.      gaya Oersted

        32.  Dari gambar di bawah ini, medan magnet disekitar kawat berarus listrik akan membentuk lingkar-

        an-lingkaran yang arahnya………….

        a.       searah dengan arah putaran jarum jam

        b.      searah dengan arah arus listrik

        c.       berlawanan arah dengan arah putaran

        jarum jam

        d.      berlawanan arah dengan arah arus listrik


           Isilah titik-titik dengan tepat  ya guys

         

        1.      Jumlah kutub-kutub sebuah magnet adalah ……………………….

        2.      Ujung magnet yang menunjuk arah utara disebut …………………… , sedangkan yang menunjuk arah selatan disebut ………………………………

        3.      Dua kutub magnet yang senama bila didekatkan akan …………………….

        4.      Dua kutub magnet yang tidak senama bila didekatkan akan ………………………..

        5.      Bumi ini dianggap suatu magnet yang sangat besar, di mana letak kutub utara magnet bumi tersebut berada di ………………………………….

        6.      Deklinasi adalah sudut yang dibentuk antara arah jarum kompas dengan ………………….

        7.      Inklinasi adalah sudut yang dibentuk antara arah jarum kompas dengan ………………………

        8.      Tempat yang mempunyai inklinasi  0o disebut juga ……………….. atau ……………………..

        9.      Medan magnet adalah …………………………………….

        10.  Garis-garis lengkung yang menunjukkan medan magnet disebut ………………….dan arahnya dari …………………………menuju ………………………

                                                                                                                                                                   

        Coba jawab guys , pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat !

         1.      Apakah perbedaan antara zat feromagnetik dan zat diamagnetik ?

        2.      Sebutkan benda-benda yang bersifat paramagnetik !

        3.      Sebutkan cara-cara membuat magnet !

        4.      Jelaskan perbedaan antara magnet alam dan magnet bauatan !

        5.      Bagaimanakah sifat-sifat kutub magnet bila saling didekatkan ?

        6.      Apakah yang dimaksud dengan garis gaya magnet itu ? Ke mana arahnya ?

        7.      Apa perbedaan antara deklinasi dan inklinasi ?

        8.  Dari tiga buah gambar di bawah ini, (1) adalah gambar magnet batang, (2) gambar kawat lurus berarus listrik dan (3) gambar kawat melingkar berarus listrik, ketiganya diletakkan di atas selembar kertas.


         


         

                        (1)                                            (2)                                (3)

        Gambarkanlah arah medan magnet pada masing-masing kertas tersebut !

        9.      Perhatikan susunan cara membuat magnet pada gambar di bawah ini !

        10.  Apakah yang dimaksud dengan elektromagnet itu ?

         

         





















        yang sering mampir disini

        Global Warming mulai muncul efeknya...

         Mengatasi efek global warming... Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata Bumi secara keseluruhan, yang disebabkan oleh peningkatan...

        paling populer