Translate

Sabtu, 27 November 2021

Menambah koleksi bunga

Perbanyak tanaman anda disaat musim penghujan





















ads



Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, ada baiknya para pecinta dan penghobi tanaman hias untuk menambah koleksi tanamannya. Mengapa ? Karena udara yang cenderung basah ditambah suasana cuaca yang tidak terlalu panas, akan memudahkan kita untuk mengembangbiakan jenis tanaman hias yang ada di sekitar rumah kita.

Ada beberapa cara untuk memperbanyak tanaman hias anda, antara lain dengan cara:

  • Penambahan secara vegetatif : ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan cara menyetek, cara ini paling cepat menghasilkan tanaman baru. 
  • Penambahan secara generatif : dengan cara menyebarkan biji tanaman, anda bisa memperoleh tanaman baru,namun hasilnya agak lama diperoleh.
Oke, sebagai saran yang sangat mudah dilakukan, ikuti saja contoh-contoh berikut...

- pertama siapkan pot bunga kosong, lalu isi dengan campuran tanah dan sekam bakar, atau media apa saja yang ada di rumah.

- ambil beberapa batang tanaman hias yang sudah cukup tua, seperti batang mawar, bugenvil, alamanda, krokot,cocor bebek,dsb, kemudian tancapkan pada pot yang tadi.

- siram tanaman yang baru ditancapkan dengan air bersih, jangan sekali-kali diberi pupuk atau air beras, atau air vetsin karena akan membuat bakal tanaman ini kering kerontang.

- letakkan pot ini ditempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung,boleh juga diletakkan di bawah pohon rindang.

- tunggu dengan sabar beberapa hari, bila tunas dari batang sudah mulai tumbuh berarti anda berhasil menambah tanaman hias baru.

💪😃

- khusus untuk bunga anggrek, anda bisa mengambil batang anggrek yang sudah tua, lalu ditetesi dengan hormon pertumbuhan, insya Allah dalam beberapa hari akan tumbuh anakan baru. Atau kalau ingin proses yang agak lama, ambil saja batang anggrek tua tsb lalu simpan dibawah pohon rindang, beberapa minggu lagi juga akan tumbuh anaknya

oke, selamat mencoba ya.



iklan

Jumat, 26 November 2021

Merawat mobil sendiri

Rawatlah kendaraanmu sendiri.

Jaman sekarang, rata-rata di rumah perkotaan pasti ada mobilnya, dan mobil itu pasti untuk keperluan transportasi keluarga pastinya ya..Maka mobil itu harus dirawat,mungkin sebuah mobil harus masuk bengkel maksimal 6 bulan sekali, tapi tergantung pemakaian juga sih.
Terkadang karena duit sedang minim, ya sekali-kali bolehlah kita merawatnya sendiri,ngga susah-susah amat koq. Bagaimana caranya? ya tinggal lakukan saja guys..
  • Coba buka kap mesin mobil anda, lalu cek air radiator coolant ditangki reservoir,apakah berkurang atau tidak, karena bila air radiatornya kurang banget,mesin mobil akan panas guys, bisa-bisa mesin bisa ngepul berasap karena mesin jadi overheat. Maka anda perlu menambahkan air radiator tsb sesuai kapasitas yang diperbolehkan, lihat tandanya guys.

  • Periksa juga bagian oli guys, karena dengan adanya oli yang sesuai takaran,mesin akan bekerja dengan baik tanpa muncul gesekan-gesekan penyebab komponen menjadi aus. Oli berfungsi untuk melumasi komponen mobil, bila berlebihan juga kurang bagus karena akan menimbulkan gelembung udara sehingga pompa oli tidak bekerja efisien. Cara mengisi oli gimana dong...ya ambil aja stik pengukur volume oli lalu perhatikan isi olinya pada tingkatan berapa, kalau kurang ya tinggal anda isi sendiri olinya, mudah kan.


  • Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah pengisian air wiper, coba dilihat pada tangki airnya apakah sudah perlu diisi kembali. Wiper ini alat yang amat vital ketika kita sedang mengemudi dalam kondisi hujan, bila hujannya gerimis..kaca jadi gampang kotor maka perlu dibasuh dengan air wiper, kalau hujannya besarr banget..wiper perlu dijalankan dengan kecepatan maksimal.Jadi jangan dianggap enteng kerja wiper ini.

  • Cek berikutnya adalah minyak rem. Kalau bisa ketinggian minyak rem selalu mendekati maksimal,supaya cara kerja pengereman di mobil anda tetap mantap dan optimal. Gunakan spesifikasi minyak rem yang sesuai dengan mobil anda ya..

  • Kondisi diluar kap mesin yang perlu diperhatikan adalah ban mobil tentunya. Coba diperiksa secara detail guys..tekanan anginnya, dan alur atau corak ban, jangan sampai ban yang sudah gundul masih nekad digunakan. Ban yang tidak kondusif bisa menyebabkan mobil sering selip di jalan licin, apalagi kalau musim hujan bisa menimbulkan aquaplaning.

     
  • Pastikan air aki pada level yang seharusnya, yakni di antara garis batas penanda. Atau mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter bila anda memiliki alat ukur ini, kalau ngga punya ya periksanya di bengkel saja.

  • Periksa juga lampu ya guys, kalau lampu sudah redup atau mati bisa diganti sendiri atau kalau ragu-ragu bawa ke bengkel saja. Cek juga kondisi kabel, apakah ada yang konslet ( dulu pernah seseorang mengemudi mobil kuda mits*bishi,pas menyalakan lampu jauh..langsung keluar asap...wah paniknya minta ampun,pasti konslet kabelnya ..jangan sampai begini ya)

    Nah itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk perawatan mobil di rumah, namun bila menemukan kendala sebaiknya segera datangi bengkel mobil guys..
Ini ada referensi video sederhana, lumayan, paparannya ngga rumit


Kamis, 25 November 2021

Selamat hari guru

Link hari guru




















Hari Guru Nasional jatuh pada 25 November yang juga bertepatan dengan HUT PGRI ke-76. 

Ditetapkannya Hari Guru Nasional dan hari lahir PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pada 25 November sesuai dengan Keputusan Presiden No 78 Th 1994.

Awal mula terbentuknya PGRI ini setelah para guru berkumpul dalam Kongres Guru Indonesia tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Sehingga akhirnya, terbentuklah PGRI dari kongres tersebut dibentuklah PGRI.

Setelah PGRI terbentuk, melalui Keputusan Presiden No 78 Th 1994, pemerintah menetapkan tanggal 25 sebagai hari berdirinya PGRI sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.

Berikut ucapan2 para tokoh yang bisa di copi untuk mengucapkan hari guru pada status kalian ya guys..

  • Selamat Hari Guru Nasional 2021. Dengan ilmu, kita menuju kemuliaan. - Ki Hajar Dewantara.
  • Tujuan mengajar adalah agar siswa bisa terus berkarya tanpa seorang gur" ~ Elbert Hubbard
  • Selamat Hari Guru. Seorang guru menggandeng tangan, membuka pikiran, menyentuh hati, membentuk masa depan.” – Henry Adams
  • Janganlah orang mengira bahwa dasar kekeluargaan itu mengizinkan kita melanggar peraturan. Kekeluargaan kita adalah sikap kita pada yang takluk kepada organisasi kita. Barang siapa dengan terang-terangan atau dengan sengaja mengabaikan. Wajiblah kita memandang dia sebagai orang luaran. - Ki Hajar Dewantara.
  • Orang yang mempunyai kecerdasan budi pekerti itu senantiasa memikir-mikirkan dan merasa-rasakan serta selalu memakai ukuran, timbangan dan dasar-dasar yang pasti dan tetap. - Ki Hajar Dewantara.
  • Kekuatan rakyat itulah jumlah kekuatan tiap-tiap anggota dari rakyat itu. Segala daya upaya untuk menjunjung derajat bangsa tidak akan berhasil kalau tidak dimulai dari bawah. Sebaliknya rakyat yang sudah kuat akan pandai melakukan segala usaha yang perlu atau berguna untuk kemakmuran negeri. - Ki Hajar Dewantara.
  • Anak-anak tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu. - Ki Hajar Dewantara.
  • Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya. - Ki Hajar Dewantara.
  • Selamat Hari Guru Nasional 2021. Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir. - Ki Hajar Dewantara.
  • Mempunyai ketetapan, tidak tergoyahkan, berisi dengan berilmu pengetahuan, hingga yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa apa yang dilakukannya adalah benar dan baik. - Ki Hajar Dewantara.
  • Selamat Hari Guru Nasional. Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani (Di depan, seorang Pendidik harus memberi teladan yang baik, di tengah atau di antara Murid guru harus menciptakan prakarsa dan ide, Dari belakang Seorang Guru harus Memberikan dorongan dan arahan). - Ki Hajar Dewantara.
  • Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu. - Ki Hajar Dewantara.
  • Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. Pengetahuan yang baik dan perlu itu yang manfaat untuk keperluan lahir batin dalam hidup bersama. - Ki Hajar Dewantara.
  • Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya. - Ki Hajar Dewantara.
  • Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggauta persatuan (rakyat). - Ki Hajar Dewantara.
  • Di mana ada kemerdekaan di situ harus ada disiplin yang kuat. Sungguh disiplin itu bersifat self disiplin, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka.- Ki Hajar Dewantara.
  • Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidupnya lahir, sedang merdekanya hidup batin terdapat dari pendidikan.- Ki Hajar Dewantara.
  • Di dalam hidupnya anak-anak adalah tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam keluarga, alam perguruan dan alam pergerakan pemuda.- Ki Hajar Dewantara.
  • Taman siswa menurunkan mutu pengajaran dan membawa kita kembali sepuluh tahun ke belakang! Memang kita harus kembali beberapa puluh tahun, kita amat mengingini untuk menemukan 'titik tolak' agar kita dapat berorientasi kembali: kita telah salah jalan.- Ki Hajar Dewantara.
  • Selamat Hari Guru Nasional 2021. Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggauta persatuan (rakyat).- Ki Hajar Dewantara.

Rabu, 24 November 2021

Jenis-jenis magnet

 Bahan- bahan Magnet

Ada 3 jenis bahan magnet di alam dunia ini, antara lain :
  1. Ferromagnetik : Benda ferromagnetik adalah zat-zat yang kuat sekali menarik garis-garis gaya magnet.
    Contohnya : baja dan besi
    Cirinya adalah permeabilitas zat itu jauh lebih besar daripada permeabilitas di ruang hampa.
  2. Paramagnetik : ini merupakan zat-zat yang kurang kuat menarik garis-garis gaya magnet. Contohnya : nikel, platina, cobalt.    Ciri utamanya : permeabilitas zat lebih besar dari permeabilitas diruang hampa 
  3. Diamagnetik : adalah zat-zat yang sedikit menolak garis-garis gaya magnet. 
    Contohnya : bismuth,tembaga,timah,seng,emas.                          Cirinya : permeabilitas zat lebih kecil dari permeabilitas di ruang hampa.


Medan magnet akibat arus listrik

  • Disekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnet (Percobaan HC Oersted). Dari percobaan Ampere arus listrik juga menimbulkan medan magnet.
  • Arah arus listrik dan induksi magnet ditentukan oleh kaidah tangan kanan,dimana ibu jari menunjukkan arah arus listrik dan lipatan keempat jari menyatakan arah induksi magnet.










Boleh juga sesuai dengan kaidah Maxwell(kaidah pencabut gabus).











Hukum Biot - Savart :

Besar induksi magnet pada satu titik dalam medan magnet akan :
  • berbanding lurus dengan arus listrik (i)
  • berbanding lurus dengan panjang elemen kawat (dl)
  • berbanding lurus dengan sinus sudut antara arah arus dan garis penghubung  titik tsb ke elemen kawat
  • berbanding terbalik dengan kwadrat jarak antara titik tsb ke elemen kawat (r)
Dirumuskan :













SELAMAT HARI GURU NASIONAL.

 SELAMAT HARI GURU NASIONAL.

Barang siapa mau menjadi guru
Biarlah dia memulai mengajar dirinya sendiri
Sebelum mengajar orang lain
Dan biarkan pula dia mengajar dengan teladan
Sebelum mengajar dengan kata-kata
Sebab, mereka yang mengajar dirinya sendiri
Dengan membenarkan perbuatan-perbuatan sendiri
Lebih berhak atas penghormatan dan kemuliaan
Daripada mereka yang hanya mengajar orang lain
Dan membenarkan perbuatan-perbuatan orang lain
                                                                        

                                                                        Kahlil Gibran

Mobil Penggerak Roda Depan

 

Konstruksi Mobil Penggerak Roda Depan







Di sistem ini, mesin diletakkan di depan guys. Coba perhatikan detailnya pada gambar.

Kelebihan Sistem Mobil Penggerak Roda Depan

Mobil Penggerak Roda Depan

Ada beberapa kelebihan dari sistem mobil penggerak roda depan, dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang.

1. Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah,kalau  dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang ,terhadap mobil yang sama ya guys.. Kenapa lebih murah? Hal ini sebabkan oleh spare part pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit. Selain itu, pemasangan drivertrain pada mobil yang menggunakan penggerak roda depan, lebih mudah.

Drivertrain adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke roda, sehingga mobil dapat bergerak. Dengan biaya produksi yang lebih sedikit, membuat mobil penggerak roda depan, harga jual barunya lebih murah dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang, tentunya di kategori mobil yang sama.

2. Berat mobil jadi berkurang, karena tidak adanya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. Dengan mobil yang lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FWD) lebih banyak ditemukan pada mobil city car dan low MPV keluarga. Bahkan sekarang banyak mobil-mobil merk lama beralih ke sistem ini seperti new all toyota avanza.Sensasi perpindahan gigi juga berubah total dengan transmisi D-CVT 7-percepatan yang membuat tarikannya makin smooth. Toyota mengklaim transmisinya dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi lebih lebar agar memberikan akselerasi yang lebih bertenaga.

3. Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil penggerak roda depan lebih bagus pada jalan licin. Karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FWD saat hujan.Ini juga bisa mengurangi gejala aquaplaning pas hujan sedang gede-gedenya, yang sering menimbulkan kecelakaan tragis.


Kekurangan Sistem Penggerak Roda Depan Mobil

Sistem Penggerak Roda Depan Pada Mobil

1. Nah ini dia...kalau mobil berisi penuh penumpang,kan berat kendaraan ada di bagian depan mobil, ini menyebabkan sulitnya mengendalikan mobil ketika mobil bergerak dengan kecepatan tinggi, saya ngga tau, apakah ini ada kaitannya dengan kecelakaan mobil artis Vanessa Angel.

2. Karena kemudi dan penggerak tenaga ada di roda depan, jika anda berakselerasi dengan cepat, maka mobil akan cendrung untuk bergerak kekiri atau kekanan dan ini adalah kelemahan mobil sistem penggerak roda depan. Oleh karena itu, sangat jarang mobil balap mengunakan sistem penggerak roda depan. Walapun ada beberapa mobil balap yang mengunakan FWD, tapi harus di bantu dengan sistem komputer yang namanya kontrol traksi.

3. Mobil penggerak roda depan, lebih rawan mengalami kerusakan pada area penggerak roda bagian depan, jika terjadi benturan di jalanan yang rusak. Karena kemudi dan tenaga pendorong ada di roda yang sama. Sedangkan penggerak roda belakang lebih tahan terhadap benturan di jalanan yang rusak.

Sebetulnya sih tergantung pada supir juga, kalau mengemudi dengan kecepatan tinggi ya hati-hati saja, lebih amannya jangan berkendaraan dengan ugal-ugalan, slow aja men... dan banyak berdo'a supaya selamat di jalan✌

iklan


Mobil Penggerak Roda Belakang

Mobil penggerak roda belakang

Sistem penggerak roda mobil ada 3 jenis ,guys. Saya sebutkan satu persatu ya. Pertama mobil penggerak roda belakang (RWD), yang kedua mobil penggerak roda depan (FWD) dan yang ketiga adalah mobil penggerak semua roda atau lebih di kenal dengan nama 4WD. Contoh mobil dengan sistem penggerak roda belakang terlaris di Indonesia adalah Toyota Avanza.Namun dengan munculnya pandemi, Avanza mulai menurun nih pasarannya, maka perusahaan ini mulai membuat mobil penggerak roda depan dengan impresi mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 106 Ps atau setera 104,5 tk dan torsi 14 kgm, terasa lebih maksimal lantaran arus pengiriman daya ke penggerak depan yang cukup responsif.

    Sekitar akhir tahun 2013, muncul mobil Honda Mobilio yang menggunakan penggerak roda depan, eh ternyata mobil ini  laku di pasaran, sehingga toyota mendapat pesaing berat, karena waktu itu toyota masih mengandalkan penggerak roda belakang. Nah ,sekarang toyota mulai memodivikasi ke penggerak roda depan juga melalui produknya all new toyota avanza. Sebetulnya kedua sistem ini oke-oke saja diaplikasikan di konsumen, asal kita tahu bagaimana menyikapi cara menyupir kita terhadap sebuah mobil. Ya kita harus jeli dengan cara kita mengemudi, kondisi jalan yang sering kita lewati, banyaknya penumpang yang kita bawa, serta keinginan anda terhadap mobil yang akan kita kemudikan.

Mobil Penggerak Roda Belakang

Keunggulan Mobil Penggerak Roda Belakang

Mari kita simak, kelebihan dan kelemahan mobil penggerak roda belakang. Terdapat 2 kelebihan utama dari mobil penggerak roda belakang yaitu:

1. Desain penggerak mobil dengan penggerak roda belakang sangat sederhana. Terutama desain pada as roda, sangat kokoh dan kuat. Walaupun sering di gunakan di jalanan yang rusak, biaya perbaikan tidak akan sebesar dari mobil penggerak roda depan.

Sebagai contoh, jika anda tanpa sengaja melewati jalanan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi, pada mobil penggerak roda belakang lebih sering tidak akan terjadi kerusakan. Andai kata terjadi kerusakan pada as roda, biaya perbaikan jauh lebih murah di bandingkan dengan mobil penggerak roda depan.

Mobil penggerak roda depan, sangat rawan akan kerusakan as roda jika anda melewati jalanan rusak tanpa sengaja dengan kecepatan lumayan tinggi. Selain itu, ongkos perbaikan as roda juga lebih mahal di mobil penggerak roda depan.

2. Keunggulan penggerak roda belakang juga terdapat pada kesimbangan kendaraan yang lebih bagus. Terutama keseimbangan mobil saat anda berakselerasi dan pada saat mobil di kemudikan di kecepatan tinggi. Penyebabnya adalah berat kendaraan yang seimbang dari depan sampai ke belakang, karena terdapat as panjang ke roda belakang.

Maka dari itu, sebagian besar mobil balap memakai sistem penggerak roda belakang. Selain itu, mobil dengan sistem penggerak roda belakang, di saat mengangkut beban berat lebih mudah di kendalikan.

desain sistem penggerak roda belakang pada mobil

Kelemahan Mobil Penggerak Roda Belakang

Nah sekarang kelemahan sistem ini guys..

1. Sistem penggerak roda belakang, kurang mendapat traksi di saat kondisi jalan licin karena hujan atau berpasir. Ini efek dari daya dorong mobil berada di roda belakang. Jadi mobil akan susah di kendalikan saat kecepatan tinggi di jalanan yang licin. Pada mobil mewah dan mobil balap, yang menggunakan  penggerak roda belakang, sekarang telah di lengkapi dengan sistem kontrol traksi roda atau lebih dikenal dengan nama traction control system. Tentu saja ini akan membantu pengendalian mobil saat di kemudikan di jalanan licin dengan kecepatan tinggi.

Lain lagi  pada sistem penggerak roda depan, traksi ban di jalanan licin lebih bagus walaupun tanpa kontrol traksi roda. Hal ini di sebabkan karena daya dorong mobil berada di roda depan. Selain itu, berat mobil lebih banyak berada di depan, karena tidak terdapatnya as pajang di bagian belakang mobil.

2. Karena ada penambahan as/sumbu panjang pada mobil untuk menggerakkan roda belakang,sudah tentu berat mobil akan bertambah. Sehingga mengakibatkan lebih borosnya konsumsi bahan bakar. Disamping itu biaya produksi dari perakitan kendaraan dengan sistem penggerak roda belakang lebih mahal, efeknya harga jual cenderung jatuh.

Untuk anda yang punya kebiasaan berikut, penggerak roda belakang sangat oke untuk jadi pilihan guys..

  • Sering melewati jalanan dengan kondisi tidak bagus.
  • Jalur sehari-hari yang di lewati banyak tanjakan.
  • Jumlah penumpang dalam mobil sering penuh.

Ada catatan tambahan, di sistem ini banyak banget komponennya dibanding dengan penggerak roda depan, pastilah ada energi yang terbuang, jadi agak kurang efisien. Juga as penghubung akan memakan ruang, maka mobil ini agak lebih sempit ruang belakangnya. 

iklan




yang sering mampir disini

Global Warming mulai muncul efeknya...

 Mengatasi efek global warming... Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata Bumi secara keseluruhan, yang disebabkan oleh peningkatan...

paling populer