Translate

Jumat, 15 Oktober 2021

Soal dan jawaban CAHAYA ,ALAT OPTIK,dkk

 

Sebelumnya baca dulu teorinya di https://fisika-smp.blogspot.com/2021/09/alat-optik.html

1.Asep  memiliki cacat mata dengan titik dekat 50 cm, dia ingin membaca pada jarak baca normal (25 cm), Asep harus menggunakan kacamata dengan kekuatan lensa
a. 1/2 dioptri        c. 1,5 dioptri
b. 3/4 dioptri        d. 2 dioptri

Jawab : 













Jadi jawabannya   d. 2 dioptri

2. Perhatikan gambar dibawah ini guys..















Lilin itu terletak 25 cm dari cermin cekung, jarak fokus cermin 5 cm, maka perbesaran lilin tersebut adalah...
a. 1/4 kali            c. 4 kali
b. 1/5 kali            d. 5 kali
Jawabnya : 























Jadi jawabannya a. 1/4 kali

3. Lilin terletak di depan cermin positip seperti pada gambar

Pada saat lilin ditaruh didepan cermin cekung seperti gambar di samping, jarak bayangan lilin yang terbentuk adalah 24 cm. Seandainya jarak lilin itu digeser 2 cm menjauhi cermin, berapakah jarak bayangan yang terbentuk?


Jawab : 























4. Perhatikan pembentukan bayangan pada lensa cembung di bawah ini!















Coba kalian hitung berapa besar kekuatan lensa cembung tersebut?
a. 3 dioptri            c. 5 dioptri
b. 4 dioptri            d. 6 dioptri

Jawab : 



















5. Perbesaran okuler suatu mikroskop memiliki nilai 10. Kalau benda diletakkan di depan lensa objektif dengan jarak 5 cm, jarak fokus lensa objektif 4 cm. Hitunglah perbesaran total mikroskop itu !






































6. Ali dapat membaca dengan jelas pada jarak minimal 50 cm. Agar Ali dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, maka kekuatan lensa kacamata yang diperlukan Ali adalah....
a. 1/3  dioptri            c. 3/4  dioptri
b. 2/3  dioptri            d. 4/3  dioptri











Jawabannya d. 4/3 dioptri   guys..
 
7. Kakek sedang membaca berita di internet, pada saat membaca, jarak terdekat yang dapat dilihat jelas oleh kakek adalah 40 cm. Berapa kekuatan kacamata yang perlu digunakannya ?






















8. Neng Titin menggunakan kacamata minus 2 dioptri, berapa ya jarak fokus lensa kacamata yang ia gunakan itu ? dan berapa jarak terjauh yang bisa dilihat kalau Neng Titin ngga pakai kacamata?

























Cat : Semua jawaban saya tulis tangan, karena saya ngga pengen ribet pakai microsoft equetion, maaf ya🙏

Kamis, 14 Oktober 2021

Short Course terakhir

 Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba

Short Course terakhir

Hari ini hari ke  21 (dua puluh satu), tepatnya hari Senin tanggal 1 Mei 2017, kami akan mengunjungi tempat yang amat eksotis menurut saya sih, yaitu  Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba. Mengapa eksotis ? Ya karena saya belum pernah ke kampus semacam ini di Indonesia,tentu banyak bedanya. Kami akan belajar bersama penyaji Wakil Kepala Sekolah Internasional School of Tsukuba University dengan topik Studi Lingkungan di Jepang.

Aktivitas :

Rombongan berangkat dari hotel setelah sarapan pagi menuju     sekolah Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba.

- Rombongan melakukan Lesson study di beberapa kelas Sains dan   Matematika.

- Selanjutnya melakukan diskusi dengan staff guru tentang semua permasalahan pembelajaran di  Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba, sambil membandingkan dengan sekolah di Indonesia

- Kegiatan hari ini berakhir dengan kunjungan ke KBRI


Rangkuman Materi :

- Sekolah ini termasuk SMP tertua di  Jepang dengan usia 130 tahun, dimana seluruh pengajar disini merupakan lulusan pasca sarjana , sehingga sangat wajar para gurunya sudah membuat teksbook sendiri, dan kurikulum di sekolah ini sering dijadikan rujukan untuk kurikulum sekolah lain di Jepang.

- Jumlah kelas untuk tingkat SMP berjumlah 5 kelas, dengan jumlah murid setiap kelas 40 orang, dan pada tingkat SMA berjumlah 6 kelas, dengan jumlah murid setiap kelasnya 40 orang juga. Sehingga jumlah total seluruh anggota sekolah berjumlah 1300 orang termasuk guru dan pengajarnya.

- Khusus untuk Penelitian

   Kelas terbuka untuk umum, setahun sekali di musim gugur, dengan tema mengintegrasikan kurikulum pendidikan primer dan sekunder. Lebih dari 500 orang dari seluruh negeri mengunjungi sekolah tersebut untuk mengamati kelas dan mendiskusikan penelitian pendidikan mereka.

  Pusat penelitian untuk program gelar pendidikan

  Pusat penelitian didirikan pada tahun 1965. Ini berfungsi sebagai arsip untuk literatur berbahasa Jepang dan luar negeri yang digunakan dalam kegiatan penelitian sehari-hari.

- Sebagai sekolah menengah pertama yang berafiliasi dengan Universitas Tsukuba, sekolah menyediakan siswa dengan pendidikan reguler sesuai perkembangan mental dan fisik para siswa. Pendidikan diberikan pada landasan dasar sekolah dasar yang mendasar. Sekolah  bekerja sama dengan Universitas Tsukuba untuk melakukan penelitian tentang pendidikan siswa. Juga, sekolah menerima guru peserta pelatihan dari universitas, sesuai dengan rencana tahunan universitas. Sekolah ini menawarkan kursus tiga tahun, dengan kelas co-education.

 Ada lima kelas di setiap kelas, 40 siswa di setiap kelas. Jumlah siswa adalah 600 orang.

- Semua kegiatan pembelajaran berfokus pada siswa.



iklan

Pada proses pembelajaran sains Biologi, terlihat siswa aktif mengikuti kegiatan dengan masing-masing mikroskop, satu siswa – satu mikroskop, lalu siswa diminta untuk mendeskripsikan hasil penelitiannya berupa gambar dan ulasan singkat.













Sehingga jelas terlihat, seluruh proses kegiatan belajar mengajar terfokus pada siswa, bahkan seluruh kegiatan yang menyangkut intra dan ekstra kurikuler, siswa yang menjadwalkan juga merencanakannya. Sedangkan seluruh sarana dan prasarana di sekolah ini tidak jauh berbeda dengan SMP lain di Jepang. Begitu juga dengan jadwal dan kegiatannya.


Kunjungan ke KBRI :

Di sela minggu terakhir, Rombongan berkunjung ke KBRI , pertemuan diadakan selepas magrib,dilanjutkan dengan diskusi pendidikan di Jepang dengan membandingkannya dengan pendidikan di Indonesia. Diskusi berlangsung sangat hangat dan Indonesia banget gitu lho.. Rasa kangen dengan tanah air, cukup terobati. Trimakasih buat Bapak dan Ibu Dubes dengan seluruh karyawannya yang telah menjamu kami dengan makan malam yang nikmat.


Rekomendasi

Sistem Lab School yang diterapkan Universitas Tsukuba pada sekolah-sekolah afiliasinya terbukti berhasil, dengan diakuinya SMP Otsuka sebagai salah satu sekolah terbaik dengan standar kualitas siswa dan tenaga pengajar yang tergolong tinggi, bahkan untuk standar Jepang. Metode ini sebaiknya diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia dengan pengawalan yang lebih serius, mengingat ada beberapa LPTK yang juga memiliki sekolah binaan namun dari segi kualitas belum ada yang terkenal dan diakui hingga level nasional seperti halnya SMP Otsuka.  Bahkan sekolah labschool di Indonesia masih belum menjadi minat utama masyarakat. Sebagai institusi penghasil guru, LPTK seharusnya kaya dengan berbagai metode pendidikan yang mumpuni hasil dari penelitian dan eksperimen yang dilakukan oleh LPTK yang dapat diaplikasikan dalam bentuk berbagai ujicoba di sekolah-sekolah binaannya.


Foto- Foto


















Konten  ini saya buat untuk orang-orang yang sangat baik kepada saya :

1. Kang Prana

2. Kang Hendra

3. Pak Andri

4. Bu Dianni

5. Juga semua pihak yang menolong saya berangkat ke Jepang.

“Semoga Allah SWT memberi pahala yang berlipat. Aamiin.”

 

Irawati Sukarmadji

Berikutnya kita akan menjelajah tempat lain, insya Allah..
















Rabu, 13 Oktober 2021

Soal Jawab Hukum Archimedes

 Soal Jawab Hukum Archimedes

1. Sebuah kapal yang berlayar di laut memasuki sungai yang luas dan lumayan dalam. Diketahui massa jenis air laut 1.100 kg/m3 dan massa jenis air sungai 1000 kg/m3, berapakah perbandingan gaya Archimedes yang ada pada kapal di laut dan di sungai ?

A.  11 : 10        B. 10 : 11        C. 121 : 100        D. 1 : 1       .

Jawabnya gini yaa..









Volume zat cair yang didesak oleh kapal sama nilainya, jadi kita tinggal main coret aja. Maka jawabannya adalah A, yaitu 11 : 10

iklan

2. Sebuah balok kayu dicelupkan ke dalam air. Sebanyak 25 % bagian balok berada di atas permukaan air, sedangkan yang 75 % berada di dalam air. Bila massa jenis air 1g/cm3dan percepatan gravitasi 10 m/s2. Maka massa jenis balok kayu itu adalah......

Jawabannya :
















3. Balok yang volumenya 4m3 ternyata setengah bagian balok tercelup dalam air yang massa jenisnya  1.000 kg/m3 . Kalau percepatan gravitasi 10 m/s2, maka besar gaya Archimedes pada balok adalah....
A. 20.000 N            C. 40.000 N
B. 30.000 N            D. 50.000 N
Solusinya : 


jawabnya A














iklan

Selasa, 12 Oktober 2021

Soal dan Jawab : Tekanan Hidrostatis

 1. Coba kamu lihat posisi ikan cupang dalam akuarium mini ini.














Kalau percepatan gravitasi disekitar akuarium 10 N/kg, berapa ya tekanan hidrostatis yang dialami ikan cupang itu ?

A. 400 pa        C. 1000 pa

B. 800 pa        D. 1400 pa

kita lihat jawabannya ya...


















jelas toh..
jawabannya C.

Disini kamu harus mengubah dulu tinggi h dari cm ke meter,karena semua satuan harus sistem internasional atau sistem MKS.

2. 












Ikan cupang C1 dan cupang C2 dimasukkan dalam air yang massa jenisnya 1000 kg/m3. Ikan C2 mengalami tekanan hidrostatis sebesar 4000 N/m2. Sedangkan ikan C1 mengalami tekanan hidrostatis 7000 N/m2Seandainya percepatan gravitasi disekitar ikan 10 m/s2, berapa selisih ketinggian kedua ikan cupang tersebut (atau ketinggian y) ?

Perhatikan jawabannya :

















Jadi jarak antar kedua ikan cupang tersebut adalah 30 cm                                                                                     
















3.Sebuah bejana berhubungan diatas diisi dengan air dan alkohol dengan susunan seperti gambar. Tinggi alkohol 12,5 cm,massa jenis air 1 gr/cm3 dan massa jenis alcohol 0,8 gr/cm3. Hitunglah perbedaan ketinggian kedua fluida tsb pada kaki bejana yang kanan atau y !
Jawab :
















Latihan Tekanan


 1. Ada kotak ditaruh di atas meja seperti pada gambar. Massa kotak itu 24 kg, kalau percepatan gravitasi g = 10m/s2,coba kamu hitung tekanannya pada meja.
A. 1500 pascal
B. 2000 pascal
C. 3000 pascal
D. 5000 pascal



Solusi : Coba perhatikan gambarnya. Yang menekan meja pasti bagian yang menempel pada meja, yaitu bagian permukaan yang luasnya    A = 40 cm x 30 cm.




B ya jawabannya.

2. 
Mobil yang beratnya 12000N ditaruh di penampang kanan dari pompa hidrolik disamping.Supaya mobil bisa diangkat untuk dicuci, berapa gaya yang diperlukan ?



jawabnya adalah:
jadi gaya yang diperlukan hanya 600 N.
Kamu ngga perlu mengubah luas dari cm ke meter, karena nanti kecoret juga.






yang sering mampir disini

Global Warming mulai muncul efeknya...

 Mengatasi efek global warming... Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata Bumi secara keseluruhan, yang disebabkan oleh peningkatan...

paling populer