Translate

Sabtu, 23 Oktober 2021

Soal jawab Energi Gado-gado

 1. A skier stands at A, at the top of the ski-jump,as shown in figure. He moves from A to B and takes off for his jump at B.
a. If his mass is 80 kg, calculate the change in his gravitational potential energy between A and B.

b. If 75% of this energy becomes kinetic energy of the skier at B, calculate the kinetic energy of the skier at B, and the speed at which he arrives at B.


Solusinya guys :































Jadi jawabnya 48 kJ dan 20V2 m/s. Cukup jelas ya..

2. Sebuah troli kecil ditempatkan seperti pada gambar berikut. 



di bagian atas di V, troli turun dengan mulus secara beraturan, dimana WXY lurus horizontal. Massa troli 0,40 kg.
(a) Berapa energi potensial troli di V relatif terhadap W?
(b) Setelah bergerak, berapa laju troli pada saat sampai di W? (abaikan gesekan udara yang bekerja pada troli)
(c) Dalam sedetik troli menabrak troli lain yang sedang diam yang massanya 0.40 kg juga di X,kedua troli bergerak menempel bersama-sama.Ternyata kombinasi troli ini mencapai Y dengan energi yang cukup. Coba kamu hitung energi yang hilang ketika tumbukan, apa yang terjadi dengan energi ini ?

Jawab :  


















ntar dilanjut lagi...istirahah dulu

Jumat, 22 Oktober 2021

Soal jawab Energi (2)

 Energi Kinetik

1. Dua benda A dan B  dengan mA = 2 mB bergerak dengan kecepatan vA = 1/2  vB,berapa perbandingan energi kinetik A terhadap energi kinetik B ?

a. 1: 1           b. 1 : 2         

c. 1 : 4          d. 2 : 1














2. Perhatikan gambar bus dan sedan yang sedang berjalan di tol cipularang berikut ini.








Kalau massa bus 10.000 kg dan massa sedan 500 kg,berapakah perbandingan energi kinetik bus dan energi kinetik sedan ?

Solusi :



Kamis, 21 Oktober 2021

Soal dan Jawaban Energi (1)

 Energi Potensial

1. Sebuah batu yang massanya 0,5 kg jatuh dari ketinggian 8m diatas lantai rumahmu. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, coba hitung energi potensial batu itu pada ketinggian 2 m dari permukaan lantai rumahmu.
a. 10 J        b. 20 J        c. 40 J        d. 80 J
 

Jawabnya 
a. 10 J






















2. Buah sirsak massa 0,5 kg, tingginya 6 m di atas tanah kebun.Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, maka energi potensial buah sirsak itu adalah...











a. 3J        b. 30J        c .6J        d. 60J
Jawabnya
b.30J

















3. Dua kotak A dan B mempunyai hubungan massa mA = 2 mB ,sedangkan ketinggiannya mA = 2 mB , hA = 1/2 hB dari permukaan tanah. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2,maka berapakah perbandingan energi potensial kotak A dengan kotak B ?
a. 1 : 1
b. 1 : 2
c. 2 : 1
d. 1 : 4

Jawab : 

 













4. A machine is able to lift 200 kg of bricks vertically up to a height 0f 30 m above the ground in 50 s. What is the power of the machine? 
a. 0.12 kW
b. 1.2 kW
c. 6.0 kW
d. 300 kw
(sekali-kali kita lihat soal dari sebrang ya bro...jawabannya kita pake Bahasa Indonesia aja yea...)

Solusinya gays :



















jadi jawabannya b. 1,2 kiloWatt










Jumat, 15 Oktober 2021

Soal dan jawaban CAHAYA ,ALAT OPTIK,dkk

 

Sebelumnya baca dulu teorinya di https://fisika-smp.blogspot.com/2021/09/alat-optik.html

1.Asep  memiliki cacat mata dengan titik dekat 50 cm, dia ingin membaca pada jarak baca normal (25 cm), Asep harus menggunakan kacamata dengan kekuatan lensa
a. 1/2 dioptri        c. 1,5 dioptri
b. 3/4 dioptri        d. 2 dioptri

Jawab : 













Jadi jawabannya   d. 2 dioptri

2. Perhatikan gambar dibawah ini guys..















Lilin itu terletak 25 cm dari cermin cekung, jarak fokus cermin 5 cm, maka perbesaran lilin tersebut adalah...
a. 1/4 kali            c. 4 kali
b. 1/5 kali            d. 5 kali
Jawabnya : 























Jadi jawabannya a. 1/4 kali

3. Lilin terletak di depan cermin positip seperti pada gambar

Pada saat lilin ditaruh didepan cermin cekung seperti gambar di samping, jarak bayangan lilin yang terbentuk adalah 24 cm. Seandainya jarak lilin itu digeser 2 cm menjauhi cermin, berapakah jarak bayangan yang terbentuk?


Jawab : 























4. Perhatikan pembentukan bayangan pada lensa cembung di bawah ini!















Coba kalian hitung berapa besar kekuatan lensa cembung tersebut?
a. 3 dioptri            c. 5 dioptri
b. 4 dioptri            d. 6 dioptri

Jawab : 



















5. Perbesaran okuler suatu mikroskop memiliki nilai 10. Kalau benda diletakkan di depan lensa objektif dengan jarak 5 cm, jarak fokus lensa objektif 4 cm. Hitunglah perbesaran total mikroskop itu !






































6. Ali dapat membaca dengan jelas pada jarak minimal 50 cm. Agar Ali dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, maka kekuatan lensa kacamata yang diperlukan Ali adalah....
a. 1/3  dioptri            c. 3/4  dioptri
b. 2/3  dioptri            d. 4/3  dioptri











Jawabannya d. 4/3 dioptri   guys..
 
7. Kakek sedang membaca berita di internet, pada saat membaca, jarak terdekat yang dapat dilihat jelas oleh kakek adalah 40 cm. Berapa kekuatan kacamata yang perlu digunakannya ?






















8. Neng Titin menggunakan kacamata minus 2 dioptri, berapa ya jarak fokus lensa kacamata yang ia gunakan itu ? dan berapa jarak terjauh yang bisa dilihat kalau Neng Titin ngga pakai kacamata?

























Cat : Semua jawaban saya tulis tangan, karena saya ngga pengen ribet pakai microsoft equetion, maaf ya🙏

Kamis, 14 Oktober 2021

Short Course terakhir

 Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba

Short Course terakhir

Hari ini hari ke  21 (dua puluh satu), tepatnya hari Senin tanggal 1 Mei 2017, kami akan mengunjungi tempat yang amat eksotis menurut saya sih, yaitu  Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba. Mengapa eksotis ? Ya karena saya belum pernah ke kampus semacam ini di Indonesia,tentu banyak bedanya. Kami akan belajar bersama penyaji Wakil Kepala Sekolah Internasional School of Tsukuba University dengan topik Studi Lingkungan di Jepang.

Aktivitas :

Rombongan berangkat dari hotel setelah sarapan pagi menuju     sekolah Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba.

- Rombongan melakukan Lesson study di beberapa kelas Sains dan   Matematika.

- Selanjutnya melakukan diskusi dengan staff guru tentang semua permasalahan pembelajaran di  Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba, sambil membandingkan dengan sekolah di Indonesia

- Kegiatan hari ini berakhir dengan kunjungan ke KBRI


Rangkuman Materi :

- Sekolah ini termasuk SMP tertua di  Jepang dengan usia 130 tahun, dimana seluruh pengajar disini merupakan lulusan pasca sarjana , sehingga sangat wajar para gurunya sudah membuat teksbook sendiri, dan kurikulum di sekolah ini sering dijadikan rujukan untuk kurikulum sekolah lain di Jepang.

- Jumlah kelas untuk tingkat SMP berjumlah 5 kelas, dengan jumlah murid setiap kelas 40 orang, dan pada tingkat SMA berjumlah 6 kelas, dengan jumlah murid setiap kelasnya 40 orang juga. Sehingga jumlah total seluruh anggota sekolah berjumlah 1300 orang termasuk guru dan pengajarnya.

- Khusus untuk Penelitian

   Kelas terbuka untuk umum, setahun sekali di musim gugur, dengan tema mengintegrasikan kurikulum pendidikan primer dan sekunder. Lebih dari 500 orang dari seluruh negeri mengunjungi sekolah tersebut untuk mengamati kelas dan mendiskusikan penelitian pendidikan mereka.

  Pusat penelitian untuk program gelar pendidikan

  Pusat penelitian didirikan pada tahun 1965. Ini berfungsi sebagai arsip untuk literatur berbahasa Jepang dan luar negeri yang digunakan dalam kegiatan penelitian sehari-hari.

- Sebagai sekolah menengah pertama yang berafiliasi dengan Universitas Tsukuba, sekolah menyediakan siswa dengan pendidikan reguler sesuai perkembangan mental dan fisik para siswa. Pendidikan diberikan pada landasan dasar sekolah dasar yang mendasar. Sekolah  bekerja sama dengan Universitas Tsukuba untuk melakukan penelitian tentang pendidikan siswa. Juga, sekolah menerima guru peserta pelatihan dari universitas, sesuai dengan rencana tahunan universitas. Sekolah ini menawarkan kursus tiga tahun, dengan kelas co-education.

 Ada lima kelas di setiap kelas, 40 siswa di setiap kelas. Jumlah siswa adalah 600 orang.

- Semua kegiatan pembelajaran berfokus pada siswa.



iklan

Pada proses pembelajaran sains Biologi, terlihat siswa aktif mengikuti kegiatan dengan masing-masing mikroskop, satu siswa – satu mikroskop, lalu siswa diminta untuk mendeskripsikan hasil penelitiannya berupa gambar dan ulasan singkat.













Sehingga jelas terlihat, seluruh proses kegiatan belajar mengajar terfokus pada siswa, bahkan seluruh kegiatan yang menyangkut intra dan ekstra kurikuler, siswa yang menjadwalkan juga merencanakannya. Sedangkan seluruh sarana dan prasarana di sekolah ini tidak jauh berbeda dengan SMP lain di Jepang. Begitu juga dengan jadwal dan kegiatannya.


Kunjungan ke KBRI :

Di sela minggu terakhir, Rombongan berkunjung ke KBRI , pertemuan diadakan selepas magrib,dilanjutkan dengan diskusi pendidikan di Jepang dengan membandingkannya dengan pendidikan di Indonesia. Diskusi berlangsung sangat hangat dan Indonesia banget gitu lho.. Rasa kangen dengan tanah air, cukup terobati. Trimakasih buat Bapak dan Ibu Dubes dengan seluruh karyawannya yang telah menjamu kami dengan makan malam yang nikmat.


Rekomendasi

Sistem Lab School yang diterapkan Universitas Tsukuba pada sekolah-sekolah afiliasinya terbukti berhasil, dengan diakuinya SMP Otsuka sebagai salah satu sekolah terbaik dengan standar kualitas siswa dan tenaga pengajar yang tergolong tinggi, bahkan untuk standar Jepang. Metode ini sebaiknya diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia dengan pengawalan yang lebih serius, mengingat ada beberapa LPTK yang juga memiliki sekolah binaan namun dari segi kualitas belum ada yang terkenal dan diakui hingga level nasional seperti halnya SMP Otsuka.  Bahkan sekolah labschool di Indonesia masih belum menjadi minat utama masyarakat. Sebagai institusi penghasil guru, LPTK seharusnya kaya dengan berbagai metode pendidikan yang mumpuni hasil dari penelitian dan eksperimen yang dilakukan oleh LPTK yang dapat diaplikasikan dalam bentuk berbagai ujicoba di sekolah-sekolah binaannya.


Foto- Foto


















Konten  ini saya buat untuk orang-orang yang sangat baik kepada saya :

1. Kang Prana

2. Kang Hendra

3. Pak Andri

4. Bu Dianni

5. Juga semua pihak yang menolong saya berangkat ke Jepang.

“Semoga Allah SWT memberi pahala yang berlipat. Aamiin.”

 

Irawati Sukarmadji

Berikutnya kita akan menjelajah tempat lain, insya Allah..
















yang sering mampir disini

yg gampang dari gas

Menangkan bundle voucher s.d. Rp 3.6jt dan lihat-lihat produk terlaris kami!

paling populer