Translate

Minggu, 13 Oktober 2024

Bintang Ketuk

 


APAKAH BINTANG KETUK ITU?
وَا لسَّمَآءِ وَا لطَّا رِقِ 
"Demi langit dan yang datang pada malam hari."
(QS. At-Tariq 86: Ayat 1)

Bintang Ketuk adalah terjemahan dari istilah "Ath-Thariq" yang disebut dalam Surat At-Thariq ayat pertama di Al-Qur'an. Secara harfiah, kata "ath-thariq" dalam bahasa Arab berarti "yang datang di malam hari" atau "yang mengetuk." Dalam konteks ayat tersebut, bintang ini diartikan sebagai bintang yang muncul di malam hari dengan cahaya yang terang, seolah-olah menarik perhatian atau "mengetuk" kesadaran manusia.

**Makna "Ketuk" di sini** bisa dipahami secara kiasan. Para ulama menafsirkan bahwa bintang ini disebut "ath-thariq" karena ia tampak pada malam hari dengan cahayanya yang terang dan seolah-olah hadir secara tiba-tiba, seperti seseorang yang mengetuk pintu di malam hari. Bintang ini adalah lambang dari kekuasaan Allah di alam semesta, yang mengingatkan manusia tentang kebesaran dan keteraturan alam ciptaan-Nya.

Sebagian ulama dan ilmuwan juga mencoba mengaitkan bintang "ath-thariq" dengan fenomena ilmiah modern, seperti "pulsar" atau "bintang neutron", yang memancarkan gelombang radio atau sinar X dalam pola berdenyut. Denyut ini bisa dianggap menyerupai "ketukan," meskipun Al-Qur'an sendiri tidak merujuk secara eksplisit pada fenomena ini.

Secara umum, Bintang Ketuk mengandung makna bahwa ada tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah di langit, yang manusia perlu renungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang sering mampir disini

Gerak Peluru rudal balistik

Gerak Peluru rudal balistik   Efek Rudal Balistik **Rudal balistik** adalah senjata roket yang dirancang untuk meluncurkan hulu ledak...

paling populer