Translate

Kamis, 14 Oktober 2021

Short Course terakhir

 Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba

Short Course terakhir

Hari ini hari ke  21 (dua puluh satu), tepatnya hari Senin tanggal 1 Mei 2017, kami akan mengunjungi tempat yang amat eksotis menurut saya sih, yaitu  Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba. Mengapa eksotis ? Ya karena saya belum pernah ke kampus semacam ini di Indonesia,tentu banyak bedanya. Kami akan belajar bersama penyaji Wakil Kepala Sekolah Internasional School of Tsukuba University dengan topik Studi Lingkungan di Jepang.

Aktivitas :

Rombongan berangkat dari hotel setelah sarapan pagi menuju     sekolah Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba.

- Rombongan melakukan Lesson study di beberapa kelas Sains dan   Matematika.

- Selanjutnya melakukan diskusi dengan staff guru tentang semua permasalahan pembelajaran di  Junior High School at Otsuko, University of Tsukuba, sambil membandingkan dengan sekolah di Indonesia

- Kegiatan hari ini berakhir dengan kunjungan ke KBRI


Rangkuman Materi :

- Sekolah ini termasuk SMP tertua di  Jepang dengan usia 130 tahun, dimana seluruh pengajar disini merupakan lulusan pasca sarjana , sehingga sangat wajar para gurunya sudah membuat teksbook sendiri, dan kurikulum di sekolah ini sering dijadikan rujukan untuk kurikulum sekolah lain di Jepang.

- Jumlah kelas untuk tingkat SMP berjumlah 5 kelas, dengan jumlah murid setiap kelas 40 orang, dan pada tingkat SMA berjumlah 6 kelas, dengan jumlah murid setiap kelasnya 40 orang juga. Sehingga jumlah total seluruh anggota sekolah berjumlah 1300 orang termasuk guru dan pengajarnya.

- Khusus untuk Penelitian

   Kelas terbuka untuk umum, setahun sekali di musim gugur, dengan tema mengintegrasikan kurikulum pendidikan primer dan sekunder. Lebih dari 500 orang dari seluruh negeri mengunjungi sekolah tersebut untuk mengamati kelas dan mendiskusikan penelitian pendidikan mereka.

  Pusat penelitian untuk program gelar pendidikan

  Pusat penelitian didirikan pada tahun 1965. Ini berfungsi sebagai arsip untuk literatur berbahasa Jepang dan luar negeri yang digunakan dalam kegiatan penelitian sehari-hari.

- Sebagai sekolah menengah pertama yang berafiliasi dengan Universitas Tsukuba, sekolah menyediakan siswa dengan pendidikan reguler sesuai perkembangan mental dan fisik para siswa. Pendidikan diberikan pada landasan dasar sekolah dasar yang mendasar. Sekolah  bekerja sama dengan Universitas Tsukuba untuk melakukan penelitian tentang pendidikan siswa. Juga, sekolah menerima guru peserta pelatihan dari universitas, sesuai dengan rencana tahunan universitas. Sekolah ini menawarkan kursus tiga tahun, dengan kelas co-education.

 Ada lima kelas di setiap kelas, 40 siswa di setiap kelas. Jumlah siswa adalah 600 orang.

- Semua kegiatan pembelajaran berfokus pada siswa.



iklan

Pada proses pembelajaran sains Biologi, terlihat siswa aktif mengikuti kegiatan dengan masing-masing mikroskop, satu siswa – satu mikroskop, lalu siswa diminta untuk mendeskripsikan hasil penelitiannya berupa gambar dan ulasan singkat.













Sehingga jelas terlihat, seluruh proses kegiatan belajar mengajar terfokus pada siswa, bahkan seluruh kegiatan yang menyangkut intra dan ekstra kurikuler, siswa yang menjadwalkan juga merencanakannya. Sedangkan seluruh sarana dan prasarana di sekolah ini tidak jauh berbeda dengan SMP lain di Jepang. Begitu juga dengan jadwal dan kegiatannya.


Kunjungan ke KBRI :

Di sela minggu terakhir, Rombongan berkunjung ke KBRI , pertemuan diadakan selepas magrib,dilanjutkan dengan diskusi pendidikan di Jepang dengan membandingkannya dengan pendidikan di Indonesia. Diskusi berlangsung sangat hangat dan Indonesia banget gitu lho.. Rasa kangen dengan tanah air, cukup terobati. Trimakasih buat Bapak dan Ibu Dubes dengan seluruh karyawannya yang telah menjamu kami dengan makan malam yang nikmat.


Rekomendasi

Sistem Lab School yang diterapkan Universitas Tsukuba pada sekolah-sekolah afiliasinya terbukti berhasil, dengan diakuinya SMP Otsuka sebagai salah satu sekolah terbaik dengan standar kualitas siswa dan tenaga pengajar yang tergolong tinggi, bahkan untuk standar Jepang. Metode ini sebaiknya diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia dengan pengawalan yang lebih serius, mengingat ada beberapa LPTK yang juga memiliki sekolah binaan namun dari segi kualitas belum ada yang terkenal dan diakui hingga level nasional seperti halnya SMP Otsuka.  Bahkan sekolah labschool di Indonesia masih belum menjadi minat utama masyarakat. Sebagai institusi penghasil guru, LPTK seharusnya kaya dengan berbagai metode pendidikan yang mumpuni hasil dari penelitian dan eksperimen yang dilakukan oleh LPTK yang dapat diaplikasikan dalam bentuk berbagai ujicoba di sekolah-sekolah binaannya.


Foto- Foto


















Konten  ini saya buat untuk orang-orang yang sangat baik kepada saya :

1. Kang Prana

2. Kang Hendra

3. Pak Andri

4. Bu Dianni

5. Juga semua pihak yang menolong saya berangkat ke Jepang.

“Semoga Allah SWT memberi pahala yang berlipat. Aamiin.”

 

Irawati Sukarmadji

Berikutnya kita akan menjelajah tempat lain, insya Allah..
















Rabu, 13 Oktober 2021

Soal Jawab Hukum Archimedes

 Soal Jawab Hukum Archimedes

1. Sebuah kapal yang berlayar di laut memasuki sungai yang luas dan lumayan dalam. Diketahui massa jenis air laut 1.100 kg/m3 dan massa jenis air sungai 1000 kg/m3, berapakah perbandingan gaya Archimedes yang ada pada kapal di laut dan di sungai ?

A.  11 : 10        B. 10 : 11        C. 121 : 100        D. 1 : 1       .

Jawabnya gini yaa..









Volume zat cair yang didesak oleh kapal sama nilainya, jadi kita tinggal main coret aja. Maka jawabannya adalah A, yaitu 11 : 10

iklan

2. Sebuah balok kayu dicelupkan ke dalam air. Sebanyak 25 % bagian balok berada di atas permukaan air, sedangkan yang 75 % berada di dalam air. Bila massa jenis air 1g/cm3dan percepatan gravitasi 10 m/s2. Maka massa jenis balok kayu itu adalah......

Jawabannya :
















3. Balok yang volumenya 4m3 ternyata setengah bagian balok tercelup dalam air yang massa jenisnya  1.000 kg/m3 . Kalau percepatan gravitasi 10 m/s2, maka besar gaya Archimedes pada balok adalah....
A. 20.000 N            C. 40.000 N
B. 30.000 N            D. 50.000 N
Solusinya : 


jawabnya A














iklan

Selasa, 12 Oktober 2021

Soal dan Jawab : Tekanan Hidrostatis

 1. Coba kamu lihat posisi ikan cupang dalam akuarium mini ini.














Kalau percepatan gravitasi disekitar akuarium 10 N/kg, berapa ya tekanan hidrostatis yang dialami ikan cupang itu ?

A. 400 pa        C. 1000 pa

B. 800 pa        D. 1400 pa

kita lihat jawabannya ya...


















jelas toh..
jawabannya C.

Disini kamu harus mengubah dulu tinggi h dari cm ke meter,karena semua satuan harus sistem internasional atau sistem MKS.

2. 












Ikan cupang C1 dan cupang C2 dimasukkan dalam air yang massa jenisnya 1000 kg/m3. Ikan C2 mengalami tekanan hidrostatis sebesar 4000 N/m2. Sedangkan ikan C1 mengalami tekanan hidrostatis 7000 N/m2Seandainya percepatan gravitasi disekitar ikan 10 m/s2, berapa selisih ketinggian kedua ikan cupang tersebut (atau ketinggian y) ?

Perhatikan jawabannya :

















Jadi jarak antar kedua ikan cupang tersebut adalah 30 cm                                                                                     
















3.Sebuah bejana berhubungan diatas diisi dengan air dan alkohol dengan susunan seperti gambar. Tinggi alkohol 12,5 cm,massa jenis air 1 gr/cm3 dan massa jenis alcohol 0,8 gr/cm3. Hitunglah perbedaan ketinggian kedua fluida tsb pada kaki bejana yang kanan atau y !
Jawab :
















Latihan Tekanan


 1. Ada kotak ditaruh di atas meja seperti pada gambar. Massa kotak itu 24 kg, kalau percepatan gravitasi g = 10m/s2,coba kamu hitung tekanannya pada meja.
A. 1500 pascal
B. 2000 pascal
C. 3000 pascal
D. 5000 pascal



Solusi : Coba perhatikan gambarnya. Yang menekan meja pasti bagian yang menempel pada meja, yaitu bagian permukaan yang luasnya    A = 40 cm x 30 cm.




B ya jawabannya.

2. 
Mobil yang beratnya 12000N ditaruh di penampang kanan dari pompa hidrolik disamping.Supaya mobil bisa diangkat untuk dicuci, berapa gaya yang diperlukan ?



jawabnya adalah:
jadi gaya yang diperlukan hanya 600 N.
Kamu ngga perlu mengubah luas dari cm ke meter, karena nanti kecoret juga.






Jumat, 08 Oktober 2021

Tekanan

 Rangkuman tentang Tekanan


Tekanan pada zat padat


,  F adalah gaya tekan,

dan  A adalah luas bidang tekan


Tekanan dalam Zat Cair

Hukum Pascal : Tekanan yang bekerja dalam zat cair suatu ruang akan diteruskan ke segala arah dengan sama rata.

Beberapa alat yang memakai hukum pascal antara lain pompa hidrolik, dongkrak hidrolik, jembatan angkat.








Hukum Hidrostatis

Besar tekanan hidrostatis bergantung pada massa jenis zat ρ, percepatan gravitasi g, dan kedalam zat cair h. Pada kedudukan yang sama tekanan zat cair dalam suatu wadah sama besar dan menekan ke semua arah.













Bejana Berhubungan

Permukaan zat cair yang massa jenisnya sama,zat cairnya tidak bergerak dan berada di bejana  berhubungan, permukaannya akan sejajar. Kalau ada zat cair lain dengan massa jenis yang berbeda dimasukkan ke bejana tadi, maka kedua zat tidak akan bercampur, sehingga kedua permukaannya tingginya akan berbeda.



Kapilaritas

Gejala turun dan naik permukaan zat cair pada pipa kapiler atau pipa yang sempit disebut sebagai gejala kapilaritas. Di kehidupan sehari-hari kapilaritas sering ditemukan ,contohnya seperti ini..

  • -  Naiknya air tanah pada dinding rumah sehingga dinding menjadi lembab.
  • -  Naiknya air dari tanah ke puncak pohon, atau ke pucuk-pucuk daun melalui pembuluh dalam tanaman
  • -  Air yang tumpah bisa diserap oleh spons, kain, atau kertas tisu











Hukum Archimedes
Sebuah benda yang dimasukkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut. Jika volume benda yang dimasukkan adalah V, massa jenis zat cair ρ,maka gaya Archimedesnya sama dengan :

    FA = V´.ρ.gat 

Terapung : ρbenda < ρzat cair

Melayang : ρbenda = ρzat cair

Tenggelam : ρbenda > ρzat cair

Berat benda dalam zat cair  : Wc = Wu – FA

Contoh penggunaan hukum Archimedes :

Galangan kapal, kapal selam, kapal laut, hidrometer

Soal dan Jawaban Fisika

 Hambatan Listrik






iklan



1. Lihatlah gambar rangkaian hambatan di samping. Hambatan pengganti dari P sampai Q adalah :
A. 4 ohm            C. 12 ohm
B. 8 ohm            D. 24 ohm



Jawabnya adalah :

































2. Berapakah besar hambatan pengganti dari titik R sampai titik S dari gambar berikut ini.
A. 2 ohm            C. 9 ohm
B. 5 ohm            D. 12 ohm
Jawabannya adalah : 





























3. 
Ada rangkaian hambatan seperti gambar di samping, kalau kita hitung hambatan pengganti antara titik C sampai titik D adalah
A.18 ohm        C. 24 ohm
B. 20 ohm        D. 40 ohm
Coba cek olehmu,jawaban mana yang benar !

Solusi :




























4. Coba perhatikan gambar rangkaian hambatan berikut :
Supaya hambatan total antara D dan E nilainya menjadi 3 ohm, silahkan kamu cari berapa nilai R yang cocok?
A. 4 ohm        C. 2 ohm
B. 3 ohm        D. 1 ohm








Jawabannya ini guys...


Kamis, 07 Oktober 2021

Latihan soal fisika

 Energi dan Daya Listrik



1) Sebuah kompor listrik mempunyai kapasitas daya  120 watt, dan tegangan 220 volt digunakan di sebuah rumah bertegangan listrik 220V untuk memasak air sebanyak 2 liter hingga suhunya mencapai 60oC, jika kalor jenis air  Cair = 4200 J/kgoC.  Berapa menit waktu yang dibutuhkan oleh pemakai kompor listrik itu ?
Solusinya begini guys...



     

iklan
2) Ada 10 liter air dingin dengan suhu 20oC dipanaskan selama 15 menit. Kalau kompor listrik yang dipakai dayanya 2800 watt, dengan tegangan listrik 220 volt. Coba cari olehmu suhu akhir air itu jika kalor jenis air besarnya  4200 J/kgoC.
Solusinya begini guys...


3) Pada sebuah lampu ada tulisan 200watt,220volt. Kalau lampu tersebut dipasang pada tegangan listrik di rumah sebesar 110 volt, coba hitung daya listrik yang dipakai oleh lampu itu !?
Jawabnya begini guys...




















4) Di bawah ini terdapat rangkaian listrik tertutup yang dihubungkan dengan sumber GGL yang memiliki hambatan dalam r. Ternyata daya yang dihasilkan hambatan R3 = 40 watt, berapakah daya yang ada pada hambatan R4 ?




Solusinya gini aja...


5) Sebuah rumah sederhana menggunakan 4 buah lampu masing-masing 25 watt,menyala 6 jam setiap hari,sebuah televisi 100 watt yang dinyalakan selama 5 jam setiap malamnya, dan sebuah setrika listrik 250 watt dipakai 2 jam perhari. Kalau harga energi listrik dari PLN setiap kWh nya Rp.2000,00. Berapakah ongkos rekening listrik yang harus dibayar setiap bulannya (30 hari) ?
Jawabnya adalah : 





























6)PLTA Cirata menghasilkan daya listrik 150 MW. Daya ini ditransmisi dengan tegangan 300 kV. Berapa besar daya yang terkirim sampai tujuan, jika kabel transmisinya memiliki hambatan 100 ohm ?
Jawabannya ini...


yang sering mampir disini

yg gampang dari gas

Menangkan bundle voucher s.d. Rp 3.6jt dan lihat-lihat produk terlaris kami!

paling populer