Translate

Minggu, 03 Oktober 2021

Ada sajadah panjang

 Fisika 80 guys...

Mendengarkan lantunan lirik lagu ini, sambil menatapi satu persatu teman seperguruan di jaman tahun 80 an, rasanya baper banget..gitu.

Coba lihat liriknya saja...

Ada sajadah panjang terbentang
Dari kaki buaian
Sampai ke tepi kuburan hamba
Kuburan hamba bila mati
Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan sujud
Di atas sajadah yang panjang ini
Diselingi sekedar interupsi
Mencari rezeki mencari ilmu
Mengukur jalanan seharian

Begitu terdengar suara azan
Kembali bersimpuh hamba
Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan rukuk
Hamba sujud tak lepas kening hamba
Mengingat Dikau sepenuhnya


Coba deh, sambil nyimak lantunan vokalis aslinya....




Saya jadi teringat dengan seorang hamba yang pernah menulis dengan kata-kata demikian...

        " Tuhan, maaf, kami orang-orang sibuk. Kami memang takut neraka, tetapi kami kesulitan mencari waktu untuk mengerjakan amalan yang dapat menjauhkan kami dari neraka-Mu. Kami memang berharap surga ,tapi kami hampir tak ada waktu untuk mencari bekal menuju surga-Mu "

        Sudah saatnya uzur, sudah saatnya mengumpulkan bekal, ya Allah tolong kami.

    Teringat disaat muda, ketika senda gurau sering menghampiri di semua aktivitas, terngiang canda tawa bersama Bunda Ati dengan ciri khas dosen yang selalu mengayomi, duh...semua itu zaman dahulu. Sekarang kita sudah sama-sama 'memutih',kecuali yang menggunakan semir hitam 😊, namun anehnya kita selalu kompak. Semoga kita adalah bagian dari persahabatan sejati,
" persahabatan bukanlah sebuah kesempatan, tapi merupakan tanggung jawab yang manis" . -Khalil Gibran
    Ya persahabatan fisika 80 adalah tanggung jawab yang manis. Semua komplit,seperti gado-gado..." Seorang teman sejati adalah, dia yang memberi nasihat ketika melihat kesalahanmu dan dia yang membelamu saat kamu tidak ada" . –Ali bin Abi Thalib.

" Bawalah semua sahabatmu untuk semakin dekat kepada Allah supaya kelak kamu bisa bersama mereka lagi di surga" ...bukankah kita memiliki sahabat tercinta Bunda Evylina yang selalu mengingatkan kita tentang ini ? Bahkan tuk anak cucu kita..

Masya Allah, betapa harus bersyukurnya kita.


Trimakasih semuanya atas silakhturahmi yang sangat berkesan.

Tuk Kang Prana, Kang Hendra, Bunda Ati semoga sehat selalu..juga teman sejawat fisika IKIP 80πŸ‘πŸ’ͺ



















Nyelip dulu :

Guys...
Ada lilin ditaruh di depan cermin cekung seperti gambar. Coba tolong hitung jarak bayangannya Guys ! Terangkan juga ya sifat bayangannya.

Solusinya :

Dari gambar kan sudah jelas jarak lilin atau jarak bendanya 60 cm, sedangkan jarak fokus yang dimiliki cermin itu 20 cm guys.. maka kita gunakan rumus ini ajah..


1/f  = 1/So + 1/Si
1/20 = 1/60 + 1/Si
1/Si = 1/20 - 1/60
kita samakan pembaginya,jadi
1/Si = 3/60 - 1/60
1/Si = 2/60
maka Si = 60/2  = 30 cm

Untuk mengetahui sifat bayangannya, ya digambar saja bayangannya seperti ini guys.. 
 
Kamu gambar sinar (1) : dari ujung lilin sejajar sumbu utama dipantulkan melalui F
Gambar lagi sinar (2) : dari ujung lilin melalui F dipantulkan sejajar sumbu utama.
Mau nambah sinar lagi juga boleh..
Sinar (3) : dari ujung lilin melalui pusat kelengkungan, dipantulkan lewat pusat kelengkungan lagi. Nah titik potong ke tiga sinar itu adalah ujung bayangan lilinnya guys.
Jadi sifat bayangannya : Nyata, Terbalik dan Diperkecil.







Jumat, 24 September 2021

Tokyo yang memukau(2)

 Tokyo yang memukau(2)

            Hari ke dua puluh, yaitu Minggu tanggal 30 April 2017,saya dan teman-teman menuju Kisarazu. Kami akan melihat hebatnya teknologi jepang yang menggerus terowongan bawah laut menggunakan bor raksasa yang luas penampangnya hampir sama dengan rumah tingkat dua.

 Aktivitas :

- Rombongan berangkat dari hotel menuju Kisarazu setelah sarapan pagi pada pukul 10.00

- Rombongan menggunakan minibus menuju Kisarazu melalui tol bawah laut

 Rangkuman Materi :

Apa itu Tokyo Bay Aqua Line?

          Setelah masuk tol dan melewati Rainbow Brigdes jika kita pilih jalur kanan (jalan tol) sampai ketemu pintu keluar pertama, terowonganya panjang sekali dan di ujung terowongan tertulis panjangnya 9,6 Km. Setelah keluar dari terowongan akan muncul tempat peristirahatan dimana terdapat tempat parkir kendaraan yang luas, rapih dan bersih. Disana terdapat banyak toko, restoran dan tempat bermain layaknya sebuah pusat perbelanjaan.

 

   










     Di tempat peristiratahan kita akan mendapatkan informasi mengenai terowongan tsb. Tempat dimana berdirinya tempat peristirahatan ini adalah sebuah pulau buatan yang diberi nama Umi-hatoru dan terowongan itu adalah sebuah jalan tol yang menghubungkan kota Kawasaki di Prefektur Kanagawa dengan kota Kisarazu di Prefektur Chiba dikenal dengan nama Tokyo Bay Aqua-Line. Dalam perjalanan di bawah laut, kami terjebak macet. Eh, ternyata di Jepang ada macet juga seperti di tol Jakarta - Cikampek. Ternyata kemacetan ini dipicu oleh banyaknya wisatawan internasional yang sama-sama ingin menuju Kisarazu.Panjang terowongan tersebut 9,6 Km dan disambung lagi dengan jembatan sepanjang 4,4 Km, jadi panjang tol tersebut keseluruhan adalah 14 Km. Jalan tol ini resmi dibuka tanggal 18 Desember 1997 setelah melalui riset selama 31 tahun sebelum pembangunannya.

ada tempat istagramabel di Umi-hatoru

ujung tol terowongan

Di tempat ini dipajang sebuah sebuah mata bor dengan diameter 18 m yang pernah dipakai untuk mengebor terowongan ini. Dengan adanya jalan tol ini jarak tempuh hanya 15 menit padahal sebelumnya bisa mencapai 1,5 jam bila melalui jalur lama. Perjalanan dilanjutkan melewati jembatan yang merupakan sisa 4,4 Km dari jalur Tokyo Bay Aqua-Line. Hampir mendekati ujung jembatan terdapat loket pembayaran tol, dengan tarifnya 3000 Yen (sekitar Rp. 300.000).

Kamis, 23 September 2021

Tokyo yang memukau

 Tokyo yang memukau (1)

 Kisah ini sudah lama, namun agar kenangan tidak memudar, saya tulis kembali guys..

Aktivitas :

            Rombongan guru berangkat dari Hotel Comfort Tokyo setelah sarapan pagi menuju kuil Sensoji Tokyo,menggunakan kendaraan minibus. Setelah selesai mempelajari lingkungan kuil, rombongan melanjutkan perjalanan ke daerah Odaiba Tokyo.

Materi :


    Kuil Sensoji yang ada di kawasan Asakusa merupakan area rumah ibadah ,ini dikenal sebagai kuil tertua di Tokyo, dan dibangun sekitar tahun 628. Cukup kuno dan antik juga ya

Bagian kuil yang banyak menarik perhatian berada di pintu gerbangnya yang bernama Kaminari Gate. Di sana tergantung sebuah lampion yang begitu besar, hingga tampak menutupi setengah bagian pintu gerbang. Lampion tersebut berwarna merah dengan nama Kaminari Gate dalam bahasa Jepang tertulis di bagian depannya. Panjangnya mencapai 4 meter, lingkar lampion 3,4 meter dan beratnya mencapai  670 kilogram.  Di Nakamise, sebuah jalan kecil sepanjang 200 meter yang menghubungkan gerbang utama dengan gerbang kedua kuil banyak terdapat toko-toko di mana traveler bisa jajan  khas Jepang dan belanja suvenir. Disini terlihat bangsa Jepang benar-benar professional mengelola bisnis pariwisata, juga sangat apik menata areal wisata hingga menjadikan pengunjung menjadi nyaman. Waktu itu saya beli gantungan kunci dengan boneka miniatur Jepang, lucu sekali, makanya saya terpikat untuk membelinya.


lucu tuh kan

 

Sedangkan Odaiba (お 台 ε ΄) adalah pulau buatan besar di Teluk Tokyo, Jepang, melintasi Rainbow Bridge dari pusat kota Tokyo. Awalnya dibangun untuk tujuan pertahanan pada tahun 1850an, meningkat secara dramatis pada akhir abad ke-20 sebagai distrik pelabuhan, dan telah berkembang sejak tahun 1990an sebagai area komersial, perumahan dan rekreasi utama. Odaiba, bersama dengan Minato Mirai 21 di Yokohama, adalah dua dari satu-satunya tempat di wilayah Metropolitan Tokyo  dimana pantai dapat diakses oleh pengunjung, dan tidak terhalang oleh kawasan industri dan pelabuhan. Di Odaiba terdapat Museum Nasional Ilmu Pengetahuan dan Inovasi Baru (ζ—₯本 科学 ζœͺζ₯ 逨 Nippon Kagaku Mirai-kan), yang dikenal sebagai Miraikan (ζœͺζ₯ 逨, secara harfiah berarti  "Museum Masa Depan"), adalah museum yang dibuat oleh Badan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Ikon lain dari Odaiba selain Rainbow Bridge ,  adalah replika dari Statue of Liberty,patung Liberty. Dari asset Jepang yang begitu melesat kemajuannya ini, jelas banyak hal yang bisa dipelajari dari Indonesia, terlepas bangsa Indonesia adalah bangsa yang baru melangkah menyusun awal kemajuannya melalui pendidikan yang tepat.


















Rekomendasi

Dari destinasi hari Sabtu ke kedua tempat yang berbeda jenis maupun kultur tempatnya, dapat diperoleh pelajaran yang amat berharga antara lain :

-  Bangsa yang amat maju peradabannya tidak akan melupakan sejarah bangsa mereka, Restorasi Meiji yang terjadi di Jepang telah mengubah Jepang menjadi negara yang modern dan imperialis. Jepang yang tadinya merupakan masyarakat yang kolot dan terisolir secara drastis berubah menjadi masyarakat modern  yang setaraf dengan masyarakat di Eropa Barat. Upaya-upaya yang dilakukan Kaisar Meiji terbilang sangat efektif dan efisien. Hal ini ditunjukan dengan kemajuan-kemajuan yang dicapai. Indonesia sah-sah saja bila ingin meniru Restorasi Meiji,mungkin di Indonesia lebih cocok dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental, atau Restorasi Jokowi, atau…apa sajalah sebutannya, yang penting harus ada gerakan yang benar-benar bergerak, bukan gerakan di atas konsep saja.

- Restorasi Meiji membawa pengaruh yang sangat besar dalam upaya merubah masyarakat Jepang menjadi masyarakat modern. Kemajuan-kemajuan yang dicapai setelah Restorasi Meiji  ini tidak akan mampu berjalan jika tidak diimbangi dengan kemampuan dan etos kerja yang baik dari masyarakat Jepang sendiri. Kemajuan dalam segala bidang secara tidak langsung membuat bangsa Jepang melancarkan gerakan imperialism.

- Dalam pembaruan-pembaruan yang dilakukan, Jepang membuat suatu catatan penting yang dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua.  Hal yang menarik dari Restorasi Meiji adalah bahwa antara unsur-unsur baru dan unsur-unsur tradisional semuanya berjalan secara bersama-sama. Jadi bisa kita katakan meskipun Jepang mengalami perubahan di berbagai bidang dan sektor. Nilai-nilai tradisi leluhurnya tetap terjaga dengan baik hingga sekarang. Ini memberikan pelajaran bagi kita bahwa modernisasi bukan berarti merubah pola hidup dan tradisi lama leluhur yang positif dengan budaya barat. Tradisi luhur bangsa kita yang utama adalah ketaatan terhadap agama, bila saja komitmen terhadap agama dijalankan dengan baik dan benar, insya Allah bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang juga maju seperti bangsa Jepang.

Senin, 20 September 2021

Ciri2 Wijaya Kusumah mekar malam ini

Wijaya kusumah menjelang layu

Foto diambil pagi hari

Begitu matahari terbit,bunga segera layu

Yang suka dengan bunga Wijaya Kusumah terkadang sering penasaran juga untuk menunggu kapan waktunya bunga ini bermekaran secara bersama-sama. Sebetulnya mudah saja untuk menebaknya. Perhatikan dulu pentolan bakal bunga wijaya kusumah di siang atau sore hari, bila pentolannya sudah mirip dengan bentuk kecebong dengan kepalanya sudah mengeluarkan warna keputihan kelopak bunga, insya Allah malam harinya bunga wijaya kusumah itu akan bermekaran malam itu juga.
Kira-kira pukul delapan malam, bunga mulai membuka kelopaknya sebagian, dan secara berangsur-angsur mekarnya semakin melebar hingga sempurna berkisar sekitar pukul 9 atau 10 malam hari, namun wanginya belum keluar semua. Begitu sekitar jam 11 malam atau lebih, berangsur-angsur bunga mengeluarkan aroma wangi khas, ya wanginya khas, mirip wangi sakura jepang dikit.. Nah, yang suka dengan sensasi mekarnya bunga ini, paksain begadang semalam aja. 



Sebetulnya setelah pagi hari bunga ini masih bermekaran, hanya saja aroma wanginya mulai berkurang, seiring dengan munculnya berkas sinar matahari pagi, perlahan tapi pasti bunga wijakus akan menguncup dan akhirnya menutup di siang hari. 

Jika ingin memetiknya , yang paling pas adalah sekitar jam sebelas pagi menjelang siang, bunga masih terlihat segar, dan bisa langsung di konsumsi.

sesudah dipetik,siap dibuat kudapan
        Beginilah kira-kira, buat yang senang dengan bunga ini,             berilah pupuk pada masing-masing pohon dalam hari yang             sama, jam yang sama, semoga bermekaran pada malam yang         sama.😊😊






















Sabtu, 18 September 2021

Kenalan dengan Al-Farisi

sumber : wikipedia



    Guys, tahu ngga dengan Kamal al-Din al-Farisi ? Dia itu termasuk  seorang ahli fisika Muslim terkemuka dari Persia. Beliau  lahir  di kota Tabriz, Persia pada tahun 1267 M dan wafat  pada  1319 M.  Nama panjangnya sih.. Kamal al-Din Abu'l-Hasan Muhammad Al-Farisi , keren banget  dengan kontribusinya tentang optik serta teori angka.Ia merupakan murid seorang astronom dan ahli matematika terkenal, Qutb al-Din al-Shirazi (1236-1311), yang  juga murid Nasiruddin al-Tusi.  Dalam bidang optik, al-Farisi berhasil menyempurnakan teori pembiasan cahaya yang dicetuskan para ahli fisika sebelumnya. Dosennya, Shirazi menyarankan  agar al-Farisi membedah teori pembiasan cahaya yang telah ditulis ahli fisika Muslim kawakan Ibnu al-Haytham (965-1039). Dengan amat teliti, al-Farisi melakukan riset tentang pokok bahasan optik, menyempurnakan riset sebelumnya. Dia merevisi teori Ibnu Haytham, dalam buku Tanqih al-Manazir (revisi tentang optik),

Salah satu bagian yang paling penting dalam karya al-Farisi adalah konsepnya tentang teori pelangi. Ibnu Haytham sesungguhnya mengusulkan sebuah teori, tapi al-Farisi menggunakan konsep dari  dua teori yakni teori Ibnu Haytham dan teori Ibnu Sina (Avicenna) sebelum mencetuskan teori baru. Teori yang diusulkan al-Farisi  sungguh keren. Ia mampu menjelaskan fenomena alam bernama pelangi menggunakan matematika.Ia bisa menjelaskan refleksi, refraksi, dan dispersi cahaya ini dengan perhitungan yang valid,dimana proses pembiasan melalui tetesan air terjadi dua kali menurutnya.

Menurut Al-Farisi, pelangi terjadi karena  sinar cahaya matahari dibiaskan dua kali dengan air yang turun. Satu atau lebih pemantulan cahaya terjadi di antara dua pembiasan. Anda bisa melakukan eksperimennya secara sederhana dari air yang turun dari selang ketika Anda sedang menyiram bunga di halaman rumah

"Al-Farisi membuktikan teori tentang pelangi melalui eksperimen yang luas menggunakan sebuah lapisan transparan diisi dengan air dan proses pemantulan dan pembiasannya direkam dengan  sebuah kamera obscura," kata J. J O'Connor, dan E.F. Robertson dalam karyanya bertajuk "Kamal al-Din Abu'l Hasan Muhammad Al-Farisi". Mantap guys !

   

Nah, sekarang coba buat eksperimen pelangi ini dirumah sendiri, untuk mudahnya, coba Anda ambil kepingan cd (compact disk) yang masih tersisa di rumah Anda,CD adalah sebagai media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam data, Bahan yang digunakan untuk membuat compact disk ini adalah plastik polikarbonat yang memiliki ketebalan mencapai 1,2 mm. Untuk berat dari CD kira-kira mencapai 15 sampai dengan 20 gram.Jadi cd ini bisa memantulkan atau membiaskan cahaya matahari. Arahkan cd Anda ke sinar matahari, lalu pantulkan ke dinding rumah, langsung deh di dinding muncul pelangi. 

   

Sumber : public walfare.com
Boleh juga sih kita gunakan selang air yang biasa kita pakai untuk menyiram tanaman atau mencuci motor/mobil Anda, caranya mudah banget...arahkan pancuran air yang keluar dari selang berlawanan dengan sinar matahari....insya Allah muncul pelangi disekitaran air pancuran tersebut. Mudah toh. Silahkan dicoba di rumah, mumpung banyak waktu di rumah, mumpung pandemi covid masih melanda.


πŸ‘¦πŸ‘¦πŸ‘¦πŸ‘¦πŸ‘¦πŸ‘¦πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘§πŸ‘§πŸ‘§πŸ‘§πŸ‘§πŸ‘§πŸ’­πŸ’­πŸ’­πŸ’­πŸ’­πŸ’­

Seekor anak tikus yang tingginya 8 cm, berada pada jarak 60 cm di depan lensa cembung. Jika jarak fokus lensa cembung 20 cm , tentukan :

A. Jarak bayangan yang terbentuk.

B. Perbesaran bayangan

C. Tinggi Bayangan

D. Sifat Bayangan





Sabtu, 11 September 2021

Contoh Pendidikan Karakter

 











Oke, kali ini ceritanya yang singkat-singkat aja ya...

Aktivitas

-  Rombongan berangkat dari Comfort Hotel Tokyo menuju SD Tsukuba Elementary School, 517 Ozonecho, Ashikaga, Tochigi Prefecture 326-0326. Rombongan berangkat lebih awal,karena ingin melihat siswa datang ke sekolah dengan berjalan kaki dari rumah mereka, tidak ada siswa yang diantar oleh orangtua mereka ke sekolah. Siswa berjalan bersama-sama kesekolah beriringan.

 -  Selesai mengikuti kegiatan di SD Tsukuba, rombongan laki-laki shalat jum’at di Mesjid Assalam Tokyo,dilanjut shalat qoshor Dhuhur dan Ashar oleh ibu-ibu.

-    Perjalanan dilanjutkan ke Kantor Kementrian Pendidikan,Budaya,Olah Raga ,Sains dan Teknologi.


Rangkuman Materi

- Kunjungan ke SD Labschool Tsukuba University.

 Sekolah ini merupakan SD pertama di Jepang dengan usia sudah mencapai 150 tahun. Sepuluh tahun yang lalu sekolah ini milik Negara ,namun sekarang dikelola oleh Universitas Tsukuba, jadi sudah menjadi sekolah swasta. Universitas Tsukuba ini menjadi cikal bakal Universitas Pendidikan Tokyo. SD Tsukuba memiliki hutan dengan luas lahan sekitar 0,5 hektar,disamping pekarangan yang sangat luas, tidak berbeda jauh dengan sekolah-sekolah lainnya.

   Kepala Sekolah SD , Mr. Tanaka menjelaskan bahwa ia bekerja sebagai PNS 10 tahun ,  namun sekarang ia  bekerja penuh  di SD Tsukuba atas nama yayasan Tsukuba. Sedangkan guru-guru yang bekerja di SD ini kebanyakan guru tetap yang diterima dengan cara seleksi, begitu pula dengan siswa-siswa yang ingin masuk ke SD Tsukuba harus menjalani seleksi berupa aktivitas yang nanti akan diukur kemampuan siswa untuk menyelesaikan test aktivitasnya, bahkan mereka mengalami tes berenang di laut sejauh 2 km, aktivitas ini dijalankan karena ...









kurilulumTsukuba mengutamakan fisik dan akademik. Kurikulum seperti inilah yang
dijadikan contoh oleh Universitas untuk dikembangkan menjadi bahan rujukan kurikulum
nasional Jepang. Karena menjadi SD percontohan maka bangunan-bangunan di SD ini
memiliki ruang-ruang dua kali lipat dibandingkan ruang di sekolah lainnya.Kegiatan pembelajaran di SD ini berfokus pada siswa, guru hanya sebagai fasilitator.

Sedangkan konten pembelajaran disini tidak seberat konten di sekolah-sekolah Indonesia, -  namun materi pelajaran tetap pada substansi yang sesuai dengan umur siswa,sehingga nalar berpikir siswa jauh lebih berkembang dibandingkan dengan siswa-siswa di Indonesia.









Siswa melakukan langsung bereksperimen dalam sains terapan. Mereka mengamati pertumbuhan umbi pada kentang sampai menjadikan kura-kura sebagai filosofi berjalan di tangga. Jadi terdapat kaitan materi yang diajarkan dengan karakter yang ingin diperoleh.










Dengan leluasa siswa melakukan aktivitas karena lapangan olahraga benar-benar memenuhi standar internasional, maka sekolah di Tsukuba ini menjadi rujukan universitas untuk membuat kurikulum baru, melakukan perubahan kurikulum sesuai perubahan jaman. Kegiatan-kegiatan semacam inilah yang dijadikan bahan penilaian dalam rapor berupa deskripsi sikap anak terhadap kegiatan yang harus dilakukan. Walaupun anak belum mampu melakukan aktivitas yang harus dia lakukan, tetapi ini tidak menjadi persoalan khusus karena rentang penilaian adalah penjabaran kemampuan anak yang sudah dicapainya, pemberian motivasi adalah hal utama dalam pelaporan kepada orangtua, demotivasi harus dihindari.











Sarana prasarana di SD Tsukuba cenderung lebih luas dan bervariasi,sebagai contoh
,perhatikan gambar berikut :
 1. Keset dari sikat berwarna hijau diletakkan di depan lapangan olahraga, sehingga begitu selesai beraktivitas sepatu dibersihkan dengan keset ini, sangat praktis terlihatnya,sehingga area dekat lapangan selalu bersih.
2. Wadah tempat peralatan praktikum siswa, sangat sederhana hanya terbuat dari plastic
3. Suasana kelas ketika pelajaran belum dimulai, harus selalu bersih dan rapih
4. WC atau toilet siswa putri,terlihat bersih, harum dan tertib.
5 dan 6 adalah peralatan praktikum


Lapangan olahraga di SD Shukuba juga terbagi menjadi 2 bagian, bagian pertama khusus lapangan olahraga untuk kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Sementara dibagian lain ada juga lapangan olahraga khusus untuk kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Sehingga kapanpun pelajaran olahraga bisa diselenggarakan secara bersama-sama. Sungguh fenomena yang menakjubkan dimana sebuah sekolah dasar hampir ditiap tingkat berolahraga pada pagi hari,disaat bersamaan, jangan ditanyakan lagi dengan kemampuan teknis anak-anak jepang untuk mengolah tubuh mereka,pantas saja mereka adalah juara-juara umum dunia di olimpiade olahraga dunia.













 Belajar Seni suara dan seni peran di SD Tsukuba adalah sebuah kegiatan yang sangat menarik minat siswa terhadap seni, bahkan rombongan guru yang berkunjungpun begitu antusias untuk turut bergabung dengan kegiatan mereka. Anak-anak sudah terlatih dengan kode nada dari guru disaat mereka harus diam, bernyanyi, bahkan menari. Ekspresi gembira dimana siswa bernyanyi dan menari adalah termasuk seni jepang yang disebut Noh.  Noh adalah bentuk teater musikal yang tertua di Jepang. Penceritaan tidak hanya dilakukan dengan dialog tapi juga dengan utai (nyanyian), hayashi (iringan musik), dan tari-tarian. Sejak awal anak-anak dilatih untuk berkesenian Noh ataupun Kyogen.

















   Seni musik juga diajarkan dengan intens di SD ini. Sehingga disudut-sudut ruang seni selalu tersedia piano besar untuk mengiringi kegiatan seni para siswa. Seni suara dan seni peran dijadikan bahan ajar dalam satu tema. Sehingga siswa menjadi terampil bernyanyi, dan menari.


Kegiatan di Kementrian Pendidikan, Pendidikan,Budaya,Sport,Sains dan Teknologi

 

Rombongan diterima oleh jubir Kemetrian,pada siang hari setelah shalat dhuhur, diruang pertemuan lantai 2 gedung Kementrian. Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (ζ–‡ιƒ¨η§‘ε­¦ηœ Monbukagakushō), disingkat Monkashō atau MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology), serta populer sebagai Monbushō adalah salah satu kementerian dalam pemerintahan Jepang. Tugas utamanya meningkatkan taraf pendidikan dan membangun sumber daya manusia melalui penyebarluasan pembelajaran seumur hidup. Selain itu, MEXT bertugas mempromosikan kegiatan intelektual, olahraga, budaya, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta melaksanakan pekerjaan administrasi yang berkaitan dengan bidang agama. MEXT adalah salah satu dari tiga kementerian yang mendatangkan penutur asli bahasa Inggris untuk berpartisipasi dalam JET Programme. Selain itu, MEXT menawarkan Beasiswa Monbukagakusho.

          Pada saat ini sekitar 2500 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.

          Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Draft laporan subkomite pelatihan guru dewan pusat untuk pendidikan

  • Menciptakan dan memelihara kerangka kerja untuk membangun sistem karir untuk mendukung guru untuk  terus belajar , antara lain
  • Membangun sebuah sistem (dewan pelatihan guru) untuk mendiskusikan  dan mengakomodasi pelatihan guru dengan dewan pendidikan, universitas dan institusi pendidikan  lainnya.
  • Penciptaan indeks pelatihan dan rencana pelatihan guru nasional disusun berdasarkan kolaborasi antara dewan pendidikan, universitas dan institusi pembelajaran lainnyaPemerintah nasional menyajikan secara garis besar pedoman untuk mengumpulkan kembali indeks pelatihan guru dan membuat kolaborasi dengan peserta lain  tentang kurikulum inti untuk guru dan staf (diciptakan mengingat tantangan dan global educational yang baru) Merevisi dan meningkatkan pelatihan sesuai dengan target dan sasaran :

  Isi Pelatihan :

  •  Pelatihan guru disesuaikan dengan mendukung pembelajaran aktif dan tantangan baru (bahasa Inggris, moralitas, TIK, pendidikan kebutuhan khusus)
  •  Memperkenalkan magang sekolah (termasuk kursus pelatihan guru) ·         Kerangka penjaminan kualitas dan peningkatan kursus pelatihan guru (membangun organisasi untuk menyelenggarakan kursus pelatihan guru, mempromosikan evaluasi guru, dll.). Grand unifikasi kategori subjek. Seperti integrasi kelas subjek dan kelas profesi mengajar.
  • Tahap Perekrutan :
  • Upaya untuk memfasilitasi memasuki profesi (mempopulerkan sekolah pelatihan pelatihan guru)
  • Musyawarah untuk pengembangan rekrutmen bersama
  • Mengamankan beragam personil melalui penggunaan sertifikat khusus
  •  Pelatihan reformasi guru yang sedang aktif :
  • {Promosikan pelatihan berkelanjutan}
  • Gabungkan dan perkuat sistem pelatihan internal sekolah
  • Promosikan pelatihan gaya mentor (pelatihan tim)
  • Bermitra dengan sekolah pascasarjana pelatihan guru, gunakan dewan pelatihan guru
  • Pelatihan yang berkaitan dengan tantangan pendidikan baru dan bangkitnya pembelajaran aktif
  • {Promosi Pelatihan Induksi}
  •          Langkah perbaikan yang disengaja itu mereferensikan upaya perintis
  •          Koneksi dengan tahun kedua dan ketiga pelatihan (Memikirkan kembali kebijakan administratif)
  •    {Promosi Pelatihan yang sudah 10 tahun)
  • Peningkatan fleksibilitas waktu latihan
  • Memperjelas tujuan dan rincian (pelatihan para pemimpin menengah)
  • {Reformasi pelatihan manajer menengah}
  • Memperkuat manajemen kurikulum yang disesuaikan dengan tantangan pendidikan baru
  • Bangun sebuah sistem untuk melatih manajer menengah yang terorganisir dan terencana dengan baik
  • Yayasan untuk mendukung pelatihan guru yang sedang aktif
  • Memperkuat fungsi Pusat Nasional untuk Pengembangan Guru (membangun jaringan pelatihan, membangun dan memelihara pusat nasional untuk menangani studi, analisis, Litbang)
  • Meningkatkan kecanggihan kualifikasi dan kemampuan guru melalui penggunaan verifikasi  kelayakan kursus di perguruan tinggi guru pascasarjana
  • Meningkatkan ukuran fakultas sesuai kebutuhan untuk mengamankan kesempatan pelatihan
  • Mengembangkan pemimpin pelatihan, meningkatkan penempatan guru dalam peran pengawasan dan pendelegasian
  • Di Jepang terdapat pula program peningkatan kualitas guru yang dikenal dengan sebutan goto.
  • Untuk menjadi guru di Jepang sangatlah sulit. Pertama, para calon guru harus menjalani kuliah di
  • universitas keguruan untuk mendapat lisensi guru. Kalau tidak masuk ke dalam universitas
  • keguruan, mereka harus menjalani semacam kursus yang diselenggarakan oleh badan pemerintah
  • Jepang, yang bisa mengeluarkan lisensi untuk menjadi guru.
  • Setelah itu, untuk menjadi guru di daerah tertentu, mereka harus mengikuti tes yang dilaksanakan setiap daerah. Di Jepang standarisasi setiap daerah berbeda, karena itu setiap daerah mengeluarkan ujian sendiri untuk calon guru yang berminat di daerahnya. Misalnya, untuk mengajar di kota Tokyo, mereka harus mengikuti ujian khusus untuk menjadi guru di kota tersebut. Biasanya para calon guru di Jepang melamar di beberapa daerah, sebagai cadangan bila ternyata mereka tidak lulus ujian di daerah pertama.
  • Setelah mendaftar, maka calon guru harus mengikuti dua kali ujian. Yang pertama tes tertulis. Kalau lulus, mereka harus mengikuti ujian wawancara. Bila keduanya lulus, maka calon guru tersebut akan dipilihkan sekolah tempat mereka akan mengajar nantinya, oleh pejabat pendidikan di kota tersebut.

Dari proses ini bisa terbayang, betapa beratnya untuk menjadi guru di Jepang. Persaingan dan proses penyaringannya lumayan sulit. Para calon guru yang berhasil melewati tes adalah guru yang sudah tersaring dengan ketat. Kualitasnya sesuai dengan standar yang berlaku di daerah tersebut.
    Selain itu, setiap sepuluh tahun, para guru harus kembali mengikuti pelatihan dan kembali mengikuti ujian sertifikasi untuk menjadi guru. Hal ini penting agar setiap guru tetap memiliki pengetahuan yang up to date, tetap belajar hal-hal yang baru di dunia pendidikan. Ini murni untuk peningkatan kualitas mengajar para guru, dan kualitas pendidikan secara umum. Jadi tidak ada hubungannya dengan kenaikan gaji.
      Tradisi belajar ditumbuhkan dengan peran aktif sekolah dalam memberikan contoh langsung kepada murid tentang pentingnya belajar. Sekolah-sekolah yang bagus bahkan punya tradisi penelitian tahunan. Biasanya mereka menentukan tema penelitian, yaitu target umum yang akan dicapai oleh sekolah di tahun tersebut. Lalu apa peran setiap mata pelajaran untuk mencapai target tersebut. Umumnya tidak jauh-jauh dari target pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah jepang, yaitu agar setiap murid Memiliki dasar-dasar pengetahuan, Memiliki sikap (positif) dalam belajar, dan Mengembangkan kemampuan berpikir, menganalisa dan berekspresi. Terakhir agar siswa Memiliki minat belajar yang baik.
        Bagai mana teknis untuk mencapai target tersebut, diserahkan kepada setiap guru untuk memikirkannya. Di sini peran guru adalah berusaha mencapai target penelitan sekolah melalui mata pelajaran yang diajarkannya. Misalnya, bagaimana pelajaran IPA bisa meningkatkan kemampuan berpikir, menganalisa dan berekspresi setiap murid di kelasnya. Caranya dengan melakukan proyek penelitian lapangan atau di lab, lalu hasilnya didiskusikan dalam kelompok, setelah itu setiap kelompok melakukan presentasi lisan dan menulis laporan secara individu. Cara ini bisa menjadi metode yang tepat untuk mencapai target tersebut.

        C.Rekomendasi

        1. Seluruh SD dan SMP di Jepang memiliki regulasi yang sama baik dibidang proses pendidikan maupun sisi administrasi dan pengadaan sarana prasarananya, kondisi ini yang membuat Jepang berada pada posisi terbaik di dunia untuk hal pendidikan masyarakatnya. Berbeda dengan di Indonesia,dimana unsur daerah terlalu kuat dalam pengambilan kebijakan-kebijakan pendidikan, sehingga sangat perlu dipertimbangkan bahwa Kebijakan Pendidikan tidak mungkin berasal  dari keputusan yang berbeda-beda. Jepang berhasil mendidik masyarakatnya dengan menghasilkan karakter bangsa yang hampir sama di berbagai daerah, dengan detail yang juga mirip, artinya siswa di Chiba,Shizuoka,Kyoto,Tokyo, Kanagawa menampilkan karakter yang mirip seperti mandiri, santun, tidak emosional, menghargai tamu,…semua yang mereka tampilkan adalah hal-hal positip yang patut diadopsi oleh siswa-siswa kita di Indonesia.Sehingga semua kebijakan pendidikan perlu dari sumber yang sama. Hal ini mungkin sulit diimplementasikan di Indonesia, akibat keberagaman kebijakan pendidikan di tiap daerah di Indonesia. Kecuali bila Pemerintah cukup berani dengan tegas mengambil kebijakan bahwa Negara mengatur seluruh urusan pendidikan di Indonesia, daerah tidak dilibatkan terlalu jauh untuk penyelenggaraan pendidikan,utamanya pendidikan dasar di SD dan SMP.  Jika ingin mengadopsi pendidikan dasar ala Jepang ini, tentu hal-hal teknis yang melibatkan daerah masih bisa dipertahankan,namun seluruh kebijakan tentang konten pembelajaran di tingkat dasar harus bersumber dari satu kebijakan, juga kebijakan yang menyangkut profesi gurunya.

        2. Konten pembelajaran di tingkat sekolah dasar di Jepang terlihat tidak melebihi kapasitas kemampuan siswa, siswa belajar pengetahuan sebatas pengetahuan yang perlu mereka ketahui. Berbeda dengan di Indonesia, siswa diberi pengetahuan sebanyak-banyaknya sambil tidak dibarengi dengan kemampuan ketrampilan yang setara dengan pengetahuan yang mereka miliki. Sekedar contoh, setiap upacara senin ada beberapa sekolah yang mengikrarkan HIDUP BERSIH, namun siswa belum terampil membersihkan kelas, belum terampil membuang sampah pada tempatnya. Contoh lain, siswa di Indonesia kalau mengikuti lomba-lomba seperti olimpiade sains, sangat hebat prestasinya, namun siswa di Indonesia belum terampil menghasilkan produk sains yang setara dengan pengetahuan sains yang ia ketahui. Di Jepang,fenomenanya justru cenderung terbalik dengan di Indonesia, siswa-siswa Jepang sangat terampil berjalan kaki menempuh perjalanan ke sekolah, anak-anak kecil di Jepang sangat terampil mengkoordinir teman untuk bekerja sama, bahkan anak kecil kelas 1 SD di Jepang akan dengan cekatan memberi salam kepada tamu,melepas sepatu – memakai sepatu,berganti kostum tanpa bantuan orang lain, anak-anak yang lebih besar seperti kelas 2 SD di Jepang sangat terampil menyiapkan makan siang teman-temannya….dsb…dsb….ini yang tidak ada di sekolah-sekolah di Indonesia. Artinya kita sudah jauh tertinggal dari bangsa-bangsa maju terhadap konsep pendidikan yang kita jalankan selama ini. Konten pembelajaran yang sebenarnya harus diberikan seharusnya adalah porsi ketrampilan bukan dominasi pengetahuan, juga konten karakter yang harus langsung diterapkan bukan dominasi nasehat dan nasehat saja.

        3. Proses penilaian terhadap siswa di Jepang tidak berfokus pada angka-angka seperti kebanyakan di Indonesia. Namun yang harus diberi penilaian adalah tingkatan keberhasilan siswa tentang semua yang bisa mereka lakukan, siswa sudah membersihkan kelas, siswa sudah menanam tanaman, siswa sudah berbicara di depan kelas,…..semua ini adalah penilaian autentik yang perlu dideskripsikan,karena kemampuan masing-masing siswa bisa berbeda. Bila diberikan persoalan (problem based learning), siswa yang belum mampu memecahkan permasalahannya tidak diberi ultimatum langsung, namun harus dilihat proses pencapaiannya dan logika berpikir siswa, sehingga tidak ada siswa yang bodoh atau tinggal kelas,bahkan akan banyak siswa yang berpikir tingkat tinggi karena guru banyak menggunakan metode inkuiri, guru banyak memancing pertanyaan, guru banyak memberi kesempatan pada siswa untuk memecahkan persoalannya sendiri. Pembelajaran di sekolah-sekolah Jepang adalah pembelajaran kognitif dibarengi langsung dengan psikomotor, belajar teori secukupnya namun bertindak sebanyak mungkin. Jadi tidak mengherankan, bila orang Jepang itu memiliki sifat mandiri, mempunyai dedikasi tinggi, jujur, tidak suka membully, suka membantu orang lain…senang dengan kebersihan dan kerapihan, tidak emosional, dll.


        πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ŸπŸ’ŸπŸ’ŸπŸ’ŸπŸ’ŸπŸ’ŸπŸ’ŸπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

        yang sering mampir disini

        Break lagi : Siriwil terus ber ulah

        Open sidebar ChatGPT  3.5 You Let's start improving my geography skills by quizzing me on world capitals. You can start by asking me the...

        paling populer