Translate

Sabtu, 14 Agustus 2021

Manfaat Tanaman Hias saat Pandemi Covid

 













Sudah berapa kali anda menyusuri seluruh ruang di rumah, dari kamar, ke ruang tamu, ke dapur, lalu ke toilet,balik lagi ke kamar dan biasanya  berlama-lama di pekarangan rumah, betul ngga ? Pandemi covid 19 ini membuat banyak orang uring-uringan, apalagi kalau kita tidak memiliki kegiatan yang bisa membunuh waktu ini. Ada banyak cara bisa kita lakukan untuk mengisi kegiatan yang benar-benar bermanfaat, terutama bermanfaat juga untuk semua kalangan anggota keluarga, misalnya main game, nonton tv bareng, mempraktekkan resep makanan, atau apa saja lah...yang penting anggota keluarga tidak menjadi jenuh selama mendekam di rumah akibat keterbatasan gerak di masa pandemi sekarang.

    Nah, ada kegiatan yang insya Allah kita semua sangat senang menikmati hasilnya dan tentu saja sangat menyehatkan mental spiritual kita,juga tubuh fisik kita. Bahkan sangat bermanfaat agar keseimbangan kehidupan di alam ini tidak terganggu. Apakah itu ?  Ya salah satunya berupa kegiatan berkebun atau bercocok tanam. Karena kita bukanlah dari kalangan petani profesional, ya kita berkutat pada tanaman hias untuk dipelihara disekitar rumah kita saja. Manfaat apa saja yang diperoleh dari aktivitas menanam tanaman hias ini, mari kita telusuri.

Manfaat bunga hidup di sekitar rumah.

وَا لْاَ رْضَ وَضَعَهَا لِلْاَ نَا مِ 

"Dan bumi telah dibentangkan-Nya untuk makhluk(-Nya),"


فِيْهَا فَا كِهَةٌ وَّا لنَّخْلُ ذَا تُ الْاَ كْمَا مِ 
"di dalamnya ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang,"

وَا لْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَا لرَّيْحَا نُ 
"dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya."
(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 10 - 12)

    Sudah jelas tersirat, alam sudah menyediakan segala yang diperlukan oleh kita agar semua yang tersedia tersebut tetap lestari,maka kita harus menjaga semua keseimbangan alam minimal dari lingkungan kita sendiri, dari halaman rumah kita sendiri. Disini kita akan memperoleh banyak manfaat dari aktivitas kita di rumah, apalagi di masa pandemi sekarang. Ternyata aktivitas memelihara tanaman hias sungguh menghasilkan efek positif dari semua segi, fisik yang aktif akan menunjukkan kurva grafik kesehatan yang  meningkat, mental akan bertambah stabil, terbukti orang yang menikmati indahnya taman bunga akan memiliki jiwa yang tenang, emosi yang stabil,bahkan nilai estetis terhadap keindahan alam semakin menghujam dalam di sanubari seorang 'penikmat' bunga hidup.

    Coba kita telusuri, manfaat apa saja bila kita berkebun di rumah sendiri. Jenis apapun dari tanaman hias, masing-masing pasti ada faedahnya.Tanaman hias ternyata sangat dibutuhkan untuk kesehatan kehidupan kita.
      Dari kelompok tanaman hias yang paling disukai oleh emak-emak umumnya yang memiliki warna,tekstur yang cantik, dan bunga yang menghiasi lanskap halaman kita, justru para ibu cenderung mengabaikan tanaman hias yang dapat dikonsumsi, tanaman pangan sehari-hari,atau pohon-pohon keras untuk perkebunan atau penghijauan, bahkan kita sering mengabaikan kelompok rumput-rumputan. Tanaman berbunga dan berdaun yang memiliki alur dekoratif, biasanya hanya dipakai untuk mempercantik rumah sambil meniadakan manfaat lainnya, hal ini sungguh kurang tepat guys..



Rabu, 11 Agustus 2021

Cerpen : deja vu

 





Pagi ini ada yang tak lazim. Bunga phalaenopsis amabilis yang selalu bersemayam entah dimana, menyeruak menyelimuti halaman hotel pagi ini. Warnanya yang ungu seronok sebenarnya menjadi pandangan yang biasa-biasa saja buat seorang pelakor muda yang terlihat kerèn ini. Ya, pelakor yang tidak begitu cantik  ini namun menyandang dosen penuh prestise di kampusnya, sungguh sangat menyebalkan untuk aku pandang di dalam episode dunia dejavuku.  Walau apapun kesalahan kecil sudah tidak bercokol dalam benak sanubarinya, batu hitam besar sekalipun akan di tembusnya dengan menghantamnya menggunakan palu gada hasil sepuhan dukun santet asli dari Jogya...masya Allah.  Aku masih menatap mood orchid penuh pesona sambil hati ini menatap penuh emosi pada sang pelakor. Kujalani ritme-ritme dejavu ini, guncangan dan aroma sindromnya tidak beda kalau kita sedang menonton film inception, kala itu inception membahas petualangan sang pencuri pikiran, kali ini inception membahas petualangan sang pencuri hati suami. Aku paham, ini bagian yang paling viral dalam kehidupan para emak-emak yang sedang patah hati.


Senin, 09 Agustus 2021

Gunung Fuji, Shinkansen, dan bunga Sakura (bagian 5)

 

Short Course yang sesungguhnya (2)


    Hari ini Selasa agak sore tapi masih siang,delapan belas april 2017, rombongan mengambil rencana ke Universitas Chiba, karena jadwal yang lumayan padat sudah tertulis bahwa kami akan mengikuti pengamatan kuliah dari seorang profesor bernama Nishimura, topiknya juga sudah ditentukan dengan tema 'Guru yang disenangi oleh siswa'. Di negri ini, ditempat para cendekia dunia banyak dilahirkan, materi perkuliahan yang sangat standard meliputi Peraturan Pemerintah tentang pendidikan masuk dalam kurikulum inti, takjub sekali saya, materi dilanjutkan dengan "sosok guru yang disukai murid" serta life style seorang guru, bukankah ini bagian tersulit dari sosok calon guru, mungkin jadi bahan olok-olok buat mahasiswa teknik enginering, anak-anak teknik biasanya malas banget mengurai cara-cara atau teknik menyampaikan sebuah konten sambil diulik bagaimana cara melakukan itu,he he.

Sebenarnya perkuliahan berlangsung jam 14.30 sampai jam 17.00,entah bagaimana ceritanya kami berangkat dari hotel New Tsukamoto, pagi hari sesudah sarapan. Enak sekali ya, kami tidur dari satu hotel ke hotel lain, tentu dari kota yang berlainan. Saya membayangkan semua kejadian dan harapan dengan penuh rasa syukur, bersyukur bisa menginap dihotel, diluar negri pula😊. Berangkat pagi hari tapi kuliah dimulai jam 2 siang,  sudah tanpa diskusi kami langsung  membuat acara masing-masing. Dengan rasa bersyukur paling dalam, saya bersama teman sekamar,bu Nunung namanya,mengeksplor banyak bagian kampus, asyik kan... 

Subuh hari itu saya mentadaburi firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala

وَاِ ذْ تَاَ ذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَاَ زِيْدَنَّـكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَا بِيْ لَشَدِيْدٌ

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."(QS. Ibrahim 14: Ayat 7). 

Terasa sangat bersyukur, kami mendapat bonus waktu mengitari kampus Universitas Chiba tanpa agenda formal, bebas dan menikmatinya. Berfoto ria, makan siang dikantin kampus, lalu kami menyelenggarakan shalat di koridor depan kelas, terlihat bu Dianni agak cemas mengamati kebebasan kami, khawatir kami dianggap aneh oleh orang2 ketika shalat di èmperan jalan,ini dugaan saya aja sih. He h.. 

Perkuliahan dimulai di ruang kuliah lantai 2.Memasuki ruang kuliah (lab) sepatu harus dilepas diganti dengan sandal khas Jepang.Setengah jam pertama terdapat perkuliahan untuk guru-guru SD dan SMP serta calon guru(mahasiswa). Seluruh peserta duduk berkelompok,setiap kelompok terdiri dari 6 orang , mereka duduk berhadapan. Masing-masing kelompok memperoleh peralatan tulis dari plastik dan lembaran LKS.

Dilanjutkan diskusi dengan guru dan dosen dari Chiba University,  sebelumnya dilakukan pembentukan kelompok antara guru SD dan guru SMP,dua kelompok ini dipisahkan.

 

Kira-kira Rangkuman Materinya seperti inilah.... 

a. Materi perkuliahan meliputi dasar Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan, dilanjutkan dengan  “sosok guru yang disukai murid”, serta “life style seorang guru”.

b. Awal perkuliahan Dosen menuliskan rangkuman semua materi yang akan disampaikan dipapan tulis, mahasiswa diberi lembaran kerja, lalu mereka diminta untuk duduk berkelompok

c. Sebelum perkuliahan dimulai, seorang guru SD bernama Suzuki Nura diminta menceritakan pengalamannya, beliau memperkenalkan diri dengan bahasa Indonesia juga...kerèn begitu, tujuan presentasi adalah untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa yang menjadi calon guru. Guru SD tsb mempresentasikan semua yang telah dialaminya dengan sangat menarik,sehingga kelas menjadi sangat hidup dan ceria.Pokoknya banyak tertawanya dibanding ketegangan perkuliahan seperti di UPI Bandung, cuma contoh ya.

c. Perkuliahan dimulai dengan pembukaan oleh Dosen dengan menanyakan berbagai permasalahan yang ada kaitannya dengan sosok guru yang disenangi oleh siswa.

d. Mahasiswa diminta melakukan diskusi,hasil diskusi dipresentasikan di depan ruang kuliah.

e. Setelah menyelesaikan beberapa kali presentasi untuk setiap kelompok, seluruh kelas berdiskusi dipimpin oleh Dosen.

f. Dosen memberikan refleksi, menyimpulkan, dan tidak ada evaluasi tulis.

g. Selesai perkuliahan,rombongan memasuki kelas yang berbeda untuk melakukan Tanya jawab atau diskusi dengan guru-guru dari Junior High School Attached to Faculty of Education,Chiba University. Hasil diskusi menjembatani masing-masing masalah yang dihadapi di masing-masing sekolah,baik sekolah di Jepang maupun di Indonesia,sebagai contoh,ada pertanyaan saya yang menanyakan bagaimana cara guru di Chiba untuk menerapkan pengajaran Listrik Dinamis di SMP mengingat risiko energi listrik yang cukup riskan. Jawaban yang sangat apik diberikan oleh guru dari Jepang,bahwa pembelajaran listrik diberikan secara dasar saja, sedangkan yang ditekankan pada pembelajaran ke siswa harus difokuskan pada sikap untuk menyadari bahwa energi listrik harus digunakan dengan bijak,mengingat mereka tidak memiliki sumber energi yang banyak.

h. Acara ditutup dengan pemberian souvenir dari rombongan Indonesia.



    Rekomendasi haruslah disusun oleh setiap peserta course,menyusun rekomendasi adalah cara paling mudah untuk mengikis rasa ketidak-percayaan peserta,menggerusi jurang perselisihan, serta mencerahkan pergaulan antar teman. Begitulah, kira-kira saran yang diberikan oleh kami sesudah berdiskusi sambil ngopi di kamar hotel, resumenya kira-kira begini....

 a. Dari hasil diskusi antar guru Jepang – Indonesia, muncul pernyataan bahwa guru di Jepang harus hadir di sekolah mulai dari jam 7.00 pagi sampai jam 17.00 setiap hari. Dibandingkan dengan beban tugas guru Indonesia yang berkisar 8 jam harus selalu hadir di sekolah,tentu ini  menjadi suatu fenomena baru yang bisa dijadikan harapan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, bukankah pendidikan di Jepang jauh lebih berkualitas. 
b. Di Jepang terlihat mahasiswa terbiasa berdiskusi di kelas tanpa beban, belajar berpusat pada mahasiswa, dan mahasiswa mencari jawabannya sendiri sampai menemukan hakekat ilmu yang mereka pelajari sendiri.Semoga saja contoh yang baik ini bisa diterapkan di Indonesia. Atau sudah dimulai.. kali ya..
c. Pada proses pembukaan pembelajaran setiap grup mahasiswa dibawah bimbingan satu orang guru SD atau guru SMP yang sudah mengajar di sekolah, sehingga bisa memotivasi mahasiswa yang kelak akan menjadi guru pula. Keadaan ini adalah bagian yang sangat dianjurkan untuk diterapkan di Indonesia. 
d. Ulasan Divisi Pengembangan Profesional Tingkat Lanjut dalam Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Pendidikan di Universitas Chiba. 
 1. Tujuan Divisi Pengembangan Profesi profesional dalam Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Pendidikan: sekolah pascasarjana pendidikan bertujuan untuk mengembangkan orang-orang berbakat yang dibangun berdasarkan pendidikan umum dan profesional pendidikan sarjana dengan mencoba memberikan yang terbaik melalui pengetahuan yang canggih berdasarkan visi yang luas, dan orang-orang yang kreatif yang mempromosikan teori dan praktik pendidikan. 
diskusi kelompok di kelas antar mahasiswa

    Kebijakan kurikulum pendidikan baru. 
   Pembagian pengembangan profesional tingkat tinggi di bidang pendidikan menyediakan bidang studi untuk menangani isu-isu mutakhir di bidang praktik sekolah (bidang studi akademis sektoral: Bidang manajemen sekolah, bidang psikologi pendidikan) seperti masalah yang berkaitan dengan operasi sekolah dan manajemen sekolah , Dan konsultasi dan konseling pendidikan terkait dengan perilaku non adaptif siswa, juga untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa, sektor ini  bertujuan untuk memupuk para leader tingkat menengah yang memperoleh keahlian di setiap bidang studi. 

 Fitur program pendidikan dan rangkuman masing-masing bidang 
 1. Bidang manajemen sekolah: Perguruan Tinggi bertujuan untuk melatih guru-guru . Guru dapat memainkan peran utama di dalam dan di luar sekolah ,memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan mereka yang sangat baik terkait dengan manajemen kelas dan manajemen sekolah. Guru menggunakan kapasitas praktis sesuai dengan 25 manajemen sekolah bekerjasama dengan staf daerah memahami mekanisme sekolah termasuk sistem dan anggaran sekolah. Untuk layanan guru sektor ini melatih para guru sebagai pemimpin menengah administrasi pendidikan dan sekolah, setelah menyelesaikan studis ini, sesuai dengan kapasitas masing-masing dan konten pendidikan tingkat tinggi berdasarkan pengalaman. Bagi lulusan baru, universitas melatih mereka untuk menjadi guru yang mempengaruhi "tim di sekolah " sehingga mereka dapat mengerjakan berbagai masalah dalam organisasi sebagai sebuah tim. 
2. Pendidikan sekolah bidang klinis . Universitas bertujuan untuk melatih para guru . Yaitu,guru yang mengambil inti dari sistem yang mendukung masalah organisasi dalam pengajaran siswa, yaitu konseling kejuruan. Guru mendemonstrasikan pemahaman dan strategi yang dalam untuk mengatasi dan memecahkan berbagai masalah. Untuk di layanan guru Universitas  membantu siswa untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi yang lebih maju untuk melakukan peran kepemimpinan dalam pengajaran siswa di komunitas dan sekolah setempat. Untuk lulusan baru, Universitas berharap mereka dapat memperoleh kekuatan untuk menjadi mudah beradaptasi dalam menghadapi masalah potensial dalam pembelajaran siswa melalui studi kasus dan pembelajaran serta pertukaran dengan guru layanan setelah menyelesaikan kuliahnya.

_________________________________________










Sabtu, 07 Agustus 2021

getaran & gelombang

 




Sebelum membahas tentang gelombang, kamu tentu pernah  mengenal tentang getaran atau osilasi.Yang dimaksud dengan getaran disini adalah gerak bolak balik diantara suatu kedudukan, yang kemudian kita sebut kedudukan seimbang. Lalu bagaimana kaitannya dengan gelombang ?  Gelombang boleh kamu sebut sebagai perambatan getaran. Sehingga kamu akan menemukan kaitan antara getaran dan gelombang.

Getaran dan gelombang adalah suatu jenis gerak yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Gerak ini bisa timbul akibat gerak yang alamiah, bahkan kamupun bisa membuatnya. Sebagai contoh, perhatikan bandul jam dinding di rumah kakekmu, bandul tersebut melakukan gerak osilasi. Atau cobalah kamu petik senar gitarmu seperti sang maestro Alibata, maka senar akan bergetar. Coba kamu nikmati dahulu getaran senar Alibata diyoutube , perpaduan dan resonansi yang tergabung dalam interferensi bunyi senar gitar membuat suara menjadi mantap dan keren begitu yah.   Bahkan jembatan di jalan tol Cipularang Bandung – Jakartapun akan berosilasi jika mobilmu melewatinya. Sementara itu radio dan TV yang ada di rumahmu dipancarkan melalui gelombang , yang dikenal dengan gelombang elektromagnetik.

Di alam ini, terdapat dua jenis gelombang, umumnya dikenal sebagai gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Untuk gelombang mekanik ,kita mengenalnya sebagai perambatan getaran yang terjadi pada zat, dan perambatan ini hanya akan terjadi jika ada zat atau medium yang menjadi tempat untuk merambat. Contoh gelombang mekanik yang sering kita jumpai misalkan gelombang bunyi , gelombang permukaan air, atau gelombang pada tali yang diayunkan.

     Sementara itu, gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan zat untuk merambat. Sehingga gelombang elektromagnetik dapat merambat melalui ruang hampa. Contoh gelombang elektromagnetik ini misalkan, gelombang radio, cahaya matahari, sinar x , atau  gelombang RADAR.

     Sebetulnya gelombang mekanik dan elektromagnetik kebanyakan  mempunyai sifat yang sama. Karena gelombang mekanik mudah diamati secara kasat mata, maka banyak orang membahas gelombang ini menyangkutkannya dengan gelombang mekanik, sehingga konsep-konsep dan azas yang dibahas pada gelombang mekanik berlaku pula untuk gelombang elektromagnetik.

Sifat-sifat Gelombang.

Untuk memahami sifat-sifat dasar  gelombang , sebaiknya kamu melakukan uji kegiatan dengan menggunakan sebuah slinki.

Kegiatan Penyelidikan

 

Ambillah  sebuah slinki dari lab fisikamu, lalu buatlah beberapa tanda pada slinki dengan mengikatkan benang warna-warni pada slinki, kamu boleh meletakkannya sesukamu. Lalu lakukan kegiatan berikut ini :

a. Bentangkan slinki di atas lantai keramik sampai panjangnya menjadi 4 – 5 meter. Ujung slingki ditahan oleh temanmu atau dipancang seperti

    gambar,sedangkan ujung lainnya kamu gerakan setengah getaran ke arah samping dan tegak lurus panjang slinki. Amati ujung slinki yang ditahan temanmu, dan gerakan lembaran kertas, gambarkan dan jelaskan bagaimana pendapatmu tentang kedua posisi tersebut !



b. Lakukan kegiatan a kembali, namun kamu menggerakkan ujung slinki setengah getaran ke arah yang berlawanan dengan arah getaran di a. Catat kembali pengamatanmu seperti di a.

c. Sama seperti a , namun kamu memberikan getaran sebanyak satu getaran. Catat kembali pengamatanmu.

d. Slinki dipanjangkan hanya sekitar 1 – 1,5 m. Ujung slinki kamu beri gerakan setengah getaran ke arah panjang slinki, mendekati ujung yang ditahan temanmu. Catat kembali pengamatanmu !

e. Lakukan sama seperti d, namun ujung slinki diberi setengah getaran ke arah menjauhi ujung yang ditahan. Catat kembali pengamatanmu !

f. Dan akhirnya lakukan seperti kegiatan di atas, namun slinki diberi satu getaran. Catat kembali pengamatanmu !

g. Kumpulkan informasi yang kamu peroleh dalam map fortofoliomu, presentasikan hasilnya menggunakan video, ingat masih pandemi ya.


Bagaimanakah kamu menyimpulkan kegiatan yang telah kamu amati ? Ternyata kegiatan itu menunjukkan bahwa ,getaran yang kamu lakukan pada ujung slinki akan merambat ke bagian lain, yang berarti getaran tersebut merambat melalui medium slinki. Setiap bagian slinki mengikuti getaran yang dilakukan ujung yang kamu getarkan. Keadaan tersebut terlihat dari gerakan benang warna yang kamu ikatkan pada slinki. Kalau kamu menggetarkannya dengan arah getaran yang tegak lurus panjang slinki, maka setiap bagian slinki bergetar dengan arah getaran tegak lurus panjang slinki. Namun ,bila ujung slinki kamu getarkan dengan arah sejajar panjang slinki , maka tiap bagian slinki bergetar searah panjang slinki.

Perambatan getaran seperti yang telah kamu lakukan disebut gelombang. Gelombang ini terjadi karena getaran tadi memiliki energi, maka perambatan getaran merupakan perambatan energi. Sehingga dapat dikatakan, gelombang sebagai perambatan energi. Energi tersebut dapat berpindah dari satu posisi ke posisi lain melalui gelombang.

     Zat atau benda tempat gelombang merambat disebut medium gelombang. Apakah medium gelombang dari kegiatanmu tadi ?

     Jika temanmu memegang ujung slinki dengan stabil, gelombang pada slinki akan mengalami pemantulan pada ujung yang dipegang temanmu. Untuk ujung pemantulan gelombang ini, bisa terjadi dua kemungkinan keadaan yang dapat kamu amati. Yang pertama ujung slinki ditahan sehinggga kedudukannya tidak berubah, ujung yang demikian disebut ujung tetap. Kemungkinan kedua ujung slinki dikondisikan bebas bergerak, ujung yang demikian disebut ujung bebas.

Kegiatan Penyelidikan lagi ya...

Sediakan kembali sebuah slinki dari lab fisikamu (pinjam dulu deh..), lalu lakukan kegiatan berikut dalam kelompok kerjamu. Kalau berkumpul, pakai masker ya.

a. Amati pemantulan yang terjadi pada ujung tetap, amati dengan seksama pemantulan yang terjadi pada bukit dan pemantulan yang terjadi pada lembah gelombang.

b. Ikatkan seutas benang warna pada ujung slingki yang bebas. Ikatkan tali tersebut kira-kira 1,5 m – 2 m. Lalu pelajari pemantulan bukit dan pemantulan lembah gelombang pada ujung bebas tersebut.

c. Presentasikan hasil pengamatanmu, lalu simpanlah hasil kegiatan ini pada kumpulan forto foliomu.

Perhatikan gambar di sebelah kiri, gambar memperlihatkan pemantulan pada ujung bebas. Pada pemantulan di ujung bebas, bukit terpantul sebagai bukit, dan lembah terpantul sebagai lembah. Sedangkan pemantulan pada ujung tetap (perhatikan gambar kanan), bukit terpantul sebagai lembah, dan lembah terpantul sebagai bukit.

Lembah dan bukit merupakan dua keadaan yang berlawanan pada gelombang transversal. Sehingga orang mengatakan bahwa fase bukit berlawanan dengan fase lembah. Atau boleh dikatakan bukit dan lembah memiliki fase yang berlawanan. Konsep fase ini sudah kamu pelajari pada pembahasan getaran, konsep ini sama dengan fase pada gelombang. Dari sini kamu akan memperoleh kesimpulan, bahwa pada ujung tetap gelombang dipantulkan dengan fase yang berlawanan, sedangkan pada ujung bebas gelombang dipantulkan dengan fase yang sama.

lihat link berikut

PPKM Pemberlakuan Pengembangan Kegiatan..




 Pemerintah sudah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menyusul meningkatnya kasus Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia.  Bersiap kembali kita menyusuri ruang di rumah, ayo lah gerakkan tubuhmu mulai dari kamar, ruang tamu, ruang tv, ruang kerja( eh..ngga punya)...toilet, lantas coba simak gang kecil di samping rumah sampai halaman rumah kita yang ngga karuan berantakannya karena kita sibuk seharian kerja dan kerja melulu di luar rumah. Coba dèh, geser pot bunga ke kiri dan ke kanan, kalau bingung ambillah gunting lalu ceklèk!...ceklèk!...potong aja batang-batang pohon yang ingin kita potong. Sirami tanaman dengan air dan pupuk..byurr...byurr..seger deh langsung otak kita.    Kalau ngga percaya coba sekarang juga.

 Ppkm apa tuh..jangan terlalu dipikir. Ubah saja mindset kita.. istilah itu menjadi pemberlakuan  pengembangan kegiatan masyarakat..tapi ya dirumah masing-masing. 

Selamat ngulik.

Kamis, 05 Agustus 2021

Gaya & Gelombang 1



Apa yang dimaksud dengan Gaya ?

Perhatikan gambar disamping. Apakah kamu berpikir perahu akan bergerak ? ya tergantung...Jika anak tersebut cukup kuat, perahu akan bergerak. Jika tidak, perahu hanya akan bergerak, artinya tetap diam. Sehingga kita mendefinisikan sebuah gaya : Sebuah gaya adalah dorongan atau tarikan dimana sebuah benda mempengaruhi benda lain. Gaya akan menghasilkan atau cenderung menghasilkan gerakan, dan dapat memberhentikan atau cenderung menghentikan gerakan.


Ada berapa jenis gaya ?


Ternyata ada banyak gaya dalam kehidupan kita sehari-hari. Tabel berikut memperlihatkan jenis-jenis gaya. Dapatkah kamu menjelaskan jenis gaya pada gambar di atas ?





Bagaimana Cara Menambahkan Vektor ?

Penjumlahan skalar dilakukan dengan penambahan atau pengurangan nilai besarannya. Contohnya, massa 100 gram ditambahkan dengan massa 200 gram, maka total massanya 300 gram.

Tapi, ketika kita ingin menambahkan 2 vektor, kita harus memikirkan besar dan arah vektor tsb.

Bila dua atau lebih gaya yang bekerja pada benda, gaya-gaya ini diwakili oleh sebuah resultan gaya. Untuk dua gaya yang sejajar, besar resultan gaya dapat dihitung dengan penambahan atau pengurangan sederhana.















Contoh :




Perhatikanlah tiga gaya yang segaris kerja di atas. Berapakah resultan gayanya?

Jawab :  FR  =  F2 + F3  - F1  =  5 N + 15 N  - 10 N   = 10 N       ke kanan.


Selanjutnya lihat link ini ,ya

Selasa, 03 Agustus 2021

Gunung Fuji, Shinkansen, dan bunga Sakura (bagian 4)

Short Course yang sesungguhnya (1)

Hari ke tujuh, hari Senin 17 April 2017,      saya dengan rombongan bersiap menuju Universitas Chiba.          Rombongan berangkat dari hotel  di Minami – Chuo Dori (Ascent Plaza Hotel Shizuoka)sesudah makan pagi di Ramen Restaurant , menuju Chiba University selama 2 jam 50 menit.        Sarapannya terlihat enak-enak, seperti makanan Jepang pada umumnya.      Tapi, tahu ngga...kelihatannya lebih enak seblak buatan di kantin sekolah.   Sudah seminggu saya tidak ketemu seblak makanan favorit se Cimahi...heh.      Padahal gizi makanan di Jepang sudah pasti memenuhi standar internasional,    berbeda   jauh dengan   seblak ceker ayam    dengan aroma sambal cengeknya.    Begitulah seseorang biasanya lebih menyukai makanan yang sehari-hari dia makan, kebetulan saya adalah seorang seblakmania .                              

Selesai sarapan, rombongan langsung berangkat menggunakan minibus yang supirnya orang Indonesia tapi sudah hafal jalanan di Jepang kayaknya.




 Chiba University atau biasa juga disingkat sebagai Chibadai adalah sebuah universitas nasional di kota Chiba, Jepang. Universitas ini dibentuk pada tahun 1949 dari lembaga pendidikan yang ada di Prefektur Chiba. Chiba University berada di peringkat ke-75 dalam 100 universitas terbaik se-Asia pada tahun 2013. Saat ini, Chiba University terdiri dari sembilan fakultas, dengan 11.179 siswa di program sarjana dan telah lama menjadi salah satu universitas terbesar di Jepang. Adapun lulusan sekolah, ada sekitar 2.354 mahasiswa dalam sepuluh program master dan 1.220 dalam sembilan program doktor. Suasana kampusnya mirip kampus IKIP Bandung jaman tahun 80 an, dimana kendaraan yang paling mendominasi yang digunakan mahasiswa adalah sepeda.Kalau dosen kebanyakan naik mobil, mobilnya juga tidak banyak yang mewah, kebanyakan menggunakan mobil mirip Agya,ada juga yang mirip Daihatsu Luxio.

            Hari ini rombongan memperhatikan perkuliahan untuk mahasiswa pendidikan yang akan menjadi guru (calon guru) dari Prof.Nishimura. Profesor ini profilnya sangat aktif, banyak bercanda, dan banyak tertawa, kalau di Indonesia bisa jadi dia profesor yang keren.

            Tema perkuliahan yang diberikan oleh Prof Nishimura adalah “Awal Permulaan Menjadi Guru”, isi perkuliahan mendiskusikan hal-hal yang diperlukan bila mahasiswa menjadi guru. Kuliah ini berpusat pada mahasiswa dimana mahasiswa harus aktif dan turut berdiskusi antar mahasiswa di dalam kelas.  Saya dan teman-teman hanya menjadi pengamat, mengamati yang sedang kuliah, karena saya tidak mengerti bahasa mereka, saya lebih fokus mengamati tingkah polah mahasiswanya , mereka cenderung banyak bertanya,ceria, sopan dan rata-rata berkostum sederhana banget, beda dengan mahasiswa Indonesia yang rata-rata berpenampilan glamour, masa iya sih ?

Namun ditengah sesi kami mendapatkan penjelasan materi sang profesor dari penerjemah cantik Bu Dianni,seorang dosen bahasa Jepang dari UPI Bandung, bahkan bila ada pertanyaan dari peserta short course, Bu Dianni akan menyampaikannya dengan terjemahan yang pas, Bu Dianni memang seorang saintis yang cerdas dan ramah banget.   Saya teringat dengan kutipan hadis   " Barang siapa keluar dalam rangka menuntut ilmu, maka dia berada di jalan Allah sampai ia kembali"   yang diucapkan oleh Anas bin Malik. Maksudnya, semoga saja Bu Dianni selalu berada di jalan tersebut. 



Bu Dianni paling kanan

Proses pembelajaran berlangsung amat terunut, yah namanya juga profesor, dia sangat ahli menempatkan prioritas pembelajaran , kira-kira urutannya seperti ini....


-          Dosen menuliskan garis besar materi di papan tulis

-          Dosen melakukan pembukaan dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan para mahasiswa.

-          Dosen memberikan lembar kerja kepada mahasiswa yang sudah dibentuk dalam kelompok-kelompok kerja.

-          Hal-hal yang akan didiskusikan adalah unsur-unsur penting yang harus diperhatikan bila seseorang akan menjadi guru. Sub bagian yang dipelajari meliputi :

a. Standar Kurikulum Nasional

b. Perkembangan Kurikulum Nasional

c. Perubahan Kurikulum

d. Sosok guru yang diperlukan di lapangan.Semua proses pembelajaran tersebut melibatkan juga para alumni yang sudah pernah menjadi guru Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama.

-          Para mahasiswa kemudian berdiskusi dalam kelompoknya masing-masing, dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil diskusinya, lalu Dosen memberikan refleksinya.

-          Sesi diskusi dan presentasi dilakukan berulang-ulang hingga 3 x. Terakhir dosen memberikan kesimpulan dan mahasiswa diminta memberikan saran dan pertanyaan.

-          Kuliah berakhir jam 17.15

Keutamaan ilmu dengan prosesnya disini sangatlah dihargai oleh 
kalangan pendidik di Jepang, jadi teringat kaisar mereka yang
mengais-ngais sisa keberadaan  para guru yang masih hidup 
disaat Jepang dibombardir (tentunya dengan bom atom)oleh Sekutu, sedangkan dibelahan      dunia timur yang lampau  ada
mimpi Rasulullah  Saw tentang cerita  ilmu , beliau pernah 
bercerita "Di dalam tidurku, aku melihat mangkuk penuh susu
diberikan kepadaku dan aku meminumnya hingga membasahi
sebagian jemariku.  Kemudian aku memberikan sisanya kepada
'Umar bin Khaththab'           (Para sahabat Nabi Saw) bertanya,
"Apa tafsir Anda (terhadap mimpi itu) ya Rasullulah Saw ?"
Nabi Saw menjawab, "Itulah ilmu (agama) " dari Shahih Al
Bukhari. Pantaslah keutamaan   ilmu dalam perkuliahan di negri
matahari ini terlihat sebagai kontribusi warganya di dunia
pendidikan serta bentuk pengabdian kepada negaranya.


Prof Nishimura dihadapan para mahasiswa







 

 

 

 

Sebagai bahan rekomendasi, perkuliahan ini menggunakan metode active learning, dimana mahasiswa belajar secara aktif, mandiri,berdiskusi, lalu menyimpulkan sendiri hasil perkuliahan. Proses pembelajarannya juga melibatkan interaksi antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen. Dosen hanya berfungsi sebagai fasilitator. Cara ini sudah diterapkan pula di Indonesia, tinggal mengembangkan materi perkuliahannya. Peserta SC (mempersingkat Short Course) saat itu sebagai pengamat saja ya, tidak sekedar tahu,tapi memenuhi relung setiap jiwa..sukses dalam pembelajaran cara jepang semoga menular di Indonesia. Mudah-mudahan.

 

 

 

yang sering mampir disini

Gerak Peluru rudal balistik

Gerak Peluru rudal balistik   Efek Rudal Balistik **Rudal balistik** adalah senjata roket yang dirancang untuk meluncurkan hulu ledak...

paling populer